Apa Tujuan Sebuah Negara Menyelenggarakan Pemilu

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Tujuan Sebuah Negara Menyelenggarakan Pemilu ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

apa tujuan sebuah negara menyelenggarakan pemilu

Apa Tujuan Sebuah Negara Menyelenggarakan Pemilu

Pendahuluan :

Pemilihan Umum atau dikenal pemilu ialah suatu proses memilih orang dimana untuk dijadikan pengisi jabatan-jabatan politik tertentu yang ada, dimulai dari presiden, wakil rakyat di berbagai tingkat pemerintahan bahkan sampai dengan kepala desa.

Pemilu juga dapat diartikan sebagai salah satu upaya dalam mempengaruhi rakyat dimana secara persuasif atau tidak memaksa. Biasanya dilakukan dengan melaksanakan aktivitas retorika, hubungan politik, komunikasi massa, lobi serta aktivitas lainnya.

Pemilu pertama kali terjadi di Indonesia, dimana dilaksanakan pada tahun 1955 hingga sampai saat ini pemilu dilakukan sebanyak 11 kali, yaitu : pada tahun 1955, 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, 2004, 2009, serta 2014.

Pembahasan :

Tak menutup kemungkinan jika adanya pemilu karena tujuan tertentu yang dicapai. Tujuan diselenggarakannya pemilu salah satunya ialah untuk memilih wakil rakyat serta wakil daerah.

Dimana untuk membentuk pemerintahan yang demokratis, kuat serta memperoleh dukungan rakyat dalam rangka mewujudkan atau mencapai tujuan bersama ataupun nasional.

Disamping itu, pemilu juga diadakan dengan tujuan agar melaksanakan kedaulatan rakyat serta melaksanakan pergantian personal pemerintahan secara tentram dan damai.

Nah tujuan dari adanya penyelenggaraan pemilihan umum (general election), menurut Jimmly Asshiddiqie bisa dirumuskan pada empat bagian ialah sebagai berikut :

  1. Untuk memungkinkan agar terjadinya pemilihan kepemimpinan pemerintahan secara tertib serta damai.
  2. Untuk memungkinkan terjadinya pergantian pejabat dimana akan mewakili kepentingan rakyat pada lembaga perwakilan yang ada.
  3. Untuk melaksanakan sebuah prinsip, yaitu kedaulatan rakyat.
  4. Untuk melaksanakan prinsip hak-hak asasi warga Negara itu sendiri.
  5. Kegiatan pemilihan umum ialah salah satu sarana penyaluran hak asasi warga Negara yang berlandaskan fleksibel, tertutup, dan lainnya

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Apa Tujuan Sebuah Negara Menyelenggarakan Pemilu di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: