3 Rumus Kapasitor dan Contoh Soal Kapasitor Lengkap

advertisements

Rumus Kapasitor – Setelah di minggu kemarin Penulis telah membahas lengkap mengenai Rumus Gerak Parabola dan contoh soalnya, maka untuk sekarang ini Penulis secara bergantian akan memberikan penjelasan mengenai Rumus Kapasitas Kapasitor secara lebih dalam pula. Hal tersebut dikarenakan Materi Kapasitas Kapasitor dalam Mata Pelajaran Fisika SMA cukuplah penting, karena Materi Kapasitas Kapasitor ini sering keluar di Soal – Soal Ujian Fisika SMA sehingga sudah sangat tepat sekali bagi kalian Para Pelajar SMA untuk belajar dan memahami secara lebih dalam mengenai Materi Kapasitor ini.

Namun sebelum kalian memahami tentang Rumus Kapasitor dan Contoh Soalnya, ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Apa Itu Kapasitor. Dan langsung saja didalam Pengertian Kapasitor adalah sebuah Benda yg bisa menyimpan suatu Muatan Listrik didalamnya, dan Benda ini memiliki 2 pelat Konduktor (biasanya Aluminium ataupun Perak) yg dipasang saling berdekatan satu sama lain, tetapi Kedua Pelat Konduktor tersebut tidak sampai bersentuhan karena dipisahkan oleh Medium Dielektrik dan Kedua Pelat Konduktor ini nantinya dihubungkan dg terminal listrik yg akan mengalirkan Muatan Listrik.

Salah satu Contoh Kapasitor di Kehidupan Manusia bisa kalian lihat di sebuah Lampu Flash pada Kamera maupun di Papan Sirkuit Elektrik di Komputer. Selain itu perlu kalian ketahui juga bahwa didalam Fungsi Kapasitor dan Manfaat Kapasitor sendiri antara lain dapat menyimpan Muatan dan Energi Listrik sementara, Kapasitor juga bisa digunakan sebagai Filter didalam Penyuplaian daya listrik, dapat menghilangkan Bunga Api didalam Sistem Pengapian Mobil, Kapasitor juga bisa memilih Frekuensi didalam Radio Penerima dan dapat menyekat Arus Listrik Searah sehingga Arus Searah atau DC ini tidak bisa melewati sebuah Kapasitor.

3 Rumus Kapasitor dan Contoh Soal Kapasitor Terlengkap

rumus kapasitor dan contoh soalnya lengkap

Setelah kalian cukup memahami tentang Apa Itu Kapasitor, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Rumus Menghitung Kapasitor dan Contoh Soalnya Lengkap. Namun perlu ditekankan disini bahwa Kapasitor jika dilihat dari bentuknya itu dibedakan menjadi Tiga Jenis Kapasitor yang antara lain Kapasitas Kapasitor, Kapasitor Keping Sejajar dan Kapasitor Bola. Untuk itu dibawah ini Penulis telah menjelaskan Tiga Rumus Kapasitor menurut Bentuk Kapasitornya tersebut secara lebih detail.

advertisements

1. Rumus Kapasitas Kapasitor

Untuk Kapasitas Kapasitor sendiri ialah kemampuan Kapasitor yang dapat menyimpan suatu Muatan Listrik dan Kapasitas Kapasitor ini bisa didefinisikan sebagai suatu perbandingan tetap antara muatan Q yg bisa disimpan di dlm Kapasitor dengan Beda Potensial diantara Kedua Konduktornya. Dan Rumus Mencari Kapasitas Kapasitor ini bisa kalian lihat dibawah ini :

rumus kapasitas kapasitor dan penjelasannya

Nilai Kapasitansi Kapasitor tidak akan selalu bergantung pada Nilai Q dan V karena Besaran Nilai Kapasitansi sebuah Kapasitor itu tergantung pada Bentuk, Posisi dan Ukuran dari kedua keping dan jenis material insulator (pemisahnya).

2. Rumus Kapasitor Keping Sejajar

Yang dimaksud dengan Kapasitor Keping Sejajar ini adalah sebuah Kapasitor yang terdiri dari 2 buah keping konduktor yg mempunyai luas yang sama dan dipasang secara sejajar. Untuk Rumus Mencari Kapasitor Keping Sejajar bisa kalian lihat dibawah ini :

rumus kapasitor keping sejajar lengkap

Rumus Kapasitor Keping Sejajar diatas dipakai jika antara Keping itu berisi Udara, namun jika antara kepingnya itu diisi oleh medium dielektrik lain seperti keramik, porselen dan miki yang memiliki Koefiensi Dielektrikum K, maka Rumusnya berganti seperti dibawah ini :

rumus keping sejajar kapasitor

3. Rumus Kapasitas Kapasitor Bentuk Bola

Selain Kedua Rumus tersebut, terdapat satu rumus lagi yang sering digunakan untuk mencari dan menghitung Kapasitor, yakni Rumus Kapasitas Kapasitor dalam bentuk bola. Dan untuk Besarnya Kapasitas Kapasitor dalam bentuk bola tersebut bisa kalian lihat rumusnya dibawah ini :

rumus kapasitas kapasitor bentuk bola

Contoh Soal Kapasitor dan Jawabannya

Dibawah ini telah diberikan dan dibuatkan Contoh Soal Tentang Kapasitor dan Jawabannya secara lebih gamblang, dan semoga dengan adanya Contoh Soalnya ini dapat memudahkan kalian dalam memahami Materi Kapasitor dalam Mata Pelajaran Fisika SMA. Langsung saja didalam Contoh Soal Kapasitor bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Terdapat sebuah Kapasitor dengan mempunyai besaran kapasitas sebesar 0.8 μF yang dimuati oleh sebuah Baterai berkapasitas 20 Volt. Maka berapakah Muatan yg tersimpan didalam Kapasitor tersebut ?

Diketahui :

C = 0.8 μF sama dengan 8 x 10-7 F

V = 20 Volt (V)

Ditanya :

Berapakah nilah Q ?

Jawabannya :

C = Q / V sehingga Q = C x V

Q = 8 x 10-7 x 20

Q = 1.6 x 10-5 coulomb

2. Terdapat sebuah Kapasitor Keping Sejajar dengan mempunyai Luas tiap kepingnya sebesar 2000 cm2 dan terpisah sejauh 2 centimeter antara satu dengan lain. Berapakah nilai dari Kapasitas Kapasitor tersebut ?

Jawabannya :

C = 8,85.10-12 . (0,2./0,002)

C = 8,85.10-12 x 100

C = 8,85.10-10 farad

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mencari Kapasitor dan Contoh Soalnya yang telah dibahas secara lebih detail, dan semoga saja ulasan tentang Kapasitor ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) karena sekali lagi perlu ditekankan disini bahwa Materi Fisika SMA mengenai Kapasitor ini sangatlah penting dan sering sekali keluar di Soal – Soal Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) sehingga kalian sebagai Pelajar SMA harus benar – benar bisa mengerti dan memahami mengenai Materi Kapasitor ini, setidaknya agar kalian bisa mengerjakan Soal – Soal Ujian Fisika mengenai Kapasitor dengan baik dan benar.

advertisements
3 Rumus Kapasitor dan Contoh Soal Kapasitor Lengkap | rumus rumus | 4.5