Apa Yang Dimaksud Dengan Regional

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Regional ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

apa yang dimaksud dengan regional

Apa Yang Dimaksud Dengan Regional

Jawaban :

Tahukah anda bahwa kata regional sendiri digunakan untuk menunjukkan suatu kawasan maupun wilayah tertentu. Pembentukan pola regional sama dengan kata internasional dimana terdapat penambahan partikel “al” dibelakangnya dan kata “region” sendiri berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai wilayah, kawasan, maupun daerah tertentu.

Suatu wilayah dimana telah jelas identifikasinya, walaupun kenyataannya bagi wilayah itu relatif tergantung pada konteks waktu. Disamping itu, unsur yang mendorong adanya identifikasi diri ialah berdasarkan sejarah, geografis, maupun aktivitas yang dilakukan terutama pada bidang ekonomi disebut dengan regional.

Atau regional merupakan sebuah daerah dimana dikuasai maupun menjadi teritorial pada suatu kedaulatan. Pada zaman dahulu, umumnya suatu wilayah dikelilingi oleh batas – batas keadaan atau kondisi fisik alam, seperti contoh : sungai, gunung, maupun laut.

Selanjutnya sesudah masa kolonialisme, batas – batas ini akan dibuat oleh negara dimana yang menduduki daerah itu. Dan pada akhirnya dengan adanya negara bangsa, istilah yang lebih sering atau umum dipakai ialah batas nasional. 

Definisi berdasarkan pada geografi ialah sebuah wilayah dimana dengan ciri – ciri atau karakteristik tertentu yang bisa dibedakan terhadap wilayah lainnya disebut dengan regional. 

Menurut Prof. Dr. Sumarmi,M.Pd pada “Geografi Pengembangan Wilayah”, bahwa suatu wilayah merupakan daerah tertentu dimana di dalamnya tercipta homogenitas struktur ekonomi serta sosial, yang didasarkan sebagai perwujudan kombinasi antara faktor lingkungan dan juga faktor demografis.

Menurut N. Daljuni, regional sendiri merupakan wilayah tempat tinggal manusia dimana didasarkan atas kesatuan fisiografisnya.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Regional di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: