Sifat, Jenis dan Macam Gelombang Bunyi Dalam Fisika

Posted on

Macam Gelombang Bunyi – Sebelum membahas tentang Jenis dan Macam Gelombang Bunyi secara lebih detail, ada baiknya bagi kalian para pembaca untuk mengetahui apa itu Gelombang Bunyi karena untuk Pengertian Gelombang Bunyi adalah Gejala Rambatan dari suatu Getaran Bunyi yang akan terus terjadi apabila Sumber Getarannya bergetar terus menerus, dan didalam Ilmu Fisika Gelombang Bunyi ini dijelaskan di Kurikulum Mata Pelajaran sehingga ada baiknya jika kalian sebagai Pelajar untuk mengenal atau memahami tentang Gelombang Bunyi ini.

Adapun untuk Sifat Gelombang Bunyi sendiri antara lain Gelombang Bunyi Dapat Dipantulkan, Sifat Gelombang Bunyi Kedua adalah Gelombang Bunyi Dapat Dibiaskan, Sifat Gelombang Bunyi Ketiga adalah Gelombang Bunyi Dapat Dipadukan, Sifat Gelombang Bunyi Keempat adalah Gelombang Bunyi Bisa Dibelokkan (Disebarkan), Sifat Gelombang Bunyi Kelima adalah Gelombang Bunyi Bisa Dispersikan dan Sifat Gelombang Bunyi Keenam adalah Gelombang Bunyi Bisa Dispolarisasikan (Diserap Arah Getarnya).

Sedangkan untuk Keutamaan Gelombang Bunyi dengan mempertimbangkan atau melihat dari berbagai Sifat – Sifat Gelombang Bunyi diatas maka terdapat Manfaat Gelombang Bunyi yang cukup banyak dan penting dikeseharian kita seperti contohnya Gelombang Bunyi sangat membantu dibidang kesehatan yakni di Ultrasonik pada Peralatan Kesehatan USG yang sangat berguna untuk memeriksa seseorang apakah ada penyakitnya atau tidak dan Gelombang Bunyi didalam Gelombang TV maupun Gelombang Radio yang sangat berguna untuk Komunikasi dan Hiburan oleh kita.

Macam – Macam Gelombang Bunyi Secara Lengkap

macam gelombang bunyi

Kemudian didalam Macam Gelombang Bunyi sendiri bermacam – macam dan beragam karena jika melihat Gelombang Bunyi Berdasarkan Amplitudonya (Simpangan Jauh) maka dibagi menjadi Dua Macam Gelombang Bunyi yang antara lain Gelombang Berjalan yang artinya adalah Gelombang Bunyi yang Amplitudonya tetap pada setiap titik yg dilalui Gelombang dan contohnya Gelombang Bunyi pada Tali. Gelombang Bunyi Menurut Amplitudonya yang kedua adalah Gelombang Diam yang merupakan Gelombang yang Amplitudonya berubah, contohnya Gelombang pada Senar Gitar yang dipetik oleh Manusia.

Macam Gelombang Bunyi Berdasarkan Medium

Sedang untuk Jenis Gelombang Bunyi Menurut Mediumnya maka dibagi menjadi 2 Macam Gelombang Bunyi yang antara lain Gelombang Bunyi Mekanik yang merupakan Gelombang yg dlm proses perambatannya memerlukan Zat Perantara (Medium) seperti contohnya jika Gelombang Bunyi jika diperantarakan dengan Udara maka jika tidak ada Udara maka Gelombang Bunyi Mekanik tersebut tidak akan terdengar.

Lalu Gelombang Bunyi menurut Mediumnya yang kedua ialah Gelombang Bunyi Elektromagnetik yang merupakan Gelombang Bunyi yang proses perambatannya tidak membutuhkan Zat Perantara (Medium). Artinya Gelombang Bunyi tersebut bisa merambat kedalam keadaan apapun tanpa memerlukan Zat Perantara (Medium) dan Contoh dari Gelombang Bunyi Elektromagnetik ini adalah Gelombang Cahaya yang terus ada dan tentunya tidak membutuhkan Zat Perantara.

Gelombang Bunyi Menurut Frekuensinya

Kemudian untuk Macam Gelombang Bunyi Berdasarkan Frekuensinya maka Gelombang Bunyi dapat dibedakan menjadi Tiga Macam Gelombang Bunyi yang antara lain Gelombang Bunyi Infrasonik yakni Gelombang yang memiliki Frekuensi di bawah jangkauan Manusia yakni lebih kecil dari 20 Hz (Hertz). Gelombang Bunyi Infrasonik ini hanya mampu didengarkan oleh Binatang – Binatang tertentu saja seperti Binatang Anjing, Kelelawar dan Jangkrik.

Lalu Gelombang Bunyi Berdasarkan Frekuensinya yang kedua adalah Gelombang Bunyi Audiosonik yakni suatu Gelombang Bunyi yang mempunyai (Memiliki) besaran frekuensi antara 20 sampai dengan 20.000 Hz (Hertz). Untuk Gelombang Bunyi Audiosonik ini sudah mampu didengarkan oleh pendengaran Manusia dan sebagian besar Binatang karena Gelombang Bunyi Audiosonik mempunyai besaran Frekuensi yang lebih besar daripada Gelombang Bunyi Infrasonik.

Dan untuk Jenis Gelombang Bunyi Berdasarkan Frekuensinya yang terakhir atau yang ketiga adalah Gelombang Bunyi Ultrasonik yakni Gelombang Bunyi yang memiliki (mempunyai) besaran frekuensi diatas jangkauan pendengaran Manusia yakni lebih besar dari 20.000 Hertz (Hz). Gelombang Bunyi Ultrasonik ini mampu didengar oleh Kelelawar karena Kelelawar biasanya menggunakan Gelombang Ultrasonik ini untuk mengetahui Jarak dan Ukuran Benda yang ada didepannya dengan cara memantulkan kembali kebenda tersebut.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan tentang Pengertian, Sifat, Jenis dan Macam Gelombang Bunyi. Semoga saja pembahasan tentang Gelombang Bunyi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian para Siswa dan Siswi khususnya di tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) diseluruh Indonesia karena pelajaran tentang Gelombang Bunyi biasanya keluar didalam Mata Pelajaran Fisika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).


Baca Juga :