Yang Mengusulkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Agar Dijadikan Semboyan Negara Adalah ….

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Yang Mengusulkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Agar Dijadikan Semboyan Negara Adalah ….? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan di bawah ini secara rinci dan semoga membantu anda di dalam menjawab pertanyaan yang mungkin anda hadapi saat ini.

yang mengusulkan semboyan bhinneka tunggal ika agar

Yang Mengusulkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Agar Dijadikan Semboyan Negara Adalah ….

Jawaban

Jadi dimana yang pertama kali mengusulkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini sendiri supaya dijadikan Semboyan Negara ialah M.Yamin.

Berikut pembahasan secara rincinya ialah :

Bhineka Tunggal Ika ialah semboyan bangsa Indonesia serta tertulis pada pita yang digenggam kaki sang garuda. Seluruh sejarawan sepakat bahwa tokoh nasional yang pertama kali mengusulkan kalimat tersebut kepada Bung Karno ialah M. Yamin.

Kemudian, usulan ini ia sampaikan secara tertutup. Sehingga tokoh lain, seperti Bung Hatta sekalipun mengira ide mengenai Bhineka Tunggal Ika tersebut ialah berasal dari Soekarno.

Tahukah anda bahwa M.Yamin sendiri bukan lah sekedar politikus, ia juga seorang ahli hukum, budayawan, sastrawan bahkan sejarawan.  

Bhineka Tunggal Ika sendiri merupakan petikan kalimat yang ia ambil dalam Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular yang hidup di masa kebesaran Kerajaan Majapahit.

M.Yamin merupakan tokoh dimana yang pertama kali mengusulkan kepada Ir. Soekarno mengenai Bhinneka Tunggal Ika, dimana agar dijadikan semboyan Negara pada saat itu. 

Namun, Muh.Yamin lah yang mengungkapkan pertama kali berhubungan dengan kalimat Bhinneka Tunggal Ika di saat sidang BPUPKI berlangsung pada bulan Mei 1945 kepada I Gusti Bagus Sugriwa.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan di atas, semoga pembahasan yang telah di sampaikan dapat bermanfaat, membantu anda yang tengah bertanya akan hal ini serta menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca sekalian.

Baca Juga :

Related posts: