Rumus Menghitung Luas dan Keliling Segitiga

advertisements

Rumus Segitiga – Pengertian Bangun Datar Segitiga adlh Bentuk suatu gambar yg memiliki tiga buah sisi berupa garis lurus dan tiga sudut. Menurut ilmuwan Matematika Euclid yg menemukan Bangun Datar Segi Tiga ini mengatakan bahwa jumlah ketiga sudut di suatu Segitiga pd bidang datar ialah sebesar 180 derajat. Oleh karena itu Rumus Segitiga diperlukan untuk mencari besarnya salah satu sudut bila dua sudut lainnya sudah diketahui.

Sedangkan untuk Cara Menghitung Rumus Luas Segitiga dan Cara Menghitung Rumus Keliling Segitiga biasanya digunakan untuk para siswa atau siswi di tingkatan SMP dan SMA sederajat karena di tingkatan tersebut para siswa banyak yg disuguhi oleh Soal – Soal Matematika tentang Segitiga sehingga disini kami bermaksud untuk menjelaskan secara detail Rumus Matematika Segitiga ini agar anda atau anak anda bisa memahami lebih jelas tentang salah satu Rumus Bangun Datar ini.

jenis - jenis segitiga menurut panjang sisinya

Sebelum kita terjun bebas kedalam Rumus Segitiga, alangkah baiknya jika kita membahas terlebih Klasifikasi atau Jenis – Jenis Segitiga yg ada karena Segi tiga sendiri dibagi atas 3 jenis jika kita melihat dari panjang sisinya. Yang pertama ialah Segitiga Sama Sisi yaitu Segitiga yg ketiga sisi-nya memiliki panjang yg sama, Segitiga Sama Kaki ialah Segitiga yg dua dari tiga sisinya sama panjang dan Segitiga Sembarang ialah Segitiga yg ketiga sisinya berbeda panjangnya.

jenis - jenis segitiga menurut besar sudutnya

advertisements

Sedangkan Jenis – Jenis Segitiga jika dilihat dari besar sudutnya dapat dibagi menjadi Segitiga Siku – Siku adlh Segitiga yg mempunyai besaran sudut sama dg 90º, Segitiga Lancip ialah Segitiga yang besar semua sudutnya < 90º dan yang terakhir Segitiga Tumpul yaitu Segitiga yang besar salah satu sudutnya > 90º.

Cara Menghitung Rumus Luas Segitiga & Rumus Keliling Segitiga

rumus segitiga luas dan keliling lengkap

Setelah melihat Jenis – Jenis Segitiga diatas maka sudah saat nya untuk melihat penjelasan tentang Rumus Segitiga secara lengkap karena Rumus Segitiga ini dibagi menjadi 2 pencarian rumus yang antara lain mencari Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga.

Rumus Luas Segitiga

Rumus Luas Segitiga merupakan salah satu Rumus Segitiga yg sangat mudah untuk dipahami karena Rumus Matematika Segitiga hanya menggunakan panjang alas segitiga (a) dikali ½ dan dikali dg t / Tinggi Segitiga.

Luas = ½ .a.t

Rumus Keliling Segitiga

Sedangkan untuk Rumus Keliling Segitiga jg mempunyai Rumus Segitiga yg mudah untuk diingaat.

Keliling (K) = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

Contoh Soal Matematika Segitiga

1. Sebuah gambar segitiga mempunyai panjang alas 20 cm dan tinggi sebesar 10 cm, maka hitunglah Luas Segitiga dan Keliling Segitiga tersebut.

Jawaban Mencari Luas Segitiga

Luas = ½.a.t

L = ½.20.10

L = ½ x 200 = 100 cm²

Mencari Keliling Segitiga

Keliling = s + s + s

K = 20 + 20 + 20

K = 60 cm

Itulah penjelasan dari kami tentang Rumus Segitiga baik menghitung Rumus Keliling dan Luas Segitiga, tetapi lebih dari itu semuanya sangat mudah untuk dipahami karena Rumus tersebut sangat simple untuk diterapkan dan semoga setelah membaca ulasan Rumus Segitiga ini anda bisa mengerjakan semua bentuk Soal Matematika yg mengulas tentang Bangun Datar Segitiga.

advertisements
Rumus Menghitung Luas dan Keliling Segitiga | rumus rumus | 4.5