Diagram Batang

Posted on

Diagram Batang – Salah satu cabang ilmu matematika adalah statistik, yaitu ilmu tentang pengumpulan, pemrosesan dan penyajian data. Ada beberapa cara untuk menampilkan data. Salah satunya adalah penggunaan diagram batang.

Diagram ini merupakan diagram persegi panjang yang mewakili frekuensi nilai data tertentu. Semakin tinggi frekuensi, semakin panjang persegi panjang yang diwakilinya.

Selain itu, diagram batang juga sering digunakan untuk mewakili data tunggal atau kelompok dan berguna dalam menentukan tingkat fluktuasi data.

Pengertian Diagram Batang

Diagram batang atau diagram balok adalah grafik yang menunjukkan angka atau set dalam bentuk persegi panjang atau bujur sangkar.

Secara umum, grafik batang menggambarkan sebuah perubahaan nilai – nilai objek atau data penelitian selama periode waktu tertentu.

Grafik batang menunjukkan bahwa batang vertikal dan horizontal dan memiliki lebar yang sama dengan batang yang dipisahkan.

Atau bisa juga diartikan demikian.

Diagram batang adalah grafik yang mewakili data dalam bentuk persegi panjang vertikal atau horizontal. Diagram ini, umumnya digunakan untuk menggambarkan kinerja objek pencarian selama periode waktu tertentu.

Bagan batang akan menampilkan informasi dengan batang vertikal atau horizontal dan memiliki lebar yang sama dengan batang yang terpisah.

Ada dua jenis diagram batang, yakni diagram batang vertikal atau tegak dan horizontal atau datar.

Beberapa bentuk diagram balok, antara lain :

  • Memiliki satu komponen bahkan lebih
  • Memiliki dua arah dalam penampilannya
  • Tampilan dengan tiga dimensi
  • dan lainnya berdasarkan variasi atau tergantung pada pemakainya.

Langkah – langkah untuk membuat diagram ini pada suatu data ialah :

  • Atur sumbu secara horizontal (datar) dan vertikal (tegak).
  • Untuk grafik batang vertikal, tulis nilai atau nama data pada sumbu horizontal dan frekuensi setiap nilai atau nama tersebut pada sumbu vertikal. Sedangkan untuk grafik batang horizontal, tulis nilai atau nama data pada sumbu vertikal dan tulis frekuensi masing – masing nilai atau nama tersebut pada sumbu horizontal dan buatlah label pada kedua sumbu.
  • Buat persegi panjang yang cocok dengan nilai atau nama setiap data dengan frekuensinya.
  • Beri nama diagram balok tersebut berdasarkan data yang disediakan.

Untuk mengilustrasikan cara membuat bagan batang, pertimbangkan contoh berikut. Misalnya, data penjualan buku di toko selama beberapa bulan mendatang.

Bulan penjualan Januari Februari Maret April Mei
Buku yang terjual 20 15 33 24 10

Dari data penjualan di atas, maka tampilan dari diagram ini adalah sebagai berikut :

Diagram Batang Vertikal atau Tegak

Untuk grafik batang vertikal, tulis nilai atau nama data pada sumbu horizontal dan frekuensi setiap nilai atau nama tersebut pada sumbu vertikal.

diagram batang vertikal

Diagram Batang Horizontal

Sedangkan untuk grafik batang horizontal, tulis nilai atau nama data pada sumbu vertikal dan tulis frekuensi masing – masing nilai atau nama tersebut pada sumbu horizontal

diagram batang horizontal

Tujuan Pembuatan Diagram Batang

Tujuan pembuatan menggunakan diagram ini adalah guna memudahkan pembaca untuk melihat data dengan cara yang lebih sederhana. Selain itu, biasanya digunakan untuk menggambarkan kinerja objek penelitian selama interval waktu tertentu.

Contoh Soal 1

Setelah pelaksanaan sensus penduduk di suatu kelurahan, maka diketahui jumlah warga dalam setiap RT adalah sebagai berikut :

RT 01 : Pria = 70 jiwa, Wanita = 90 jiwa
RT 02 : Pria = 60 jiwa, Wanita = 80 jiwa
RT 03 : Pria = 60 jiwa, Wanita = 75 jiwa
RT 04 : Pria = 40 jiwa, Wanita = 65 jiwa

Jika Data tersebut dibuat dalam diagram batang, maka akan menjadi seperti ini :

Batang Vertikal

Batang Horizontal

Contoh Soal 2

Jika dalam suatu SMK N 5 terdapat data murid sebagai berikut :

Kelas Jumlah Siswa
X 400
XI 340
XII 295

Buatkan diagram vertikal dan horizontal, sesuai dengan data di atas!!

Batang Vertikal

contoh soal diagram batang vertikal

Batang Horizontal

contoh soal diagram batang horizontal

Itulah penjelasan tentang apa itu Diagram Batang, pengertian, vertikal dan horizontal, tujuan pembuatannya, disertai contoh soal.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam pengerjaan tugas – tugas sekolah. Tetap nantikan tips dan trik, ilmu – ilmu lainnya, serta rumus pada artikel berikutnya.

Sampai Jumpa!!

Baca Juga :