Cara Membuat Konfigurasi Elektron dan Contoh Soalnya

Posted on

Dalam pelajaran kimia, nantinya siapapun akan menemukan materi tentang konfigurasi elektron. Apakah itu konfigurasi elektron? Secara garis besar, konfigrasi elektron merupakan konfigurasi pendistribusia elektron pada sub kulit atom mulai dari yang energinya rendah hingga ke kulit yang energinya tinggi. Konfigurasi elektron mengatur tentang banyaknya elektron pada suatu sub kulit atom. Secara penjelasan singkat tadi memang terlihat dan terdengar sederhana. Namun sebenarnya, perlu sekali pemahaman khusus untuk bisa tahu Cara Membuat Konfigurasi Elektron.

Ya, materi tentang konfigurasi elektron memerlukan dua hal yaitu pemahaman dan juga penghafalan. Untuk cara konfigurasinya memerlukan pemahaman yang bertahap. Dimulai dari Cara Membuat Konfigurasi Elektron dari suatu unsur, terdapat aturan yang harus diingat  dan dipahami. Aturan penyusunan elektronnya adalah

1s2  2s2  2p6  3s2  3p6  4s2  3d10  4p6  5s2  4d10  5p6  6s2 4f14 5d10  6p6  7s2  5f14  6d10

Keterangan :

  • Sub Kulit S memiliki daya tampung maksimal 2 elektron
  • Sub Kulit P memiliki daya tampung maksimal 6 elektron
  • Sub Kulit D memiliki daya tampung maksimal 10 elektron
  • Sub Kulit F memiliki daya tampung maksimal 14 elektron

Cara Membuat Konfigurasi Elektron

Atau untuk lebih jelas anda bisa melihat gambar dibawah ini untuk mempermudah menyusun konfigurasi elektron dari suatu unsur versi simple

konfigurasi elektron

Dari penjelasan Cara Membuat Konfigurasi Elektron tadi, sebenarnya sudah sangat bisa dipahami dengan mudah. Untuk bisa membuat konfigurasi elektronnya yang tepat, maka perlu sekali memahami aturan dasar penyusunun elektron. Aturan yang dimulai dari 1s2 hingga 6d10 tadi tidak boleh tertukar dan tidak boleh terbalik-balik. Semuanya harus sesuai  urutan karena memang sudah standar internasional dan berdasarkan dari penelitian pendistribusian elektron.

Contoh Soal Konfigurasi Elektron

Agar lebih paham tentang pemahaman prinsip penyusunan konfigurasi elektron diatas, akan lebih baik kita sekarang membahas contoh contoh soal konfigurasi elektor agar lebih paham.

Soal :

Buatlah konfigurasi elektron untuk unsur dibawah ini :

 

 

Jawaban :

Untuk menentukan konfigurasi elektron dari unsur diatas kita harus menggunakan nomor atomnya karena pada nomor atom tersebut terdapat nilai proton dan elektron. Setelah melihat dari aturan penyusun elektron versi simple diatas maka bisa dipahami untuk konfigurasi elektron dari unsur diatas adalah

hasil elektron

 

 

 

Jumlah dari konfigurasi tersebut harus melihat besaran angka kecil dibelakang. Jika tadi natrium memiliki elektron 11, maka konfigurasi tersebut sudah benar (2+2+6+1).  Maka hasil dari konfigurasi elektron diatas adalah 1s2 2s2 2p6 3s1

Maka dari itu, agar bisa mengetahui konfigurasi yang tepat maka harus sekali menghafalkan aturan dasar tersebut. Menghafal aturan dasar tersebut benar-benar harus tahu persis urutannya dan tidak boleh sampai terbalik atau tertukar. Setelah itu, barulah Anda lihat soal yang diberikan. Dari sana bisa dilihat berapa jumlah elektron dari unsur yang diberikan.

Contohya tadi jika Natrium atau Na maka jumlah elektronnya adalah 11. Maka konfigurasi elektronnya hanya berhenti sampai 3s1 lantaran sudah mencapai angka 11.

Untuk contoh lainnya, bisa dicoba unsur lainnya. Misalnya unsur Cl atau chlorin. Unsur ini memiliki elektron sebesar 17.

Maka konfigurasi elektronnya adalah 1s2  2s2  2p6  3s2  3p5

Bisa Anda buktikan dengan menjumlah elektronnya yaitu 2+2+6+2+5 = 17

Dari pemahaman seperti ini, Anda bisa terus berlatih dan mencoba berbagai macam unsur lainnya. Namun, tidak perlu bingung dan membebani diri dengan  menghapal semua konfigurasi elektron dari berbagai macam unsur kimia. Cukup hafalkan saja soal aturan dasarnya.

Itulah tadi ulasan lengkap Cara Membuat Konfigurasi Elektron. Ulasan tentang cara membuat konfigurasi tadi sangatlah mudah dipahami dan diterapkan untuk berbagai macam soal lainnya. Dari pemahaman tadi juga bisa muncul pengembangan soal yaitu dengan diketahui konfigurasi elektronnya dan Anda ditanyaka soal unsurnya. Jika sudah paham tentang konfigurasi elektron dan hafal unsur-unsur kimia maka tidak akan kesulitan untuk menjawabnya.

Namun, jika penjelasan tadi masih membut Anda bingung maka Anda bisa mencari panduan menyusun konfigurasi dalam bentuk video. Ya, carilah panduan dalam bentuk video yan biasanya bisa membuat siapa saja menjadi lebih paham tentang konfigurasi elektron. Selain itu, dengan sering berlatih soal maka Anda bisa menjadi lebih paham. Carilah berbagai macam soal tentang konfigurasi elektron misalnya dari berbagai macam website, buku materi dan sebagainya. Cobalah untuk menghafal aturan dasarnya lalu jawablah soal-soal yang telah Anda cari. Semoga Bermanfaat

Artikel Berkaitan Lainnya :


Baca Juga :