Apa Yang Dimaksud Dengan Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Berkelanjutan

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Berkelanjutan ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

apa yang dimaksud dengan pengelolaan lingkungan hidup

Apa Yang Dimaksud Dengan Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Berkelanjutan

Pendahuluan :

Pengelolaan lingkungan hidup merupakan sebagai suatu bentuk usaha sadar untuk memelihara serta melestarikan dan memperbaiki mutu lingkungan dimana dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan manusia dengan sebaik – baiknya.

Pengelolaan lingkungan hidup memiliki suatu ruang lingkup yang secara luas dimana dengan cara beraneka ragam juga. Secara garis besar terdapat 4 (empat) lingkup pengelolaan lingkungan hidup menurut Otto Sumarwoto ialah sebagai berikut :

  1. Pengelolaan lingkungan dengan secara rutin.
  2. Perencanaan dini dalam pengelolaan lingkungan suatu daerah dimana akan menjadi dasar serta tuntunan bagi perencana pembangunan dimasa datang.
  3. Perencanaan pengelolaan lingkungan berdasarkan perkiraan dampak lingkungan dimana akan terjadi sebagai akibat sebuah proyek pembangunan yang akan direncanakan nantinya.
  4. Perencanaan pengelolaan lingkungan dimana untuk memperbaiki lingkungan dimana mengalami kerusakan karena alamiah ataupun ulah manusia itu sendiri

Manusia secara rutin mengolah lingkungannya, dimana dilaksanakan oleh masyarakat dengan secara sehari-hari. Seperti contoh pembuangan sampah, penyaluran limbah rumah tangga, petani dengan secara rutin memelihara sengkedan, pengairan sawah, memberantas hama, penyakit serta sebagainya.

Meskipun kegiatan pengelolaan lingkungan secara rutin, tetapi kegiatan itu sering tidak disebut dengan sebagai pengelolaan rutin.

Pembahasan :

Pengelolan lingkungan hidup secara berkelanjutan merupakan suatu pengelolaan lingkungan hidup secara terus menerus. Dengan begitu, hasil pengelolaan lingkungan hidup yang dilaksanakan tersebut dampaknya akan bisa dirasakan sampai dengan jangka panjang. Sehingga dapat dirasakan juga oleh generasi kita selanjutnya secara terus menerus.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Rate this post
Related posts: