Pengertian, Macam dan Sifat Muatan Listrik Lengkap

advertisements

Macam dan Sifat Muatan Listrik – Bagi kalian Para Pelajar tentunya sudah sering mendengar tentang Muatan Listrik, dan saat dirumah pun baik disadari maupun tidak disadari sebenarnya kalian sering melihat adanya Muatan Listrik didalam suatu benda yg mampu saling tarik menarik maupun saling tolak menolak antara satu dengan yg lain. Sebagai contohnya tentu kalian pernah melihat terdapat Plastik yang saling tarik menarik dengan Kaca, ataupun mungkin kalian pernah mempraktekan sendiri bahwa Plastik yang digosokan ke rambut kepala kering maka Plastik tersebut dapat menarik potongan Kertas didekatnya.

macam dan sifat muatan listrik lengkap

Hal seperti itu bisa terjadi karena adanya Muatan Listrik didalamnya, dan selain contoh diatas tentu masih banyak lagi contoh tentang Muatan Listrik antara sebuah benda saling tarik – menarik maupun saling tolak menolak di kehidupan kita sehari hari. Oleh karena itu sudah sangat baik sekali bagi kalian Para Pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas) untuk lebih mengerti dan memahami tentang Apa Itu Muatan Listrik karena tidak bisa dipungkiri bahwa Materi Muatan Listrik dalam Mata Pelajaran Fisika ini cukup sering muncul di Soal Ujian Mata Pelajaran Fisika SMA, baik Soal Ujian Sekolah dan Soal Ujian Nasional.

Pengertian Muatan Listrik Lengkap

Langsung saja didalam Pengertian Muatan Listrik dalam Pelajaran Fisika SMA menurut Wikipedia Indonesia ialah suatu muatan dasar yg dimiliki oleh suatu benda, dan muatan dasar tersebut mampu membuatnya mengalami gaya pada benda lainnya yang berdekatan dan juga mempunyai muatan listrik. Untuk Simbol didalam Muatan sendiri menggunakan Simbol Q dan didalam Sistem Satuan Internasional dari Satuan Q tersebut digambarkan dengan coulomb yang merupakan Satuan SI yang temukan oleh Ilmuwan Prancis bernama Charles Augustin de Coulomb dan digunakan didalam Muatan Listrik.

advertisements

Kemudian perlu kalian ketahui juga bahwa Muatan Listrik itu bersifat Abstrak yang mempunyai artian bahwa Muatan Listrik itu dapat dirasakan atau dapat diketahui gejala’nya, tetapi Muatan Listrik tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Dalam hal ini bisa disamakan dengan Angin karena Angin dapat dirasakan, tetapi tidak dilihat dan diketahui bentuk Angin itu seperti apa. Namun jangan khawatir karena terdapat Alat Ukur yang bernama Elektroskop yang merupakan Alat Ukur yang bisa digunakan untuk mengetahui keberadaan Muatan Listrik, mengukur, menunjukkan dan menentukan Jenis Muatan Listrik tersebut.

Jenis dan Macam Muatan Listrik Yg Ada

Lalu untuk Jenis Muatan Listrik didalam Ilmu Fisika sendiri terbagi menjadi dua yakni [1] Muatan Listrik Positif dan [2] Muatan Listrik Negatif. Perlu kalian ketahui juga bahwa Kedua Macam Muatan Listrik tersebut ditemukan oleh Ilmuwan Asal Amerika Serikat bernama Benyamin Franklin dan untuk ulasan tentang Kedua Jenis Muatan Listrik ini bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Muatan Listrik Positif

Menurut Benyamin Franklin bahwa Muatan Listrik Positif itu umumnya bersifat saling tolak menolak dengan suatu benda yang mempunyai muatan, dan dalam hal ini terjadi karena muatan positif itu sejenis sehingga akan beraksi saling tolak menolak.

2. Muatan Listrik Negatif

Dan menurut Benyamin Franklin bahwa Muatan Listrik Negatif pada suatu benda dapat dipastikan jika terdapat Benda yang mempunyai Muatan Negatif dan saling tolak menolak dg Plastik yg mempunyai muatan, maka itu bisa dipastikan bahwa muatan benda itu adalah Negatif.

Sifat – Sifat Muatan Listrik Secara Lengkap

Sedangkan untuk pembahasan mengenai Sifat Sifat Muatan Listrik sendiri bisa kalian pahami ulasannya seperti dibawah ini :

1. Sifat Muatan Listrik Yang Pertama adalah muatan listrik itu mirip dengan Massa, dan dalam hal ini dikarenakan Hukum Kekekalan didalam Muatan Listrik itu sama dengan Hukum Kekekalan pada Massa. Oleh karena itu Gaya yang ditimbulkan oleh Kedua Muatan Listrik mempunyai karakter yg hampir sama dengan Massa, contohnya seperti ada didalam Gaya Gravitasi yang ditimbulkan oleh Dua Buah Benda dengan Massa yang tertentu, dan Gaya tersebut akan mempunyai sifat konservatif dan terpusat.

2. Sifat Muatan Listrik Yang Kedua adalah Muatan Listrik yang mempunyai muatan sejenis maka akan saling tolak menolak dan jika mempunyai muatan yang tidak sejenis maka akan saling menarik antar satu dengan yang lainnya. Dan dalam ini tentu seperti Manusia, maksudnya jika antara Laki – Laki (Sejenis Laki – Laki) maka tentu mereka akan saling tolak menolak, tetapi jika antara Laki – Laki dengan Perempuan (Tidak Sejenis) maka akan timbul tarik menarik (ketertarikan) akan keduanya, dan hal tersebut seperti Muatan Listrik.

Demikianlah pembahasan mengenai Muatan Listrik didalam Mata Pelajaran Fisika SMA yang bisa dijelaskan secara lebih detail oleh Penulis Rumus Rumus, dan semoga saja ulasan tentang Muatan Listrik ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Para Pembaca dan Para Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) karena sekali lagi bahwa Materi ini cukup penting dan cukup sering pula keluar di Soal – Soal Ujian. Selain itu sebagai tambahan saja jika kalian ingin mengetahui dan memahami tentang Rumus Muatan Listrik didalam Mata Pelajaran Fisika, maka kalian bisa langsung menuju ketautan tersebut karena di situ telah dibahas tentang Rumus Muatan Listrik dan Contoh Soalnya Lengkap.

advertisements
Pengertian, Macam dan Sifat Muatan Listrik Lengkap | rumus rumus | 4.5