Fauna Asiatis

Posted on

Fauna Asiatis – Adalah hewan yang dapat ditemukan di wilayah barat Pulau Sunda, terutama badak bercula satu, orangutan dan lain – lain.

Biasanya hewan – hewan yang termasuk kedalam asiatis berkembang biak dan hanya ditemukan di wilayah asia.

Di Indonesia, cukup banyak hewan asiatis yang tersebar di hampir seluruh pulau di Indonesia, antara lain :

  • Pulau Sumatera
  • Pulau Kalimantan
  • Pulau Jawa
  • Pulau Bali
fauna asiatis

Berikut ini adalah hewan – hewan yang termasuk ke dalam fauna asiatis :

1. Gajah

Gajah adalah hewan dengan berat terbesar, bukan contoh jenis reptil. Hewan ini memiliki ciri di hidung panjang. Hidung gajah sering disebut sebagai batang.

Hewan gajah juga memiliki telinga besar dan warna kulit abu-abu. Gajah adalah hewan yang telah diubah menjadi ikon negara oleh Thailand.

Gajah juga memiliki kaki yang sangat kuat dengan rambut kecil di kepalanya. Gajah adalah hewan dari kelompok hewan herbivora di mana hewan ini memakan daun dan tanaman.

Hewan ini juga memiliki suara yang sangat khas. Gajah diburu untuk diambil potongan gading mereka. Kulit gajah yang kasar dan kusut.

Gajah sumatera merupakan habitat yang semakin terancam. Akibatnya, membuat gajah menjadi hewan yang sudah sulit ditemukan keberadaannya.

2. Harimau

Harimau adalah contoh mamalia di bagian atas rantai makanan. Hewan ini adalah predator atau predator.

Harimau juga diburu untuk berpartisipasi dalam kulit. Hewan ini juga memiliki garis – garis hitam dan oranye yang sangat menarik.

Hewan ini sekarang punah dalam spesies harimau jawa lebih besar dari spesies harimau lainnya.

Harimau Jawa telah berkurang dalam pergerakan dan habitat kekuasaan, membuat harimau sering merasa sulit untuk bertahan hidup.

Harimau juga diburu liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Harimau Sumatera masih dapat ditemukan, tetapi juga keberadaan mereka semakin terancam.

Ini adalah masalah serius untuk menyelamatkan predator ini. Jenis harimau Jawa telah diteliti selama 20 tahun dan sejauh ini tidak ada tanda – tanda binatang harimau jawa ditemukan. Keadaan Harimau Jawa telah dinyatakan punah.

3. Badak Bercula 2

Badak bercula dua ditemukan di Sumatera dan bukan termasuk hewan anellide. Hewan ini adalah spesies mamalia yang sulit berkembang biak.

Badak ini termasuk ke dalam hewan herbivora. Herbivora menempati urutan kedua dalam rantai konsumen yang dikonsumsi oleh produsen.

Badak ini juga memiliki ukuran yang sangat besar. Badak memiliki kebiasaan berkubang atau berendam di dalam lumpur.

4. Badak Bercula 1

Di Kebun Binatang Ujung Kulon kalian bisa melihat badak bercula 1. Hewan ini memiliki postur tubuh yang sangat besar.

Populasi badak Jawa belum berkembang sejauh ini. Ini karena wilayah habitat badak terbatas.

Badak sangat sulit ditemukan. Ini karena badak bercula 1 memiliki indera penciuman yang sangat sensitif.

Badak ini juga termasuk dalam kelompok hewan herbivora yang memakan daun. Badak memiliki kaki yang sangat besar. Hewan ini sejauh ini hanya bisa diamati oleh kamera foto.

5. Orangutan

Orangutan adalah hewan yang bisa kalian temukan di hutan Kalimantan. Hewan ini sekarang juga mengalami penyempitan tanah habitat dan populasinya semakin terancam.

Orangutan termasuk hewan mamalia yang tumbuh atau melahirkan dengan cara yang vivipar. Orangutan juga terbunuh karena banyak hutan di Kalimantan telah memenuhi fungsi lain, ini memastikan kelangsungan hidup orangutan. Orangutan hidup berkelompok dan menyendiri.

6. Kancil

Hewan ini adalah hewan yang ditemukan di daerah hutan dataran rendah. Kancil juga merupakan jenis mamalia yang memiliki tubuh kecil. Kancil termasuk ke dalam hewan yang hidup sendiri atau soliter.

7. Beruang Madu

Beruang madu adalah binatang yang memiliki warna rambut hitam yang menutupi seluruh tubuhnya.

Hewan ini adalah hewan yang cukup menakutkan. Hewan-hewan ini termasuk dalam kelompok mamalia yang bereproduksi sebagai anak yang mengandung atau yang vivipar.

8. Burung Beo

Burung beo adalah burung jenis burung yang sangat cerdas, karena dapat meniru apa yang dikatakan majikan mereka. Burung ini juga memiliki banyak spesies.

9. Bekantan

Bekantan adalah binatang yang berasal dari Pulau Kalimantan. Hewan ini memiliki hidung yang luas dan khas.

Selain itu, hewan ini menjadi ikon salah satu tempat wisata di utara Jakarta, yaitu Dufan.

Hewan ini juga termasuk ke dalam hewan endemik yang hanya ditemukan di Kalimantan.

Bekantan termasuk ke dalam famili monyet, dimana mereka hidup secara berkelompok.

Habitatnya terletak di pohon, yang termasuk ke dalam hewan mamalia yang herbivora atau pemakan daun.

Selain itu, hewan ini memiliki rambut berwarna cokelat dan tangannya, memiliki bentuk yang lebih panjang jika dibanding dengan kakinya.

Hewan ini juga termasuk hewan yang dilindungi, karena habitatnya sudah sangat sedikit.

10. Monyet Ekor Panjang

Monyet ekor panjang adalah sekelompok hewan mamalia yang hidup berkelompok. Hewan ini diburu untuk dijadikan pertunjukkan topeng monyet.

Demikianlah pembahasan tentang Fauna Asiatis yang ada di Indonesia. Sejatinya bagi kita, adalah untuk tetap menjaga keseimbangan habitat hewan – hewan tersebut. Agar kelangsungan habitat mereka akan bisa dirasakan sampai anak cucu kita nantinya.

Baca Juga :

Related posts: