Cara Mereview Jurnal Ilmiah

Posted on

Cara Mereview Jurnal Ilmiah – Yang disajikan di sini, merupakan rangkuman dari pernyataan Elsevier tentang review jurnal.

Elsevier adalah salah satu penerbit jurnal terkemuka. Lembaga ini juga menampung SCOPUS, layanan indeks untuk jurnal internasional dengan jumlah basis data terbesar.

Beberapa langkah praktis dalam tinjauan jurnal harus akrab dengan siswa, guru, dosen, profesional dan akademisi yang karyanya berkaitan dengan pembuatan dan penulisan jurnal ilmiah.

Review jurnal adalah salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan baik di tingkat kelembagaan, yaitu sebagai anggota peer review suatu lembaga, atau secara informal, sebagai bagian dari proses penulisan artikel surat kabar.

Artikel ini menjelaskan cara meninjau jurnal dengan mempekerjakan pembaca sebagai pemeriksa yang bertanggung jawab untuk meninjau naskah surat kabar yang dikirim oleh editor surat kabar.

Singkatnya, pembaca diposisikan di sini sebagai anggota dari tinjauan sejawat. Sebelum melanjutkan dengan penjelasan, pembaca harus mempertimbangkan beberapa poin penting ketika menerima undangan untuk membaca artikel surat kabar editor.

Bagaimana saya memeriksa majalah? Haruskah pembaca bertanya terlebih dahulu apakah naskah yang diperlukan untuk tinjauan tersebut sesuai dengan bidang kompetensi atau kompetensinya? Berusaha untuk menerima tes jika Anda pikir Anda dapat melakukan audit kualitas.

Kedua, pembaca harus memastikan bahwa tidak ada konflik kepentingan terkait tugas yang diberikan oleh penerbit. Dalam hal ini, itu harus dikirim terlebih dahulu ke penerbit yang mengirim naskah.

Ketiga, pastikan Anda punya waktu. Membuat ulasan untuk majalah berkualitas butuh waktu lama. Tidak semua penguji menerima kompensasi finansial untuk kegiatan tersebut.

Cara Mereview Jurnal

cara mereview jurnal

Sebelum memulai ulasan, pembaca harus mempertimbangkan naskah yang dikirim oleh penerbit sebagai dokumen rahasia.

Ini berarti bahwa manuskrip artikel tidak dapat dibagikan dengan orang lain tanpa persetujuan penerbit atau pihak yang berwenang.

Ketika Anda telah menerima naskah, bacalah artikelnya dan kemudian beristirahat sejenak untuk merenungkan dan memikirkan apa yang baru saja Anda baca.

Tidak semua kata perlu dibaca, tetapi tentu saja membaca seluruh skrip sangat berguna. Setelah membaca artikel itu, lihat lagi apa yang telah Anda baca secara ilmiah atau apa pengalaman Anda.

Ingatlah bahwa hasil ulasan Anda akan membantu editor jurnal untuk memutuskan apakah naskah cocok untuk publikasi atau tidak. Oleh karena itu, pemeriksa harus memberikan penilaian umum atas teks tersebut.

Sangat penting untuk menyoroti kekurangan naskah artikel dan komentar konstruktif yang direkomendasikan. Perlu juga dicatat bahwa informasi pribadi menganai data diri Anda, seperti nama, mungkin tidak dimasukkan demi menjaga objektivitas peninjauan.

Selanjutnya, kami akan menjelaskan mengenai langkah praktis untuk meninjau jurnal ilmiah yang bisa dilakukan oleh pengulas, terutama oleh pengulas yang tidak berpengalaman.

Langkah – Langkah Praktis Untuk Mereview Jurnal

  1. Ringkas terlebih dahulu teks artikel yang direvisi dalam paragraf pendek. Dua atau tiga paragraf pendek sudah cukup. Langkah ini dilakukan untuk menunjukkan kepada penerbit bahwa pengulas telah membaca dan memahami isi naskah.
  2. Memberi kesan pada artikel tersebut, termasuk apakah artikel tersebut asli, menarik, dan berdampak pada perkembangan ilmu di bidangnya.
  3. Nyatakan apakah artikel tersebut sesuai dengan standar jurnal nasional atau internasional. Beberapa kriteria harus dijelaskan, apakah sudah dipenuhi atau tidak.
  4. Berikan komentar dan saran tentang struktur dan isi artikel, termasuk format dan tata letak, judul, abstrak, pengantar, metode, hasil, kesimpulan atau diskusi, bahasa yang digunakan, dan referensi.
  5. Jika ada indikasi plagiarisme, konflik kepentingan, dan / atau masalah dengan kode etik, silakan kirim ke penerbit sebagai bagian dari tinjauan.
  6. Jika ada bukti prasangka tingkat tinggi, termasuk validitas dan reliabilitas temuan penelitian, penguji harus menyerahkannya ke penerbit, karena memiliki dampak negatif pada kualitas jurnal.
  7. Sebagaimana disebutkan di atas, peninjau harus mempertimbangkan artikel sebagai dokumen rahasia. Ini berlaku sebelum, selama dan setelah proses publikasi.
  8. Setiap komentar dan setiap proposal tertulis harus didasarkan pada alasan ilmiah dan bukan pada upaya untuk “menghadapi” penerbit.
  9. Memperhatikan dengan seksama tiga kriteria penting ketika mengeluarkan rekomendasi untuk editor. Naskah ditolak, diterima tanpa revisi, atau diterima dengan revisi kecil dan besar. Jelaskan bagian apa yang harus diperiksa oleh penulis jika diterima dengan ulasan.

Sembilan Langkah adalah proses umum yang diterapkan sebagai bagian dari peninjauan jurnal. Keputusan selanjutnya tentang nasib naskah setelah diperiksa ada di tangan penerbit surat kabar.

Para pengulas di sini memiliki tugas “untuk mendukung para editor” bagaimana cara mereview jurnal.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: