Jelaskan Perbedaan Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Jelaskan Perbedaan Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

jelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Jelaskan Perbedaan Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan

Jawaban :

Berikut perbedaan yang membedakan antara pengetahuan dengan ilmu pengetahuan ialah :

1. Pengetahuan

Sebuah bentuk dimana dari ilmu yang kemudian akan didapatkan dari adanya suatu pengalaman serta juga tidak akan bisa bersifat secara umum, universal bahkan juga menyeluruh disebut dengan pengetahuan.

Selanjutnya contoh dari pengetahuan itu sendiri ialah :

Suatu bentuk dimana akan ada pemikiran orang yang berasal dari jaman dahulu dimana mempunyai sebuah pendapat jika dengan mengoleskan sebuah daun yang sudah dikunyah atau dibasahkan dengan air liur manusia, maka sebuah luka tersebut akan membuat luka ini menjadi lebih cepat sembuh.

Walaupun demikian, hal ini tentu belumlah bisa dibuktikan atau dipastikan kebenarannya. Dengan begitu, sangat juga perlu diketahui apakah sembuhnya dikarenakan ludah ataupun luka yang dideritanya sembuh tersebut hanyalah sebuah kebetulan semata.

2. Ilmu Pengetahuan

Sebuah ilmu dimana didapatkan dari suatu pengalaman dari orang lain serta juga sudah dilaksanakan pengujian dan pula mempunyai sifat yang universial disebut juga dengan ilmu pengetahuan. Contohnya sangatlah mudah seperti buku pelajaran sekolah, kuliah dan lainnya serta juga buku hitung menghitung yang telah dibuktikan atau dipastikan kebenarannya tersebut dan masih banyak lagi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaannya yang paling mendasar ialah pada pengetahuan belum dibuktikan atau dipastikan kebenarannya dan juga tidak bersifat universal, sebaliknya bahwa pada ilmu pengetahuan telah dibuktikan atau dipastikan kebenarannya dan telah bersifat universal tersebut.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Jelaskan Perbedaan Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: