Fungsi Tulang Betis

Posted on

Apa Fungsi Tulang Betis ? Saat berbicara tentang tulang, tentunya ini sudah tidak menjadi hal yang aneh ataupun hal yang baru bagi kita. Karena sepertinya tulang ini sudah sering kita ungkapkan serta disebutkan pada kehidupan sehari-hari.

Mungkin tanpa disadari peranan tulang ini pun telah kita rasakan didalam menjalankan aktivitas sehari-hari, karena dengan tidak adanya tulang ini kita tidak dapat duduk, berdiri serta juga menjalankan aktivitas lainnya, untuk itulah didalam kesehatan tulang ini begitu penting agar selalu dijaga.

fungsi tulang betis
fungsi tulang betis

Nah maka pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tulang betis, tentunya kalian semua mempunyai tulang betis kan. Apakah kalian semua telah memahami mengenai arti tulang betis tersebut beserta hal-hal yang terdapat didalamnya?

Apakah kalian mengetahui fungsi tulang betis yang ada ditubuh kita ini?

Apakah kalian mengetahui gangguan apa yang dapat ditimbulkan dalam tulang betis ini?

Apakah kalian mengetahui bagaimana kita menjaga serta merawat tulang betis ini?

Jangan khawatir sahabat rumusrumus.com, karena disini kita telah menjabarkan secara rinci mengenai tulang betis ini, maka simaklah penjabarannya dibawah ini

Pengertian Tulang Betis

Tulang betis merupakan tulang yang letaknya berada dibagian belakang bawah tungkai. Pada sistem otot, tulang betis ini berhubungan atau berkaitan dengan belakang tungkai.

Didalam ruangan belakang tersebut, terdapat dua otot yang begitu besar, dikenal sebagai otot betis yang menempel pada tumit melalui tendon achilles.

Dapat dikatakan tulang betis merupakan tulang yang berperan penting untuk menyokong bagian bawah tubuh kita dimana bekerja sama dengan bagian tulang paha.

Adapun tulang betis ini merupakan bagain dari tulang paha dimana berada dibawanya sesudah lutut.

Baca Juga : Fungsi Tulang Hasta

Dengan kata lain, tulang betis ini adalah tulang yang berada diantara tulang betis serta tulang pergelangan kaki. Dimana tulang betis ini menyokong lutut sesudah itu terdapatlah tulang paha dimana menyokong tulang panggul ataupun bagian bawah dari tubuh kita.

Oleh karenanya keberadaan tulang betis ini sangatlah begitu penting agar kita perhatikan.

Fungsi Tulang Betis

  1. Sebagai tulang yang berfungsi agar memberi kekuatan pada tubuh, terutama pada bagian kaki, karena letaknya yang berada pada kaki.
  2. Sebagai tempat untuk melekatnya suatu lutut.
  3. Sebagai tempat untuk melekatnya sebuah tulang pergelangan kaki.
  4. Sebagai tempat dimana pembuatan sel darah merah.
  5. Sebagai tempat penyimpanan garam mineral didalam tubuh.
  6. Sebagai tempat melindungi bagian ataupun organ penting yang ada dalam kaki.
  7. Berfungsi untuk menopang serta memberi kekuatan otot pada saat berjalan maupun berlari.
  8. Sebagai pengait pin.
  9. Sebagai peran pendukung tulang kering (tibia).
  10. Tulang betis (fibula) tidak dengan bantalan beban seperti tulang kering.
  11. Melindungi saat terjadinya benturan secara langsung.
  12. Berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan tubuh ini.

Anatomi & Patologi Dalam Tulang Betis

TULANG BETIS
Gambar Letak Tulang Betis

Jika tulang betis kita mengalami suatu pembengkakan, dimana penyakit ini menimbulkan bengkak pada kaki ialah penyakit yang dikenal dengan sebutan sindrom.

Kompertemen yang mana ditemukannya suatu bekuan darah dalam betis dibagian vena yang dikenal dengan sebutan trombosis vena dalam, serta tendon achillesnya pecah serta terjadi pelebaran pembuluh bilik vena ataupun dikenal sebagai sebutan varieses vena.

Namun penyakit ini sering terjadi kepada seorang yang berusia lanjut (tua) ataupun bisa juga orang yang jarang sekali berolahraga. Jika kalian berolahraga tetapi tidak melaksanakan pemanasan terlebih dahulu sehingga mengakibatkan adanya penyakit kram tukai serta sembap.

Penyakit ini adalah kejadian yang sering serta disebut dengan idiopatik, hal ini terjadi biasanya menyerang maupun mempengaruhi otot betis.

Sebuah peneletian yang diadakan disebuah tempat pabrik kecil agar sekelompok buruh yang sehat. Dengan menggunakan kaos kaki dapat mengurangi resiko pada kita terhadap nyeri serta sembap.

Lalu dari hasil penelitian yang lainnya, menunjukan jika dengan menggunakan kaos kaki yang ketat dapat menaikan kinerja terhadap para pekerja.

Baca Juga : Fungsi Trakea

Bentuk tulang betis yang panjang serta berguna untuk menyambungkan lutut ke pergelangan kaki dimana berfungsi sebagai menopang dan memberikan kekuatan pada tubuh kita agar bisa berdiri tegak, berlari serta melompat.

Dengan anatomi ataupun bentuk tulang betis ini juga tersirat banyak sekali manfaatnya, salah satunya yang utama adalah untuk melancarkan kita melakukan segala aktivitas yang ada.

Pada tulang lutut, diujung proksimal fibula ini tepatnya berada dibawah lutut serta merupakan pembesaran yang sedikit bulat dimana dikenal dengan sebutan kepala fibula.

Dimana terdapat kepala fibula ini, membentuk sebuah persedian yang disebut dengan tibiofibular proksimal.

Baca Juga : Sistem Saraf Pada Manusia

Beberapa Tips Menjaga Tulang Betis

Didalam menjaga serta merawat tulang betis agar selalu sehat, maka kita harus menjalankan sebuah aktivitas seperti dibawah ini.

  1. Melaksanakan olahraga yang rutin dan secara teratur, seoerti lari pagi, peregangan, senam serta olahraga lainnya.
  2. Biasakan jika kalian ingin melakukan olahraga renang, agar selalu melaksanakan pemanasan terlebih dahulu sehingga anda tidak terkena kram pada tulang betis.
  3. Minum air putih dengan tepat dan teratur.
  4. Mengkomsumsi minuman yang memberikan kekuatan dalam kalsium.
  5. Seimbangkan makanan antara sayur-sayuran, daging serta buah-buahan
Apa nama lain dari tulang betis ?

Tulang betis disebut juga “fibula

Dimana letak tulang betis tersebut ?

Tulang betis terletak diantara tulang tempurung lutut dengan tulang pergelangan kaki.

Bagaimana bentuk tulang betis ?

Bentuk tulang betis yang panjang serta berguna untuk menyambungkan lutut ke pergelangan kaki dimana berfungsi sebagai menopang serta memberikan kekuatan pada tubuh kita agar bisa berdiri tegak, berlari ataupun melompat.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya kelas 5 sd (sekolah dasar) yang masih binggung tentang fungsi tulang betis artikel dan lain lain, Maka makalah tulang betis ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Rate this post
Related posts: