Contoh Pidato Kenakalan Remaja

Posted on

Contoh Pidato Kenakalan Remaja – Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui beberapa contoh pidato dengan tema berbeda-beda. Kali ini kita juga akan membahas pidato yang berbeda dari tema sebelumnya, yaitu  contoh pidato kenakalan remaja. Kalian sendiri sudah tahu kan bagaimana kenakalan remaja saat ini? yang semakin kesini semakin besar adanya kenakalan remaja.

Contoh Pidato Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja sendiri merupakan suatu perbuatan, tindakan, kelakuan yang melanggar norma, aturan, ataupun hukum yang diterapkan dalam masyarakat, lazimnya dilakukan oleh remaja atau anak-anak yang menuju kedewasaan. Untuk itu marilah kita simak beberapa contoh pidato kenakalan remaja dibawah ini.

Beberapa Teks Pidato

Contoh 1 :

Assalamualaikum.Wr.Wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Alloh yang telah melimpahkan banyak sekali rahmat dan hidayahnya, sehingga kita bisa berkumpul di acara perpisahan sekolah ini.

Sholawat dan salam tak lupa kita curah limpahkan kepada Nabi Agung Muhammad ﷺ, beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang setia mengikuti jalannya. Semoga kita semua mendapat syafa’atnya kelak di yaumul hisab. Aamiin..aamiin..aamiin.

Yang saya hormati,

Bapak kepala sekolah SMKN 1 Bungasari
Para guru dan staf SMKN 1 Bungasari
Teman-teman dan Khususnya siswa-siswi SMKN 1 Bungasari
Para orang tua / wali murid yang sudah hadir dalam acara ini.

Pada kesempatan ini, berdirinya saya dihadapan kalian agar mewakili seluruh siswa SMKN 1 Bungasari kelas XII untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.

Banyak hal yang ingin saya sampaikan tentang betapa bersyukurnya kami, bahagia dan bangganya karena bisa menjadi bagian dari keluarga besar SMKN 1 Bungasari ini.

Saya secara pribadi mengucapkan banyak sekali terima kasih atas jasa-jasa guru yang telah mengajarkan kami banyak sekali pelajaran selama ini. Tidak hanya pelajaran diakademik, tetapi lebih penting dari itu ialah pelajaran tentang kehidupan dan bagaimana kita hidup di masyarakat.

Teruntuk teman-temanku, tidak terasa kita sudah melewati tiga tahun yang luar biasa di tempat yang luar biasa ini. Banyak sekali kenangan-kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan hingga tua nanti.

Saya berpesan kepada teman-teman, perpisahan ini bukan akhir dari perjuangan kita. Perjuangan yang sebenarnya baru akan kita mulai. Saya yakin kita semua memiliki cita-cita, maka dari itulah kita berjuang bersama-sama untuk bisa menggapai cita-cita tersebut, pastinya dengan cara yang baik.

Kami juga memohon maaf kepada semua guru dan staff jika dalam kurun waktu tiga tahun banyak melakukan kesalahan dan pelanggaran baik yang disengaja maupun tidak. Maafkanlah segala kenakalan dan sikap kami yang telah membuat kalian marah.

Akhir kata,

Semua cerita di sekolah ini telah berakhir. Canda, senyum, cinta, kebahagiaan, dan semua momen akan menjadi akhir yang menyedihkan. Namun, saya selalu senang karena telah memiliki waktu untuk mengenal,bertemu dan lebih dekat dengan kalian disini teman teman terbaikku, guru guruku, keluargaku. Terimakasih telah membuat aku menjadi sosok manusia yang sebenarnya.

Waalaikumsallam.Wr.Wb

Contoh 2 :

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas beribu nikmat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul diruang ini dalam keadaan sehat walafiat di hari berbahagia ini.

Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita semua dari zaman kegelapan sampai ke zaman terang benderang ini.

Kepada Yth. Bapak Zulfikar yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya sayangi dan banggakan.

Kita mengetahui bahkan menyadari saat ini begitu banyak yang telah terjadi yang disebut kenakalan remaja. Aneka perbuatan negatif atau menyimpang yang dilakukan oleh para remaja sepertinya dianggap oleh mereka seperti biasa-biasa bahkan ada yang menganggapnya sebagai sebuah kebanggaan. Mereka mengatakan hal tersebut menunjukkan simbol sebuah keberanian. Ini tentu sangat memprihatinkan. 

Inilah masalah sosial yang menjangkit para remaja kita saat ini yakni perilaku menyimpang yang sering disebut kenakalan remaja. 

Adapun penyebab masalah kenakalan remaja bisa bermacam-macam. Hal paling mendasar kesalahan orang tua atas cara mendidik dan mengajarkan, orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga anak kurang diperhatikan. Bisa juga karena tidak tepatnya dalam memilih teman ataupun lingkungan pergaulan yang terlalu bebas sehingga dapat menyebabkan terjerumusnya dalam pergaulan yang salah. Ada satu hal di kehidupan remaja saat ini yaitu jika memiliki banyak kawan merupakan satu bentuk yang sangat membanggakan untuk dipamerkan atau diperlihatkan.

Memang tidak ada salahnya jika kita mempunyai banyak kawan, tetapi kita harus pandai memilah-milah bagaimana perilaku teman yang salah dan mana perilaku teman yang baik dan benar untuk dicontoh atau ditiru.

Ada banyak sekali macam-macan perilaku menyimpang remaja seperti mulai mengenali rokok dan narkoba yang awalnya hanya coba-coba tapi rasa mencoba itu akan membuat kita menjadi ketagihan sehingga susah untuk berhenti dari ketergantungan rokok atau narkoba tersebut, yang menyebabkan kita sakau dan untuk menghentikan ketergantungan tersebut harus dengan cara  di rehabilitasi (untuk pecandu narkoba). Dan begitu banyak lagi perilaku-perilaku menyimpang remaja lainnya, sebagai contoh : geng motor, suka tawuran, mabuk-mabukan dan lainnya.

Ayoo ! kita jauhi perilaku menyimpang itu karena akan merugikan diri sendiri, alangkah baiknya kita gunakan masa-masa remaja kita dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, orangtua dan juga bangsa.

Teman-temanku yang saya banggakan,

Walaupun orang tua kita tidak mengajarkan secara penuh agar kalian menjadi orang baik tetapi keinginan mereka sudah pasti ingin anak-anaknya menjadi orang yang baik-baik karena tidak ada satu orang tua yang menginginkan anaknya berperilaku buruk.

Maka dari itu tidak perlu kalian menyalahkan orang tua atau pun orang lain tetapi diri kalian sendirilah yang harus memulai menjaga diri dan bisa memilah mana yang baik ataupun buruk.

Pilihlah lingkungan dan teman-teman gaul secara selektif, Jangan asal senang. Jika lingkungan itu sendiri menjerumuskan yang tidak baik kalian lebih baik tidak mendekatinya sama sekali. Banyak tempat gaul yang positif yang bisa kalian pilih baik di sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.

Sekian yang saya sampaikan dalam pidato ini, kalau ada kesalahan tutur kata saya memohon maaf. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: