Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

Posted on

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 – Bagi banyak orang, teks-teks pidato adalah cara mengekspresikan pikiran dan ide sebagai bentuk komunikasi satu arah. Orang yang memberikan pidato disebut “Orator”.

Diskusi sering terjadi pada saat-saat penting. Contohnya adalah pidato perpisahan kelas 9. Jadi, bagaimana contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah diingat?

Pidato yang baik dapat membuat kesan positif pada audiens atau pendengar. Pidato juga disertai dengan keterampilan bahasa yang baik dan adil di depan banyak orang atau masyarakat. Kemampuan ini juga berguna saat berkomunikasi dengan orang lain.

Seseorang yang berpidato memiliki beberapa tujuan penting, yaitu untuk memberi orang lain wawasan tentang informasi yang diberikan, untuk mendorong orang lain untuk secara sukarela mengikuti apa yang disampaikan dalam pidato itu, dan untuk memberi orang lain kesenangan, untuk mendengarkan pidato.

Tujuan dari pidato ini juga akan digunakan dalam pidato perpisahan kelas sembilan, dan sekarang saya akan menyajikan beberapa contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah diingat.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

Sebelum memberikan beberapa contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah diingat, saya akan menjelaskan hal-hal penting dalam sebuah pidato. Adapun beberapa hal penting ini, yaitu :

  • Cobalah untuk membuat daftar nama pejabat yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan dalam penyebutan posisi dan nama pejabat yang hadir.
  • Gunakan bahasa sesuai dengan pemahaman pendengar atau publik.
  • Buat pidato menjadi jelas dan langsung. Jika Anda tidak ingat teks pidatonya, Anda dapat mencetaknya dengan ukuran yang diperkecil. Selain tanda baca, teks juga harus jelas sehingga tidak ada yang salah dalam bacaan.
  • Kita harus membaca ulang tentang apa yang akan disampaikan sehingga tidak terlihat seperti hanya melihat teks.
  • Sebelum naik podium, Anda harus melakukan pemanasan agar tidak tegang seperti meminum air atau olahraga ringan.

Contoh 1 : Pidato Perpisahan Kelas 9

(Salam Pembukaan)
Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah ….
Yang saya hormati guru dan staf sekolah …..
Dan yang saya cintai, teman dan adik kelas.

Pertama-tama, kita bersyukur atas kehadiran Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat yang Dia berikan, kita dapat berkumpul di tempat ini sebagai bagian dari perpisahan kelas 9 tahun ajaran …….

Saya di sini sebagai perwakilan dari kelas 9, untuk menyampaikan beberapa kata kepada semua orang yang hadir. Tidak terasa, kita telah bersama-sama selama tiga tahun ini. Tentu saja itu tidak lepas dengan kesan yang telah kita alami bersama, baik untuk guru dan staf sekolah. ,,,, antara semua teman seangkatan dan adik kelas.

Selama kita bersekolah di sini, kita tahu bahwa kadang-kadang kita melakukan hal-hal menyenangkan atau menyusahkan bagi guru, teman sekelas dan adik kelas.

Oleh karena itu, saya di sini sebagai perwakilan dari kelas 9 ingin mengucapkan terima kasih serta berterima kasih kepada para guru, teman sekelas dan adik kelas.

Para guru dan pembimbing di sini selalu mengajar dan mendidik kita untuk menjadi lebih baik, meskipun kita selalu membuat banyak kesalahan di sekolah. Para guru dan pengajar dengan sabar mengajar kami dalam berbagai disiplin ilmu, sehingga mereka yang tidak tahu menjadi tahu dan mereka yang tidak bisa menjadi bisa.

Karena itu, saya tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada para guru dan pengawas yang ada disekolah tercinta ini.

Selain itu, tidak lupa mengingatkan adik kelas karena setelah ini, kami akan melanjutkan pendidikan kami ke tingkat yang lebih tinggi.

Kami menyarankan kalian untuk melanjutkan pendidikan dengan lebih antusias. Banggalah dengan nama sekolah dan menjadi ujung tombak sekolah ini, agar terus berkembang. Jangan pernah membuat sekolah ini jelek dengan perbuatan buruk.

Adik-adik sekalian, kami tahu bahwa kami bukan lulusan terbaik dari sekolah ini dan karena itu jangan kalian meniru kami. Ambillah sisi posisitf pada kami dan buanglah sisi negatif yang ada.

Para hadirin semua, harus ada perpisahan dalam suatu pertemuan. Sama seperti sekarang, ketika kami datang ke sini untuk belajar dari guru dan pengawas. Kami akan selalu mengingat jasa bapak dan ibu guru di sekolah ini. Kami berharap kenangan yang pernah ada di sekolah ini akan selalu diingat dan menjadi kenangan indah. Hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini.

(Salam penutup)

Contoh 2 : Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Bapak Kepala Sekolah yang terhormat. ,,,
Bapak dan Ibu Guru serta staf yang terhormat. ,,,
Saudara-saudara, hadirin yang diundang.
Serta teman-teman yang aku cintai.

Salam Sejahtera bagi kita semua

Pagi ini, pada hari yang cerah, kami berdoa, memuji, dan berterima kasih kepada Tuhan untuk Yang Mahakuasa karena telah memberi kami kesehatan dan sukacita sehingga kami dapat bertemu untuk mengucapkan selamat tinggal pada siswa kelas sembilan.

Berkenaan dengan hal tersebut, saya di sini selaku perwakilan dari kelas sembilan, untuk menyatakan sebanyak mungkin terima kasih dan permintaan maaf kepada para guru yang terkasih.

Selama 3 tahun belajar di sekolah ini, kami menemukan bahwa ada begitu banyak kesalahan dan tindakan yang kurang menyenangkan hati para guru. Tindakan dan perilaku kita telah membuat marah dan kesal guru.

Karena tindakan ini wajar ketika guru memberi kita hukuman hanya untuk mendidik kita dan menjadikan anak-anak yang memiliki hasil dan disiplin.

Itu sebabnya kami meminta maaf kepada guru untuk semua perilaku, kesalahan, dan kata-kata yang kurang menyenangkan hati. Sekiranya para guru memaafkan kesalahan yang kami buat.

Tak lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada para guru dan staf sekolah ini. Terima kasih telah mengajar dan dengan sabar mendidik kami. Terima kasih telah membimbing kami untuk menjadi anak-anak yang cerdas, bertanggung jawab, bijaksana dan berpendidikan dalam berbagai mata pelajaran akademik atau non-akademik.

Kami berterima kasih telah membimbing kami menuju kesuksesan dan mencapai hasil dalam pendidikan menengah ini. Tak lupa juga, untuk mengucapkan terima kasih kepada semua staf di sekolah karena memberikan layanan dan fasilitas terbaik.

Setelah mengikuti pelajaran selama sekolah di sini. Kami meminta doa dan berpamita kepada semua guru dan staf sekolah ini. Meminta doa restu agar kami melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi, kita akan tetap menjadi murid yang luar biasa dan terus berjasa serta kita dapat membuat bangga orang tua kita dan mewujudkan impian kita.

Kami berharap sekolah ini akan terus menjadi yang terbaik dan menghasilkan siswa luar biasa di berbagai bidang. Saya berharap sekolah ini masih menjadi keinginan siswa untuk belajar baik akademik maupun non-akademik.

Untuk adik – adik kelas, kami berpesan untuk meningkatkan hasil dan terus belajar dengan sungguh-sungguh di sekolah ini. Tetap berbakti ke orang tua, belajar dengan rajin dan patuh serta menghormati para guru di sekolah ini.

Jadikan tujuan Anda seperti cambuk untuk menjaga semangat ketika menuntut ilmu. Selama kita bersekolah di sini, jangan ambil sisi negatif kami, tetapi ambillah sisi positif yang kami berikan.

Ini adalah pidato perpisahan yang bisa saya sampaikan. Saya mengucapkan terima kasih dan meminta maaf kepada para hadirin sekalian, jika ada kata-kata yang kurang menyenangkan di hati. Saya berharap apa yang saya sampaikan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

Akhirukalam wabillahi taufik walhidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Itulah contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 yang dapat saya berikan. Semoga bisa membantu kalian yang membutuhkannya. Terima Kasih!!!

Baca Juga :

Related posts: