Contoh Teks Biografi

Posted on

Contoh Teks Biografi – Setelah kita mengetahui masing-masing penjelasan mengenai berbagai teks diartikel sebelumnya. Untuk lebih memahaminya, disini kita akan memberikan beberapa contoh agar anda tidak keliru serta dapat membedakannya terhadap jenis teks yang lainnya. Berikut beberapa contoh teks biografi pada artikel ini.

contoh teks biografi

Teks Biografi Tentang Tokoh

foto bj habibie

BJ Habibie

BJ Habibie merupakan presiden Republik Indonesia ketiga yang lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936. Ia merupakan putra keempat dari delapan bersaudara pasangan suami istri Bugis Jawa yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Pernikahannya dengan Asri Ainun Habibie pada 12 Mei 1962 dikaruniai dua orang anak yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare. Pada hal ini, Ayahnya meninggal dunia pada 3 September 1950 dikarenakan sebuah serangan jantung yang menimpanya. Setelah kematian Ayahnya, Ia pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Semasa sekolah, prestasinya sangat menonjol terutama di bidang-bidang eksakta.

Setalah menamatkan SMA nya, Ia melanjutkan studinya di Universitas Indonesia Bandung (sekarang ITB). Kemudian setelah lulus, Habibie terbang ke Jerman untuk belajar di Technische Hochschule Jerman. Gelar diploma diraih Habibie pada tahun 1960 kemudian menyusul gelar doktor di tempat yang sama pada 1965.

Habibie merupakan tokoh yang genius, penuh kontroversi namun dikagumi. Bagaimana tidak? Beliau hanya membutuhkan waktu 1 tahun untuk menyelesaikan kuliahnya di Universitas Indonesia. Disamping hal itu, ia membutuhkan waktu 10 tahun untuk meraih gelar doktor dimana sebagai predikat summa cumlaude.

Baca Juga : Contoh Teks Negosiasi

Setamat kuliah Ia bekerja di perusahaan pesawat terbang terkemuka di Jerman yaitu MMB GMBH. Semasa mendedikasikan hidupnya di industri pesawat terbang dirinya pernah memperoleh penghargaan bergengsi yaitu Theodore Van Karman Award. Melihat sepak terjangnya, Soeharto pun memanggilnya pulang ke Indonesia.

Semasa berada di lingkup kekuasaan Soeharto, Habibie pernah memegang beberapa jabatan penting. Di antaranya ialah pada Menteri Negara Ristek, Kepala BPPT hingga sampai dengan wakil Presiden RI. Setelah Soeharto lengser, Mahkamah Agung mengukuhkan Habibie menjadi Presiden ketiga RI. Keputusan Mahkamah Agung jugalah yang melengserkan kekuasaannya menyusul kasus Timor Timur.

Habibie dianggap mengecewakan banyak pihak ketika mengatasi persoalan Timor Timur. Dalam persoalan ini, Habibie memang memberikan opsi kembali ke RI atau memilih merdeka kepada rakyat Timor Timur melalui jajak pendapat. Hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa rakyat Timor Timur ingin merdeka. Akhirnya, pertanggung jawaban Habibie ditolak oleh MPR dan resmi diberhentikan.

Teks Biografi Tentang Artis

foto cornelia agatha

Cornelia Agatha

Cornelia Agatha atau biasa disapa Lia lahir di Jakarta, 11 Januari 1973. Namanya mulai populer di panggung hiburan Indonesia ketika memerankan karakter gadis kaya bernama Sarah dalam serial TV Sis Doel Anak Sekolahan. Lia mengawali kariernya pada dunia modeling, dimana lewat ajang cover girl serta menjadi suatu model dari sejumlah produk yang diendorse nya.

Tak cukup puas berkecimpung di dunia modeling, Lia pun akhirnya mulai merambah dunia pada seni peran. Karier filmnya dimulai pada tahun 1992 dengan membintangi film remaja berjudul Lupus. Menyusul kemudian film Elegi Buat Nana, Rini Tomboy, Detik Terakhir, Jatuh Cinta Lagi, Janji Matahari dan yang terbaru Si Doel The Movie.

Beberapa penghargaan telah diperolehnya saat berkarier di dunia hiburan Indonesia. Beberapa penghargaan tersebut di antaranya adalah aktris terpuji Forum Film Bandung (FFB) 2002 dalam perannya di sinetron Perempuan Pilihan. Penghargaan nominasi aktris terbaik juga pernah didapatnya dalam ajang FFI 2002 “Rini Tomboy”, FFI 2005 “Detik Terakhir” dan Piala Vidia 2004.

Baca Juga : Contoh Teks Sejarah

Cornelia Agatha memulai kehidupan rumah tangganya dengan menikahi Sonny M. Lawlani pada 18 Maret 2006 di Hongkong. Dari pernikahannya ini, Lia dikaruniai dua orang anak yang lahir pada 7 Desember 2006. Kedua anak tersebut akhirnya diberi nama Makayla Athaya Lawlani dengan Tristan Athala Lawlani. Tetapi, begitu disayangkan karena Lia telah menggugat cerai suaminya saat November 2012.

Teks Biografi Tentang Ibu

foto-ibu

Ibuku

Saya mempunyai Ibu yang bernama Mardiyah. Ibu saya merupakan anak bungsu (anak terakhir) dari 5 bersaudara. Ibu saya lahir pada tahun 1975, saya merupakan anak kedua dari 4 saudara, saya lahir tepat pada tanggal 05 November 1998. Kondisi keluarga kami begitu bahagia dengan penuh canda tawa.

Ayah dan ibu saya merupakan seorang yang pekerja keras. Ibu saya seorang yang setia mendampingi ayah, dimulai dari nol sampai sekarang sukses. Perjuangan mereka dalam mengarungi kehidupan yang penuh liku-liku, susah senang bareng-bareng telah dilewati puluhan tahun lamanya.

Ibu saya sangat mencintai anaknya, selalu menjaga anak-anaknya saat ayah sedang bekerja, bahkan sering mendampingi melakukan pekerjaan mulai dari berdagang dengan orang lain sampai mendirikan usaha sendiri.

Walaupun ayah sangat sibuk dengan pekerjaannya, ayah tetap memperhatikan keluarga ini dengan baik. Kedua orangtua saya tetap menyempatkan diri untuk berlibur atau quality time bersama-sama. Kami sering berlibur ke tempat-tempat yang indah serta kekinian. Namun, tidak jarang juga kami berlibur ke luar negeri seperti London, India, Jepang, Singapur dan beberapa tempat lainnya. Saya merasa bersyukur mempunyai kedua orangtua seperti mereka, terutama ibu.

Baca Juga : Contoh Teks Observasi

Apa yang dimaksud teks biografi ?

Teks Biografi merupakan suatu bentuk teks dimana berisi mengenai sebuah kisah maupun cerita suatu tokoh didalam mengarungi kehidupannya.

Sebutkan bentuk teks biografi berdasarkan dari sisi penulis !

1. Autobiografi
2. Biografi

Bagaimana alur yang digunakan didalam teks biografi ?

Umumnya menggunakan sebuah alur maju, yaitu dimulai dari peristiwa masa lalu ke masa kini atau sekarang.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung tentang contoh teks biografi artikel dan lain lain, Maka makalah teks biografi ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel contoh teks biografi, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Contoh Teks Biografi Rating: 5 Diposkan Oleh: Author RumusRumus.com