Cara Sinkron Dapodik

Posted on

Cara Sinkron Dapodik 2021 – Proses Sinkron yang dilakukan pada aplikasi Dapodik 2021 berfungsi untuk mengirimkan data-data yang terdapat dalam aplikasi tersebut. Berbeda dengan proses sinkronisasi yang dilakukan pada aplikasi Dapodik 2020, proses sinkronisasi aplikasi Dapodik 2021 dilakukan dengan memakai akun Kepala Sekolah.

Cara Sinkron Dapodik 2021

Sebelum melakukan proses sinkronisasi, maka langkah awal yang harus dilakukan oleh Operator Dapodik yaitu memastikan bahwa isian data yang terdapat dalam Aplikasi Dapodik baik itu data Sekolah, Sarana dan Prasarana, GTK, Siswa, Rombel dan juga jadwal tidak ada yang invalid.

Apabila terdapat data yang yang statusnya invalid walaupun hanya satu data saja, maka hal ini dapat mempengaruhi proses sinkronisasi. Dalam hal ini, Operator Dapodik harus memperbaiki terlebih dahulu data yang statusnya invalid sampai berubah statusnya menjadi valid.

Tips dan Trik Sinkronisasi Dapodik 2021

Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan agar proses sinkronisasi data dalam Aplikasi Dapodik tidak mengalami kegagalan, diantaranya adalah :

1. Pastikan Server Dapodik Aktif

Tips yang pertama harus dilakukan yaitu memastikan bahwa Server Dapodik sedang dalam kondisi aktif atau tidak sedang dalam status maintenance.

2. Melakukan Validasi

Ini merupakan hal yang sepele, tapi jika tips ini tidak kalian lakukan maka akan mempengaruhi proses sinkronisasi. Meletakkan menu Validasi diatas menu Sinkronisasi bukan tidak alasan, yaitu bertujuan supaya operator dapat melihatnya dahulu.

3. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Koneksi internet merupakan salah satu syarat atau kunci utama dari keberhasilan melakukan proses sinkronisasi Dapodik. Kalian diharuskan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil dan juga cukup cepat.

4. Instal Ulang Dapodik

Jika semua trik dan tips di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah Anda, maka langkah yang terkahir adalah dengan cara meng-uninstall aplikasi Dapodik kemudian melakukan penginstallan ulang.

Cara Sinkron Dapodik 2021

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk melakukan proses sinkronisasi pada data Dapodik 2021, diantaranya adalah :

  • Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah login ke dalam aplikasi Dapodik 2021 menggunakan akun yang kalian gunakan untuk mendaftar aplikasi Dapodik 2021.
  • Jika sudah Anda buka, kemudian langkah selanjutnya adalah pilih menu Validasi.
  • Tahap selanjutnya, pada laman Validasi Anda pilih sub menu Validasi Lokal guna memastikan bahwa seluruh data Sekolah baik itu data Sara dan Prasarana, GTK, Siswa, Rombel dan Jadwal, Kegiatan Belajar, Nilai serta Referensi tidak ada yang invalid.
  • Kemudian, tahap selanjutnya adalah klik menu “pengaturan“. Dalam halaman menu pengaturan Anda pilih tombol “Tukar Akses Pengguna“. Seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Sinkron Dapodik 2021
  • Jika sudah, Anda akan diarahkan ke kolom yang akan digunakan untuk mengisikan “Kode Registrasi Sekolah” kemudian klik tombol “Oke“. Seperti pada gambar dibawah ini.

Baca Juga : Cara Cetak SPTJM DAPODIK

Cara Sinkron Dapodik 2021
  • Setelah itu, Anda cari Identitas Kepala Sekolah dari Sekolah tempat Anda bekerja. Jika sudah, Anda klik tombol “Tukar Pengguna“.
Cara Sinkron Dapodik 2021
  • Kemudian, setelah proses penukaran selesai, silahkan Anda lakukan Validasi Lokal kembali guna memastikan bahwa tidak ada data yang statusnya invalid.
  • Jika sudah, pilih menu “Sinkronisasi” dan akan muncul menu seperti dibawah ini. Kemudian klik tombol “Ya” dan klik tombol “Lanjut“.
Cara Sinkron Dapodik 2021
  • Pada tahap selanjutnya kalian klik tombol “Tampilkan“. Setelah itu data-data yang terdapat dalam aplikasi Dapodik akan muncul. Jika sudah Anda beri tanda “Centang” pada seluruh data tersebut.
Cara Sinkron Dapodik 2021
  • Setelah selesai Anda centang, kemudian klik tombol “Konfirmasi Isian Data” sambil kalian cek kebenaran datanya, jika sudah yakin benar maka lanjutkan dengan klik lagi tombol “Lanjutkan Sinkronisasi” dan pilih tombol “Lanjut” Lagi.
Cara Sinkron Dapodik 2021
  • Apabila sudah, pada laman selanjutnya Anda pilih tombol “Sinkronisasi” dan tunggu sampai proses tersebut selesai. Setelah selesai cek kembali data-data yang dikirim. Sampai sini proses Sinkronisasi Dapodik 2021 telah selesai.

F.A.Q

Sinkronsasi Dapodik adalah?

Sinkronisasi Dapodik merupakan sebuah proses untuk melakukan penyesuain data yang dilakukan dalam aplikasi Dapodikdasmen dengan data yang berasal dari server pusat. 

Mengapa penting melakukan Sinkronisasi Dapodik?

Sebab terdapat beberapa program pendidikan seperti Dana BOS, PIP, Sertifikasi Guru yang mana untuk melakukan pencaian dananya harus melalui hasil Sinkronisasi Dapodik.

Penyebab gagalnya proses Sinkronisasi adalah?

1. Belum melakukan Validasi.
2. Server sedang mengalami maintenance.
3. koneksi internet yang tidak stabil.
4. Server sibuk

Nah itu dia, langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk melakukan Sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik 2021 b. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya sobat.

Baca Juga : Cara Download Prefill PMP

Related posts: