Kegunaan Informasi Akuntansi Bagi Pihak Internal

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Kegunaan Informasi Akuntansi Bagi Pihak Internal Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

kegunaan informasi akuntansi bagi pihak internal

Kegunaan Informasi Akuntansi Bagi Pihak Internal

Jawaban

Suatu akuntansi begitu dibutuhkan baik pada pihak internal (dalam) maupun pihak eksternal (luar) dimana sebagai sebuah sistem informasi. Disamping itu, ada juga pihak – pihak yang membutuhkan informasi akuntansinya dengan beberapa alasan tertentu, diantaranya ialah sebagai berikut :

Pihak Internal

Berikut beberapa alasan dalam pihak internal ialah :

1. Manajer

Si manajer perusahaan tentu membutuhkan informasi akuntansi agar dapat mengevaluasi kemajuan dimana telah dicapai perusahaan serta dapat menindaklanjuti tanggungjawabnya untuk melaksanakan kegiatan perusahaan atau usaha si pemilik.

2. Pemilik / Owner Usaha,

Agar si pemilik mengetahui apakah usahanya telah berjalan secara baik atau tidak, efektif atau tidak serta lainnya. Dengan begitu, pemiliki atau owner perlu mengetahui posisi keuangan investasi, keluar masuknya uang atau transaksi.

Jika sudah mengetahuinya bandngkanlah denngan informasi tahun atau periode sebelumnya agar terlihat pencapaian atau penurunan perusahaan yang terjadi selama kurun waktu periode tersebut.

Pihak Eksternal

Berikut beberapa alasan dalam pihak eksternal ialah :

1. Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah membuthuhkan informasi tersebut agar dapat menetapkan besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan itu dimana sesuai dengan penghasilannya dan juga agar memastikan apakah perusahaan sudah memberi upah karyawannya yang sesuai terhadap peraturan yang tengah berlaku atau sebaliknya.

2. Otoritas Pajak

Informasi ini dibutuhkan agar dapat menentukan krediblitas pajak, sehingga perusahaan harus menyertakan informasi keuangan supaya bisa dilihat rekam jejak keuangan perusahaan tersebut dimasa mendatang atau saat dibutuhkan.

3. Investor

Sebagai seorang dimana menanamkan modal pada sebuah perusahaan, ia tentu akan membutuhkan data akuntansi dalam sebuah perusahaan yang akan diajak bekerjasama nantinya.

Hal ini dilakukan untuk menganalisis perkembangan organisasi dimana berkaitan agar mengukur kemampuan perusahaan maupun prospek perusahaan dimasa yang akan datang, apakah perusahaan tersebut dapat menguntangkan bagi investor maupun sebaliknya sehingga nantinya tentu akan menjadi bahan pertimbangan investor itu untuk menanamkan modalnya.

4. Kreditor

Para kreditor berkepentingan dengan data akuntansi sebuah perusahaan dimana bentuk mengajukan kredit untuk pemberian kredit terhadap calon nasabahnya apakah bisa mengembalikan pokok pinjaman terlebih dengan bunganya pada waktu yang tepat maupun sebaliknya tidak.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: