Fauna Peralihan

Posted on

Fauna Peralihan – Selamat datang kembali, berjumpa lagi dengan saya. Setelah artikel sebelumnya saya sudah mengulas tentang Fauna Asiatis dan Fauna Australis, maka sekarang saya akan mengulas tentang makalah materi pengertian, ciri ciri, gambar, dan contoh hewan Fauna Peralihan

Sebelum kita membahas lebih jauh, saya akan mengingatkan sedikit tentang apa itu fauna asiatis dan fauna australis.

Fauna Asiatis merupakan jenis hewan yang dapat ditemukan di wilayah barat Pulau Sunda, terutama badak bercula satu, orangutan dan lain – lain.

Sedangkan Fauna Australis ialah wilayah penyebaran hewan atau fauna yang habitat terbesarnya berada di Australia, yang sebagian besar beriklim tropis dan sebagian beriklim sedang.

Dalam suatu daerah merupakan penyebaran fauna, kebanyakan dari mereka memiliki kondisi tropis dan lingkungan yang sedang atau iklim sedang, karena di lingkungan ini sangat memadai untuk penyebaran fauna, sehingga memiliki spesies dan karakteristik yang berbeda – beda.

Untuk pemahaman yang lebih baik, saya akan mengulas lebih jauh lagi tentang fauna peralihan.

Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Fauna Peralihan

Fauna peralihan adalah jenis fauna yang memiliki peralihan atau migrasi. Keberadaan fauna ini karena itu dibatasi oleh suhu meteorologi dan karenanya sulit untuk mereproduksi atau berkembang biak dengan baik.

Fauna ini memiliki jumlah yang cukup besar keberadaannya, sehingga dapat didefinisikan sebagai fauna yang penyebarannya sangat tergantung pada suhu iklim, karena fauna ditemukan di berbagai lokasi terpisah sebagai tempat wisata seperti Asia dan Australia.

Contoh Fauna Peralihan

Spesies fauna tidak menempati banyak di kepulauan beberapa pulau kecil di perairan laut dalam, sehingga banyak dari hewan ini terjadi di wilayah Asia dan Australia.

Penjelasan di atas juga menunjukkan spesies dan contoh fauna peralihan berikut, antara lain ::

1. Anoa

anoa

Anoa adalah hewan yang mirip dengan kerbau, tetapi memiliki tubuh yang lebih kecil atau kerdil. Hewan ini adalah hewan endemik yang habitatnya di Sulawesi, sehingga Anoa dapat dibedakan dalam 2 jenis, yaitu anoa dataran rendah dan anoa gunung.

2. Babi rusa

babi rusa

Hewan ini adalah salah satu spesies endemik yang juga berhabitat di wilayah Sulawesi, karena hewan ini memiliki taring yang menyerupai tanduk, dan dapat digunakan sebagai pencari makanan.

Selain itu, hewan ini juga memiliki tanduk yang melengkung hingga ke bagian atas.

3. Krabuku atau Spectral Tersier

Spectral Tarsier

Krabuku adalah spesies yang lebih mirip kuskus daripada monyet dan memiliki kepala seperti burung hantu yang disebut monyet hantu.

4. Rangkong Sulawesi

rangkong sulawesi

Rangkong Sulawesi adalah spesies hewan dengan mulut panjang dan tanduk di kepalanya. Hewan ini jarang ditemukan keberadaannya, karena hewan ini banyak dicari oleh para pecinta burung.

5. Burung Maleo

burung maleo

Burung Maleo adalah jenis hewan yang menyerupai bapak hutan, dan hewan ini hanya ditemukan di Sulawesi.

6. Komodo

komodo

Komodo adalah salah satu spesies hewan purba yang masih dilestarikan sebagai karnivora dan hanya ada di Pulau Komodo, di wilayah barat Nusa Tenggara.

Ciri Ciri Fauna Peralihan

Banyak pulau fauna sementara menempati area di iklim tropis atau perairan laut dalam, sehingga spesies yang ada di wilayah tersebut mewakili langkah dalam keberadaannya. Dengan demikian, ada beberapa ciri fauna peralihan, antara lain :

  • Hewan endemik, hewan yang hanya ada di Indonesia
  • Hewan – hewan ini mirip dengan spesies di fauna Australis
  • Ada binatang langka
  • Hewan purba yang bisa bertahan hidup dan bereproduksi.
  • Ada berbagai jenis reptil

Bahkan, penyebaran yang termasuk dalam fauna peralihan memiliki bentuk dan karakter hewan yang berbeda, karena kebanyakan dari mereka memiliki banyak di lingkungan tropis, sehingga dalam penyebarannya memiliki batasan iklim yang ada di lingkungan yang berubah ini.

Demikianlah ulasan tentang apa itu Fauna Peralihan disertai dengan contoh fauna dan ciri – cirinya.

Semoga artikel ini, bisa menambah wawasan kalian.

Baca Juga : Fauna Oriental

Related posts: