√ Natrium Karbonat – Pengertian, Sifat, Kegunaan, Rumus Kimia

Posted on

RumusRumus.com – kali ini akan membahas tentang rumus natrium karbonat, serta menjelaskan tentang fungsi atau kegunaan, dan produksi dalam kehidupan sehari – hari.

Pengertian Natrium Karbonat

Natrium karbonat yang juga dikenal sebagai soda cuci dan soda abu yang memiliki rumus kimia Na2CO3, ialah garam natrium dari asam karbonat yang mudah larut di dalam air. Bentuk senyawa ini murni ialah berwarna putih, bubuk tanpa warna yang mampu menyerap embun dari udara, punya rasa alkalin atau pahit, dan membentuk larutan alkali yang kuat.

Rumus Natrium Karbonat

NA2C03

natrium karbonat
natrium karbonat

Fungsi dan Kegunaan Natrium Karbonat

Pembuatan kaca menjadi salah satu kegunaan penting dalam kegunaan natrium karbonat. Senyawa soda abu ini bisa menjadi fluks untuk silika, dengan cara menurunkan titik cair campuran ke sesuatu yang dapat diterima tanpa material khusus.

Soda kaca ini mudah larut dalam air, jadi kalsium karbonat ditambah pada campuran yang belum mencair agar menghasilkan kaca yang diproduksi tidak mudah larut ke dalam air. Jenis kaca ini disebut kaca soda kapur, (soda) untuk natrium karbonat dan (kapur) untuk kalsium karbonat.

Dapat juga biasa digunakan sebagai tambahan untuk kolam renang pada proses menetralkan efek korosi dari klorin dan menaikkan pH. Namun dalam kimia, biasa digunakan sebagai elektrolit.

Penggunaan Natrium Karbonat dalam Kehidupan Sehari – hari

Dapat digunakan sebagai pelembut air di dalam mencuci pakaian. Senyawa ini beradu dengan ion magnesium dan kalsium di dalam air dan mencegahnya berikatan dengan deterjen yang dipakai. Natrium karbonat dipakai untuk menghilangkan minyak, karat anggur dan oli

Bisa digunakan sebagai tambahan pangan yaitu pengatur keasaman, anti-lengket pada kue, pengembang kue, dan penstabil. Salah satu bahan dari kansui, larutan untuk memberikan mi ramen karakter rasa dan tekstur yang khusus.

Di Tiongkok, biasa digunakan untuk mengganti air alkali sebagai bahan kue bulan tradisional Kanton, dan beberapa roti dan mi asli Tiongkok. Digunakan juga di dalam pasta gigi, sebagai pembentuk busa dan abrasi, dan sementara ini agar menaikkan pH mulut.

Produksi

Bisa diekstrak dari abu-abu tanaman yang tumbuh di tanah yang kaya akan natrium. bisa disintesis dalam jumlah yang besar dari garam natrium klorida ataupun batu kapur dengan metode Solvay. bisa dibuat dengan proses Leblanc, proses Hou, proses solvay dan lainnya. Bisa dibuat cara memanaskan natrium bikarbonat menghasilkan air dan karbon dioksida:

2 NaHCO3 → Na2CO3 + H2O + CO2

Keberadaan

Dalam mineralogi natrium karbonat mengkristal dengan air dan membentuk tiga hidrasi yang berbeda yaitu :

  • Natrium karbonat dekahidrat (natron)
  • Natrium karbonat monohidrat (termonatrit)
  • Natrium karbonat heptahidrat

Natrium karbonat larut di dalam air, dan terjadi secara alami di daerah kering terutama pada daerah endapan material atau batuan evaporit yang terbentuk ketika danau musiman menguap. Endapan dari natron sudah ditambang dari dasar danau kering di Mesir kuno pada saat natron digunakan untuk pemumian dan pembuatan awal kaca.

Pengujian

Bisa digunakan untuk membedakan ion logam yang lain, yang akan diendapkan dengan ion karbonat. bisa membedakan ion tembaga, besi, seng, kalsium dan timbal. Larutan natrium karbonat ditambahkan pada garam metal.
Endapan biru berarti menunjukan ion Cu2+.
Endapan hijau kotor berarti menunjukan ion Fe2+.
Endapan kuning – coklat menunjukan ion Fe3+.
Endapan putih berarti menunjukan ion Ca2+, Zn2+, atau Pb2+.

Ikatan yang terbentuk antara lain :

  • besi karbonat
  • tembaga karbonat
  • besi oksida
  • seng karbonat
  • timbal karbonat
  • kalsium karbonat

Endapan terbentuk karena hampir semua karbonat tak mudah larut dalam air.

Senyawa Kimia Terkait :


Baca Juga :