Manfaat Batu Bara

Posted on
batu bara

Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Sehari-hari – Apa itu batubara? Batubara adalah hasil penambangan, yang termasuk dalam kelompok sumber daya alam (SDA) non-biologis, sumber yang dapat diolah kembali dan digunakan secara terus menerus.

Selain batubara, yang mencakup sumber daya non-manusia lainnya seperti air, angin, sinar matahari dan produk pertambangan.

Secara umum, batubara adalah batuan sedimen yang mudah terbakar yang terbentuk dari sedimen organik, seperti sedimen dari residu tanaman, dan dari proses disolusi konstituen utamanya yang terdiri dari oksigen dan hidrogen.

Kecuali bahwa itu adalah produk penambangan yang terkandung dalam SDA non-organik dan batuan sedimen yang mudah terbakar. Batubara juga merupakan batuan organik dengan sifat kimia dan kimia kompleks yang ada dalam berbagai bentuk.

Fungsi Batu bara

Batubara adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki fungsi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Beberapa kegunaan batubara yang perlu diketahui adalah :

  • Sebagai bahan bakar untuk berbagai industri.
  • Sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik.
  • Meningkatkan pendapatan ekonomi.

Baca Juga : Manfaat Senyawa Alkana

Sifat Batu bara

Jenis batubara sangat ditentukan oleh kelas batubara yang ditemukan dalam proses penambangan. Beberapa Sifat juga dikenal karena sifat kimia dan fisik batubara.

1. Sifat Batu bara Antrasit

  • Warna hitam sangat mengkilap dan kompak.
  • Nilai kalori yang sangat tinggi, kandungan karbon yang sangat tinggi.
  • Kadar air sangat rendah.
  • Kadar abu yang sangat rendah.
  • Kandungan sulfurnya sangat rendah.

2. Sifat Batu bara Bitumine atau Subbitumino

  • Warna hitam mengkilap, tidak cukup kompak.
  • Nilai kalor tinggi, kandungan karbon relatif tinggi.
  • Kadar air rendah.
  • Kadar abu yang sedikit.
  • Kandungan sulfurnya rendah.

3. Sifat Batu bara Coklat (Lignit)

  • Hitam, sangat rapuh.
  • Nilai kalor rendah, kadar karbon rendah.
  • Kadar air tinggi.
  • Banyak abu.
  • Kandungan sulfurnya besar.

Manfaat Batu bara Bagi Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini beberapa manfaat batubara bagi kehidupan sehari-hari.

1. Sumber Energi Pembangkit Listrik

Seseorang tahu bahwa batu bara adalah salah satu bahan bakar utama dalam pembangkit listrik di berbagai negara seperti Cina, India, Australia, Jepang, Jerman, dan banyak negara lainnya.

2. Industri baja

Pada dasarnya, peran batubara dalam industri baja semata-mata tergantung pada ketersediaan sumber daya batubara.

Telah diketahui bahwa baja digunakan dalam kehidupan kita sebagai berbagai jenis peralatan baja industri, produk kesehatan seperti saniter, peralatan pertanian, model transportasi dan berbagai produk lainnya yang membutuhkan baja.

3. Bahan Bakar Cair

Ternyata batubara juga bisa diubah sebagai bahan bakar cair dan sangat cocok sebagai pengganti minyak pemanas.

4. Industri Produksi Semen

Fitur lain, batubara, telah menjadi salah satu bahan bakar utama dalam produksi semen. Seperti yang sudah kita ketahui, semen adalah salah satu bahan yang digunakan dalam produk konstruksi seperti rumah, bangunan atau produk lainnya.

5. Industri Produk Aluminium

Batubara adalah bahan bakar yang mendukung industri aluminium. Ekstraksi bahan ini adalah produk sampingan dari proses oksidasi besi di industri baja.

6. Batubara Menghasilkan Produk Gas

Karena itu, di Batubaara, yang masih ada di tanah, juga langsung dihasilkan gas. Dalam proses ini, teknologi canggih digunakan untuk mengekstraksi gas yang dihasilkan dari batubara murni.

7. Industri Pabrik Kertas

Selain itu, di sektor di mana batubara menjadi bahan bakar yang sangat penting untuk pengelolaan pabrik kertas. Dimana kertas ini dibuat dari komponen utama berupa sel serat kayu.

Baca Juga : Sifat Unsur Halogen

8. Industri Kimia

Misalnya, dalam batubara, yang telah mengalami berbagai proses, industri sekunder dapat muncul, yang terbukti bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Yang digunakan adalah menghasilkan banyak bahan lain seperti fenol dan benzena. Produk ini penting untuk berbagai industri kimia.

9. Industri Farmasi

Peran paling penting Kemudin dalam industri farmasi. Produk samping batubara yang berasal dari berbagai jenis bahan kimia dapat menjadi bahan utama dalam pembuatan obat-obatan.

Berbagai jenis bahan kimia telah melewati proses pemurnian dengan teknologi canggih sehingga dapat digunakan sebagai obat. Sektor ini telah melewati beberapa sertifikasi yang membuatnya sangat aman untuk mendukung produk farmasi.

10. Penghasil Bahan Metanol

Dengan metanol jenis ini, ia menjadi salah satu bahan bakar cair yang paling penting untuk menggerakkan berbagai sektor.

11. Penghasil Naftalen

Naphthalene adalah jenis bahan kimia cair khusus yang dibuat dari batubara olahan. Ini adalah hasil kedua dari pemrosesan batubara menjadi beberapa bagian.

12. Penghasil Fenol

Selain itu, fenol dalam jenis ini adalah salah satu produk yang mudah terbakar yang dihasilkan dari pemrosesan batubara.

13. Penghasil Benzena

Dalam jenis bahan bakar cair ini, benzena adalah salah satu komponen terpenting untuk transportasi global.

14. Penghasil Garam Amonia

Garam amonia diproduksi di industri pengolahan batubara. Apa yang menghasilkan garam amonia dalam gas atau uap yang dilepaskan dari tungku untuk mengambil kokas.

Penting bahwa produk ini merupakan bahan khusus dari berbagai industri kimia, dari pupuk pertanian atau bahan kimia lainnya.

Itulah Manfaat Yang Dihasilkan Oleh Batu bara Bagi Kehidupan Sehari-hari. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan ilmu bagi kalian yang membacanya.

Baca Juga : Garis Bujur Adalah

Related posts: