Fauna Australis

Posted on

Fauna Australis – Wilayah penyebaran hewan di Australia sebagian besar beriklim tropis dan sebagian beriklim sedang. Berikut ini materi makalah tentang pengertian, ciri ciri, gambar, dan contoh hewannya

Kondisi lingkungan di Australia cukup mengejutkan karena jauh dari benua lain. Satwa liar Australia juga ditemukan di Indonesia, misalnya di Irian Jaya, Maluku dan pulau – pulau kecil di sekitarnya.

Di Indonesia, ada 3 jenis penyebaran fauna, dengan penyebaran yang dibatasi oleh garis wallace dan garis webber.

Setiap jenis penyebaran hewan liar memiliki tipe dan karakteristik yang berbeda. Spesies penyebaran hewan ini adalah fauna Asiatis, fauna Australis dan fauna Peralihan.

Namun pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu jenis hewan Australis.

Jenis hewan Australis mirip dengan jenis satwa di Australia. Satwa Australis di Indonesia, misalnya: kanguru, kasuari, burung cendrawasih dan lain – lain.

Ciri Ciri Fauna Australis

  1. Hewan berkantung
  2. Mamalia kecil
  3. Ada beberapa jenis ikan air tawar
  4. Tidak ada monyet
  5. Ada banyak jenis burung berwarna – warni
  6. Banyak jenis hewan yang bertanduk

Contoh Satwa Australis di Indonesia

1. Burung

  • Burung Kasuari
burung kasuari

Ini adalah burung dengan bulu tebal dan memiliki warna hitam seperti rambut terurai. Kasuari adalah burung yang tidak bisa terbang, jadi ia sama dengan burung unta.

Kasuari memiliki kuku yang tajam dan dapat berguna saat terancam oleh predator.

  • Burung Cendrawasih
burung cendrawasih

Ini adalah burung khas Papua, cendrawasih memiliki bulu yang indah sehingga dapat menarik mata saat kalian melihatnya.

Cendrawasih tak tertandingi dalam keindahan bulunya. Burung cendrawasih yang sama hidup berkelompok atau membangun keluarga.

  • Burung Nuri
  • Raja Udang

2. Katak

katak
  • Katak Air
  • Katak Terbang
  • Katak Pohon

3. Buaya

buaya

4. Biawak

biawak

5. Kadal

kadal

6. Kura – Kura

kura kura

7. Kangguru

kangguru

Kanguru adalah mamalia yang tergantung pada iklim tropis dan memiliki singularitas yang melahirkan bayi pada tahap awal. Selain itu, hewan ini memiliki kaki yang lebih panjang dan menjadikannya sebagai ikon Australia.

8. Beruang

beruang

9. Nokdiak (Landak Papua)

landak papua

Nokdiak atau Landak Papua adalah sejenis mamalia karena hewan ini berkembang biak dengan bertelur. Selain itu, hewan ini juga memiliki tubuh yang penuh duri tajam sebagai pertahanan dirinya dari predator yang ingin memangsanya.

Hewan ini menyerupai landak pada umumnya, yang berat tubuhnya mencapai 10 kg dan yang memiliki habitat di hutan lebat pohon.

10. Kuskus

kuskus

Kuskus adalah mamalia bermasupial dan aktif mencari makanan di malam hari. Hewan – hewan ini tersebar di Indonesia Timur, terutama di wilayah Maluku, Sulawesi dan Papua.

Kuskus sendiri tersebar luas di Australia, ada dua jenis kuskus yang berbeda, yaitu Phalanger tanpa totol dan Spilocuscus dengan totol dan sering disebut dengan kuskus totol.

Di Indonesia sendiri, terutama di Papua, ada, jenis kuskus endemik. Seperti spilocuscus, spilocuscus rufoniger dan papuensis. Di Sulawesi, hanya ada tiga spesies kuskus endemik.

Itulah penjelasan tentang apa itu Fauna Australis disertai dengan gambar dan contoh hewan yang ada di Indonesia.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kalian.

Baca Juga :

Related posts: