Verba Pewarta

Posted on

Verba Pewarta – Verba sendiri ialah suatu kata kerja dimana menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, dan lainnya. Namun, dengan hal itu verba ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam salah satunya ialah verba pewarta ini. Pada artikel sebelumnya juga telah dipaparkan dan dijelaskan secara rinci mengenai masing – masing kategori verba, maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai verba pewarta ini. Agar lebih jelasnya simaklah penjelasan dibawah ini

verba pewarta

Pengertian

Sebuah kata dimana dipergunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan yang terjadi disebut sebagai verba pewarta. Verba ini ialah termasuk salah satu ciri kaidah kebahasaan teks berita, hal ini dikarenakan pada teks berita terdapat sebuah keterangan. Sehingga verba ini dan juga verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaan didalamnya.

Sifat mewartakanlah yang dimilikui kata kerja pewarta ini, sebagai contoh nya seperti : memaparkan, mengatakan, memberitakan, menjelaskan, dam juga sejenisnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kata verba ini intinya ialah sifat dimana ingin memberitahu kepada orang lain, biasanya bersifat unutk masyarakat luas.

Komponen Beserta Contoh

Agar kalian dapat lebih mudah mengenai penjelasan kata kerja pewarta yang digunakan terhadap teks berita, maka disini saya menyertakan beberapa komponen beserta dengan contoh kata dan kalimatnya, berikut penjelasannya secara rinci dan jelas :

1. Kata “Memberitakan”

Kata memberitakan merupakan suatu kegiatan dimana dilaksanakan untuk memberikan sebuah informasi tertentu, dimana baik melalui atau secara lisan, surat, media, serta lain – lainnya.

Contoh kalimatnya : Saat terjadi bulan purnama tepat pada 19 Maret 2018, Massa di internet heboh sekali, dengan adanya beberapa situs web telah memberitakan tentang proses terjadi bulan purnama tersebut.

2. Kata “Mengatakan”

Kata mengatakan artinya ialah sebuah homonim dimana memiliki kata ejaan serta pelafalan yang sama, tetapi memiliki makna yang begitu berbeda.

Contoh kalimatnya : Beliau mengatakan jika dengan menjadi presiden, akan mudah dalam mengatasi banjir yang sering terjadi di Ibukota, hal ini disampaikan pada pidato Presiden Jokowi dimana disiarkan melalui televisi. Dengan begitu, masyarakat hidupnya akan terjamin dan tentram.

3. Kata “Memaparkan”

Suatu kegiatan dimana dilaksanakan untuk menguraikan suatu penjelasan, pendapat, laporan maupun yang lainnya disebut memaparkan.

Contoh kalimatnya : Tepat pada dini hari, Presiden telah memaparkan kondisi perkembangan Indonesia pada saat ini telah siap menghadapi tantangan dan persaingan di masa yang mendatang.

Apa yang dimaksud dengan verba pewarta menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), verba pewarta merupakan sebuah kata dimana mengindikasikan serta menggambarkan sebuah proses mengenai percakapan, perbuatan, maupun keadaan atau dengan kata lain ialah kata kerja.

Berikanlah minimal 10 contoh kalimat mengenai verba pewarta ini !

1. Didalam suatu kegiatan tablik akbar, dimana diselenggarakan oleh Masjid Nurul Huda di Jl.Bawean. Kala itu, Reynald Anwar (selaku penyampai), mengatakan jika umat islam di suriah begitu mengharapkan bantuan dari seluruh umat islam di dunia, khususnya bagi umat islam yang berada di lingkungan ini maupun di Indonesia.

2. Pagi hari, pemerintah telah memaparkan jika nilai rupiah pada Indonesia terhadap dollar akan semakin mengalami penurunan.

3. Pemerintah telah memberitakan penyebab inflasi naik pada tahun ini.

4. Para anggota presentasi telah memaparkan secara rinci dan jelas mengenai proses terjadinya komunikasi dalam jaringan.

5. Pada suatu acara televisi swasta, suatu berita telah memberitakan sebuah peristiwa mengenai penyebab terjadinya kecelakaan pesawat  dimana ditumpangi Jamaah Haji dari Singapura di Mina, Arab Saudi saat atau ketika sedang bergerak menuju ke Mekkah.

6. Guru itu mengatakan, jika kalian jujur didalam mengerjakan soal saat ulangan berlangsung, maka ilmu yang diberikan guru akan diridhoi oleh Allah kelak di masa depan nanti akan berguna.

7. Keluarga itu telah memaparkan rencana kegiatan yang akan dilakukan selama liburan berlangsung ditahun ini.

8. Pada sebuah televisi swasta, telah memberitakan bahwa penerimaan calon PNS telah dibuka pada tanggal 18 februari 2019 tepat pukul 10.00 pada halaman web yang telah disediakan.

9. Ibuku selalu mengatakan, jika saya harus terus semangat menjalankan aktivitas untuk menggapai sebuah cita – cita yang diinginkan.

10. Gubernur di Ibukota telah memaparkan rincian anggaran secara jelas dengan data, dimana akan digunakan untuk pembangunan ke depannya demi kemajuan Ibukota ini.

Apakah ciri – ciri kalimat bahwa adanya verba pewarta ini ?

1. Adanya suatu kata dimana digunakan untuk menunjukkan percakapan yang terjadi.
1. Dimana didalamnya tersirat suatu teks pesan, dikarenakan teks pesan ini biasanya berisikan informasi, dimana sebagai fitur atas aturan bahasa.
3. Contoh kata verba merupakan kata – kata dimana memiliki sifat mewartakan. Berikut contoh – contoh kata yang dimaksud seperti : mengatakan, menjelaskan, menyampaikan, memaparkan, mengklarifikasi, memberitakan, menuturkan, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan artikel yang terkait kali ini, semoga menjadi bermanfaat serta menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca khususnya.

Related posts: