Contoh Teks Observasi

Posted on

Contoh Teks Observasi – Setelah kita mengetahui masing-masing penjelasan mengenai berbagai teks diartikel sebelumnya. Untuk lebih memahaminya, disini kita akan memberikan beberapa contoh agar anda tidak keliru serta dapat membedakannya terhadap jenis teks yang lainnya. Berikut beberapa contoh teks observasi pada artikel ini

contoh teks observasi

Tentang Tumbuhan Yang Langka

Indonesia merupakan negara yang kaya akan seumber daya alamnya. Berbagai jenis tumbuhan hidup di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia dikenal sebagai negara yang subur karena berada pada iklim tropis.

Disamping hal itu, masih terdapat beberapa spesies tumbuhan yang akan terancam punah. Karena hal ini disebabkan sebuah aktivitas manusia dalam melakukan sebuah penebangan hutan secara liar, perubahan iklim, serta lain sebagainya yang mempengaruhinya.

Beberapa tumbuhan langka tersebut, letak umumnya berada di Indonesia serta begitu sulit sekali ditemukan, maka perlu adanya sebuah perhatian khusus untuk melestarikan tanaman langka tersebut.

1. Bunga Bangkai

Bunga bangkai mempunyai nama latin rafflesia arnoldy dan memiliki ukuran yang lebih besar serta mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting sebagai perlindungan dan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu proses penyerbukan.

Bunga bangkai berhabitat asli di hutan sumtera. Akan tetapi saat ini mulai di konservasikan di banyak tempat seperti di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung. Dalam perkembangannya bunga ini mampu menjulang tinggi sampai pada ketinggi 4 meter.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi

Pada saat bunga ini mekar, bagian pada kelopak luarnya akan berwarna putih sedangkan mahkotanya berwarna merah tua keunguan.

Walaupun mempunyai ukuran yang cukup besar serta terlihat sangat kokoh, ternyata bunga ini hanya mampu bertahan selama 7 hari, dan kemudian akan mati. Oleh karenanya, tumbuhan ini di kategorikan sebagai tumbuhan yang langka.

2. Tumbuhan Damar

Dahulu kala, tumbuhan ini sangat mudah ditemukan pada beberapa daerah di Indonesia, seperti : di Ternate, Lampung, serta Samar. Pada masa pertumbuhannya, pohon damar bisa mencapai ketinggian sekitar kurang lebih 60 meter.

Tumbuhan damar ini menjadi begitu semakin langka, hal ini disebabkan oleh pengeksplotasian secara berlebihan yang dilakukan oleh oknum-oknum. yang tidak bertanggung jawab atas hal tersebut. Nah tahukah anda bahwa getah pada pohon damar ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kaca, vernis, serta cairan pelapis kertas.

3. Kantong Semar

Kantong semar adalah sebuah tumbuhan karnivora dimana tumbuhan yang hidup dengan memakan serangga-serangga kecil, seperti : lalat, semut, lebah, serta yang lainnya. Tumbuhan ini dapat memangsa serangga dengan cara membuka kantung mulutnya secara lebar-lebar.

Saat ada serangga yang masuk ke dalamnya, tumbuhan ini akan langsung menutup kelopaknya dengan menyerupai sebuah mulut. Tumbuhan kantong semar ini mulai di konservasikan pada berbagai daerah yang terdapat di Indonesia, dimana dengan tujuan agar tumbuhan ini tidak punah serta tetap terjaga kelestariannya.

4. Pohon Ulin

Pohon ulin juga umumnya disebut dengan nama kayu besi. Pohon ulin merupakan tumbuhan endemik dari pulau Kalimantan.

Pohon ulin dikenal dengan kualitas kayunya yang sangat kuat sehingga banyak digunakan untuk bahan kontruksi bangunan. Salah satu penyebab hampir punahnya pohon ulin ialah akibat penebangan secara liar serta eksploitasi secara berlebihan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

5. Pohon Cendana

Pohon cendana merupakan sebuah jenis pepohonan dimana memiliki banyak manfaat yang terkandung, diantaranya yaitu sebagai bahan baku pembuatan dupa, rempah-rempah, aroma terapi, serta yang lainnya.

Hal ini menyebabkan pohon cendana banyak di eksploitasi. Selain itu tanaman ini tidak mudah untuk di budidayakan, sehingga membuat populasi pohon cendana semakin berkurang dan hampir terancam punah.

Baca Juga : Contoh Teks Negosiasi

6. Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan tanaman yang masih satu rumpun dengan bunga anggrek yang mempunyai berat lebih dari 1 ton dengan panjang bisa mencapai 3 meter. Karena ukurannya yang besar, anggrek tebu juga biasa disebut dengan anggrek raksasa.

Bunga anggrek tebu sangat sedikit keberadaannya. Hal ini dikarenakan sebuah anggrek tebu yang sulit untuk dilakukan budidaya. Dengan hal itu, tanaman ini termasuk ke dalam salah satu tanaman langka di Indonesia.

Kebersihan Lingkungan Komplek Perumahan

Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang sehat, dengan begitu tidak mudah di serang oleh berbagai macam penyakit.

Sebuah kondisi kebersihan lingkungan di komplek perumahan sangat baik, Selokan selalu terpelihara secara baik dan tidak tersumbat oleh sampah. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di setiap rumah warga. Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga sangat terawat sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Petugas kebersihan selalu mengambil sampah setiap tiga kali sehari. Selain itu setiap satu bulan sekali masyarakat komplek perumahan selalu melakukan kerja bakti untuk membersihkan selokan dan rumput-rumput liat yang terdapat disekitar komplek tersebut.

Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan apabila kita selalu membudayakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan benyak manfaat bagi manusia khususnya untuk diri kita sendiri. Kita dapat menjalankan berbagai aktivitas hidup yang sehat dan produktif.

Baca Juga : Contoh Teks Sejarah

Apa yang dimaksud teks observasi ?

Observasi sendiri ialah salah satu teknik pada teknik pengumpulan data dimana umumnya digunakan dalam suatu penelitian tertentu.

Sifat apa yang terdapat pada teks observasi ?

1. Bersifat Informatif
2. Bersifat Komunikatif
3. Bersifat Objektif

Bagaimana struktur utama pada teks observasi ?

1. Pernyataan Umum/Klasifikasi
2. Anggota/Aspek

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung tentang contoh teks observasi artikel dan lain lain, Maka makalah teks observasi ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel contoh teks observasi, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Contoh Teks Observasi Rating: 5 Diposkan Oleh: Author RumusRumus.com