Vegetasi Adalah

Posted on

Apa itu Vegetasi – Adalah beragam tanaman atau tumbuhan yang menempati suatu ekosistem. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, vegetasi didefinisikan sebagai bentuk kehidupan yang terkait dengan tanaman atau tumbuhan.

Istilah vegetasi dalam ekologi mengacu pada komunitas tanaman yang hidup dalam suatu ekosistem.

Pengertian Vegetasi

Memahami Vegetasi juga dapat didefinisikan sebagai tanaman yang menutupi permukaan bumi.

Vegetasi seperti itu dapat bervariasi tergantung pada tempat dan waktu dan tergantung pada komposisinya. Vegetasi di satu tempat akan berubah seiring perubahan iklim.

Tergantung pada posisi dan lebar vegetasi dapat dibedakan dalam banyak formasi. Setiap formasi vegetasi mengambil namanya dari spesies tanaman yang paling dominan, seperti taiga, savana, tundra, dll.

Vegetasi di satu tempat dapat berubah seiring waktu, perubahan iklim, dan aktivitas manusia. Seperti vegetasi yang sudah ada sejak dulu di hutan Afrika. Afrika dikenal dengan hutan hujan tropisnya.

Karena penggundulan hutan, yang tidak menghormati perlindungan alam, hutan hujan tropis, yang pernah menjadi paru-paru dunia, perlahan tapi pasti berubah menjadi gurun kering dan tandus.

Baca Juga : Siklus Air

Vegetasi lama akan punah bukannya menggantikan tipe vegetasi baru yang sesuai dengan kondisi iklim dan kondisi ekosistem saat ini.

Vegetasi yang terdiri dari kumpulan tanaman di suatu tempat, dapat dianalisis dengan komposisinya.

vegetasi

Macam Macam Vegetasi dan Cirinya

  • Bioma Taiga

Yang memiliki karakteristik atau ciri ciri vegetasi hutan jenis konifera (jarum) dan terjadi di Alaska, Skandinavia, Siberia, dan Kanada dan Siberia. Bioma ini juga terkenal sebagai hutan konifer, adalah bioma terluas dan terbesar di bumi serta mempunyai curah hujan 35 cm hingga 40 cm per tahun.

  • Bioma Tundra

Yang memiliki fitur atau ciri vegetasi rumput dan lumut (Lichenes) dan terjadi di Kanada, Skandinavia, Siberia, dan Rusia. Tundrabiom terjadi di bagian utara bumi, kutub utara curah hujan rendah.

  • Bioma Hutan

Memiliki karakteristik atau ciri vegetasi hutan hijau di musim panas dan membuang daunnya di musim dingin. Ditemukan di daerah beriklim sedang seperti Eropa, sebagian Asia dan Amerika.

Bioma hutan gugur terjadi di daerah beriklim sedang dan didistribusikan di seluruh Asia Timur, Amerika Timur, dan Eropa Tengah. Bioma ini memiliki karakteristik suhu yang sangat rendah di musim dingin dan sangat panas di musim panas (-30 ° C hingga 30 ° C).

  • Bioma Padang Rumput

Memiliki ciri atau karakteristik vegetasi tanpa pohon, tanaman dalam bentuk rumput (graminae). Ada daerah di Argentina, Hungaria, Rusia Selatan, dan Amerika Utara. Ciri yang lainnya adalah curah hujan sekitar 25-30 cm per tahun dan curah hujan tidak teratur.

  • Bioma Gurun

Yang memiliki karakteristik atau ciri vegetasi dengan jumlah pohon yang sangat kecil, adalah spesies tanaman yang tahan terhadap kekeringan (xerophyte), berbunga dan buah dalam waktu singkat (Efermer). Bioma gurun terjadi di Afrika, Asia, Amerika, Australia, dan India.

Analisis Vegetasi

Analisis tentang vegetasi adalah cara untuk mempelajari komposisi (sifat komponen) dan bentuk (struktur) vegetasi dalam suatu ekosistem.

Analisis vegetasi digunakan untuk mengukur dan menentukan komposisi spesies tanaman, domain spesies, kepadatan tanaman, dan kondisi penutupan kanopi.

Analisis vegetasi dapat dilakukan dengan berbagai metode, sebagai berikut ini :

  • Metode Kuadran
  • Metode garis
  • Metode tanpa tindakan atau plot
  • Metode kwarter

Selain analisis vegetasi yang dijelaskan di atas, ada juga berbagai sebutan lain untuk metode analisis, seperti :

  • Analisis vegetasi menurut diagram,
  • Analisis vegetasi dengan beberapa diagram
  • Analisis vegetasi cara jalur (transept)
  • Analisis vegetasi dengan garis kotak-kotak
  • Analisis vegetasi tanpa petak

Pengertian dan definisi vegetasi menurut Marsono (1977) adalah kumpulan tanaman yang biasanya terdiri dari berbagai spesies yang hidup bersama di satu tempat.

Dalam mekanisme hidup bersama, ada interaksi yang erat antara pencipta individu dari vegetasi itu sendiri dan dengan organisme lain, menciptakan sistem terpadu yang hidup dan tumbuh dan dinamis.

Itulah penjelasan tentang Vegetasi yang saya bagikan secara lengkap. Semoga bisa menambah wawasan ilmu bagi kalian.

Baca Juga :

Related posts: