1 Pon Berapa Kg ? Pon ke Kilogram

Posted on

Rumusrumus.com kalin ini akan membahas tentang jawaban dari pertanyaan 1 Pon berapa Kg. Untuk cara menghitung 1 pon berapa kg disini akan dibahas terlebih dahulu materi pon ke kg dan juga tentang satuan pon dan satuan kg

1 pon berapa kg? – Meskipun jarang sekali ditanyakan dan digunakan pada kehidupan sehari-hari, akan tetapi mengetahui jawaban satu pon berapa kilogram ialah sebuah keperluan. Banyak orang awam dan tidak tau apa itu pon.

Mengapa bisa terjadi? Hal ini di sebabkan karna pon merupakan satuan yang tak biasa dipakai di negara kita yg kita cintai ini. Namun di negara lain banyak yang menggunakan satuan pon. Di Asia , orang-orang lebih memilih kg untuk satuan massa termasuk Indonesia.

Untuk Anda yang masih pemula belajar pon, maka perhatikan penjelasan di bawah ini. Akan dijelaskan satu-persatu terlebih dahulu.

Satuan Pon

Pon ialah salah satu satuan berat untuk mendeskripsikan massa pada suatu benda. Dibeberapa negara, pon sering dipakai dalam mendefiniskan berat badan.

Dalam satuan, pon ialah nilai setengah dari 10 ons. hingga setiap 10 ons yaitu 50 pon . Dengan adanya dasar ini, semoga Anda mampu memahaminya dan bisa melanjutkan perhitungan yang sama ke depannya.

Satuan Kg

Satuan kg atau yang biasa disebut kilogram ialah satuan unit (SI) Satuan Internasional untuk mendefinisikan pada suatu satuan massa. Satuan standar sebagai acuan kilogram ialah satuan kilogram standar yang sekarang disimpan di Perancis.

Dalam kehidupan sehari-hari, satuan kg banyak dipakai untuk mendefinisikan berat. akan tetapi dalam dunia sains, massa dan berat merupakan dua hal yang berbeda. Dengan adanya perbedaan ini, diharapkan setiap orang tau bahwa massa dan berat itu jelas beda, hanya cara pandangnya yang mungkin sama.

Sebagai tambahan untuk informasi, satuan pon dan kg itu berada dalam satuan yang sama sebagai unit untuk massa. Perbedaannya ialah nilai setiap pon dibandingkan nilai setiap kg itu berbeda. Nilainya lebih tinggi kg.

Konversi Satuan Pon ke Kilogram

Kini saatnya menghitung 1 pon berapa kg dalam penjelasan lengkap.

Sebagai permulaan, perlu diketahui bahwasanya 1 pon merupakan 5 ons. Di mana setiap 10 ons ialah 1 kg. Ini berarti bahwa nilai 1 pon di dalam kg ialah bernilai sedikit. Melihat peristiwa ini, artinya setiap 1 kg mengandung 2 pon. Atau jika dibalik ialah setiap 1 pon kita mendapatkan 0,5 kg.

Sebagai contoh ada 4 pon barang yang dijual.
untuk menghitungnya, hanya kalikan 4 pon tersebut dengan bilangan 0,5 kg. Hasil ini diperoleh nilai 2. artinya bahwa pon bernilai sedikit jika dikonversikan ke kg.

Rumus Konversi Pon ke Kg

1 pon berapa kg ?
1 pon berapa kg ?

1 Pon Berapa Kg

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan rumus 1 pon berapa kg sebagai berikut ini :

1 Pon = 0,5 Kg

Contoh Soal Pon Ke Kg

Contoh 1 :

ibu membeli jeruk seberat 20 pon, berapakah berat jeruk dalam hitungan kg ?

jawab : 20 x 0,5 = 10

maka jeruk ibu ialah 10kg

 

Contoh 2 :

Para pekerja kebun sedang memetik hasil panen jeruk di 4 kebun berbeda dengan hasil panen di kebun A berjumlah 100 pon, kebun B berjumlah 500 pon jeruk , kebun C berjumlah 300 pon jeruk dan kebun D berjumlah 200 pon jeruk. berapakah jumlah keseluruhan panen petani jeruk itu jia di hitung di dalam kilogram

Jawab :

jadikan dahulu jumlah pon ke dalam kilogram pada masing-masing kebun

kebun A 100 pon = 100 x 0,5 = 50 kg
kebun B 500 pon = 500 x 0,5 = 250 kg
kebun C 300 pon = 300 x 0,5 = 150 kg
kebun D 200 pon = 200 x 0,5 = 100 kg
maka jumlah keseluruhan jeruk pada masing masing kebun
50 + 250 + 150 + 100 = 550
jadi total hasil panen petani ialah 550kg jeruk

Artikel lainya :


Baca Juga :