Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik

Posted on

Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik – Banyak sekali pertanyaan yang ditujukan kepada aplikasi Dapodik. Salah satunya adalah Bagaimana Cara Mengetahui atau Mencari Kode Registrasi? Sebab, kode tersebut sangat diperlukan ketika akan memasang aplikasi Dapodik baru serta saat akan mendownload Data Prefill terbaru.

Tanpa kode tersebut, tentunya Anda tidak bisa masuk ke dalam aplikasi Dapodik. Tidak hanya itu saja, proses registrasi pun tidak dapat dilakukan, apabila hanya mempunyai user name dan juga password saja. Anda juga tidak dapat mendownload data prefill jika tidak memiliki Kode Registrasi.

Nah, dalam ulasan kali ini, RumuRumus.com akan membagikan materi yang wajib hukumnya diketahui dan dipelajari oleh setiap operator sekolah, yaitu Cara Mencari Kode Registrasi pada aplikasi Dapodik.

Jika difikir, seharusnya Operator Sekolah telah memiliki kode tersebut. Akan tetapi karna suatu hal lain yang telah terjadi, seperti lupa kode Registrasi mereka dan lain sebagainya. Membuat operator sekolah wajib mengetahui bagaimana cara untuk mencari kode tersebut.

Apa itu Kode Registrasi?

Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik

Kode Registrasi merupakan sekumpulan angka unik yang memiliki fungsi untuk memuat data-data sekolah. Artinya, antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya tidak akan memiliki kode yang sama. Selain itu, Kode Registrasi juga memiliki beberapa kegunaan lain, diantaranya adalah :

  • Diperlukan ketika akan melakukan pendownloadan terhadap Prefill dapodik dan juga Prefill Rapor.
  • Dibutuhkan ketika akan melakukan instalasi aplikasi Dapodik baik secara online maupun offline.
  • Digunakan pada saat akan melakukan proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodik.
  • Digunakan untuk melihat data individu sekolah dalam progres pengiriman.

Kode ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah untuk sekolah yang sudah mendaftar pada PDSP-K serta mempunyai NPSN.

Baca Juga :

Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik

Seperti yang telah dibicarakan di atas, bahwa pada kesempatan hari ini, RumusRumus.com akan menyampaikan ulasan mengenai Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui, Kode Registrasi. Diantaranya adalah :

  • Pertama-tama, Anda buka windows explorer yang terdapat di bagian pojok kiri laptop atau komputer Anda. Lalu klik “File Explorer”. Disini saya menggunakan windows 10.
Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik
  • Setelah itu, buka Direktori C/System C:, lalu klik “Program File (x86)”.
Cara Mengetahui Kode Registrasi Dapodik
  • Kemudian, cari dan buka folder Dapodik.
Kode Registrasi Dapodik 2021
  • Lalu, lakukan doble klik pada file Webserver.
Cara Mencari Kode Rgistrasi Dapodik 2021
  • Setelah itu, lakukan double klik lagi pada file “Logs”.
Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik
  • Selanjutnya, klik satu kali pada file “Access.log”, lalu klik kanan pada file tersebut. Setelah itu klik “Open with Notepad”.
Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik
  • Apabila, sudah berhasil masuk kealam file Access.logs, kemudian cari teks “Kode_Reg” dengan cara memencet tombol Ctrl+F secara bersamaan pada keyboard laptop Anda. Daaan kode registrasi pun berhasil ditemukan.

F.A.Q

Apakah satu Kode Registrasi Dapodik bisa digunakan untuk dua sekolah?

Tidak bisa, sebab satu kode registrasi hanya bisa dipakai oleh satu sekolah saja. Jika dipakai untuk dua sekolah, akibatnya bisa fatal dan data dari kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu.

Kode Registrasi boleh diubah atau tidak?

Boleh, tapi dengan alasan demi keamanan data, dan sekolah bisa melakukannya melalui Dinas Pendidikan Kab/Kota diwiliyah sekolah itu berdiri.

Fngsi dari Kode Registrasi Dapodik adalah?

1. Diperlukan ketika akan melakukan pendownloadan terhadap Prefill dapodik dan juga Prefill Rapor.
2. Dibutuhkan ketika akan melakukan instalasi aplikasi Dapodik baik secara online maupun offline.
3. Digunakan pada saat akan melakukan proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodik.
4. Digunakan untuk melihat data individu sekolah dalam progres pengiriman.

Cukup sekian ulasan materi dari saya, semoga pembahasan kali ini bermanfaat ya sobat.

Related posts: