Manfaat Senyawa Alkana, Alkena, Dan Alkuna

Posted on

Rumusrumus.com pada kali ini akan membahas tentang senyawa kimia alkana  yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari manusia pada umum nya, penjelasanya meliputi pengerian alkana dan juga kegunaan alkana , alkena, dan alkuna

Pengertian Alkana

Alkana yang juga biasa disebut dengan parafin ialah senyawa kimia hidrokarbon jenuh asiklis. Alkana juga termasuk senyawa alifatik. Dengan istilah lain, alkana ialah sebuah rantai karbon panjang dengan ikatan-ikatan tunggal. Rumus umum untuk alkana ialah CnH2n+2. Alkana yang sederhana ialah metana dengan rumus CH4. Tak ada batasan seberapa karbon yang bisa terikat bersama. Beberapa jenis minyak dan wax ialah contoh alkana dengan atom jumlah atom karbon yang besar, bisa lebih dari 10 atom karbon.

Setiap atom karbon memiliki empat ikatan (baik ikatan C-H atau ikatan C-C), setiap atom hidrogen harus berikatan dengan atom karbon (ikatan H-C). Sebuah kumpulan dari atom karbon yang terangkai disebut juga dengan rumus kerangka. Secara umum, jumlah atom karbon dipakai untuk mengukur berapa besar ukuran alkana tersebut misalnya : C2-alkana

Gugus alkil,yang disingkat dengan simbol R, ialah gugus fungsional, seperti alkana, terdiri dari ikatan karbon tunggal dan atom hidrogen, misalnya adalah metil atau gugus etil.

Alkana bersifat tidak terlalu reaktif dan mempunyai aktivitas biologi sedikit

alkana
alkana

Kegunaan Alkana

  • Pada umumnya, alkana berguna untuk bahan bakar dan bahan baku di dalam industri petrokimia.
  • Metana berguna untuk bahan bakar memasak, dan bahan baku pembuatan zat kimia misalnya H2 dan NH3.
  • Etana berguna untuk bahan bakar memasak dan sebagai refrigerant di dalam sistem pendinginan dua tahap untuk suhu rendah.
  • Propana ialah komponen utama gas elpiji untuk memasak dan bahan baku senyawa organik.
  • Butana berguna untuk bahan bakar pada kendaraan dan bahan baku karet sintesis.
  • Oktana merupakan komponen utama bahan bakarpada kendaraan bermotor, yaitu bensin.

Kegunan Alkena

  • Etena dipakai untuk bahan baku pembuatan plastik polietena .
    Propena dipakai untuk membuat plastik Beberapa kegunaan
  • monomer dan polimer, misalnya : polimer berguna untuk membuat serat sintesis dan peralatan memasak.

Kegunaan Alkuna

Etuna atau asetilena yang dikenal sebagai gas karbit dihasilkan dari batu karbit yang direaksikan pada air:

Gas karbit apabila dibakar dapat menghasilkan suhu yang tinggi, hingga dapat dipakai untuk mengelas dan memotong logam. Gas karbit sering juga di pakai untuk mempercepat pematangan buah.

Alkana di bumi

Gas metana (sekitar 0.0001% atau 1 ppm) ada di atmosfer bumi, dan diproduksi oleh organisme macam Archaea yang juga didapat pada kotoran sapi.

Sumber alkana yang penting adalah pada gas alam dan minyak bumi. Gas alam mengandung etana dan metana, dengan sedikit propana dan butana, sedang minyak bumi ialah campuran dari alkana cair dan hidrokarbon lainnya. Hidrokarbon terbentuk dari jasad renik dan tanaman (zooplankton dan fitoplankton) yang telah mati, lalu terkubur di lautan, tertutup sedimentasi, dan berubah setelah terkena panas dan tekanan tinggi selama jutaan tahun. Gas alam terbentuk dari reaksi di bawah ini:

Alkana yang padat dikenal sebagai istilah tar. Tar terbentuk saat senyawa alkana lain yang lebih ringan menguap dari deposit atau sumber hidrokarbon. Salah satu deposit alkana padat alam terbesar di dunia adalah danau aspal yang juga dikenal dengan nama Danau Pitch di Trinidad dan Tobago.

Metana juga ada pada biogas yang diproduksi oleh hewan ternak. Biogas ini bisa menjadi sumber energi terbaharui di kemudian hari.

Artikel Terkait :


Baca Juga :