Pembangunan Ekonomi

Posted on

Pembangunan Ekonomi – Tahukah anda suatu negara dikatakan baik apabila pembangunan ekonominya juga baik. Nah didalam pembangunan ekonomi tentu terdapat beberapa hal yang berkaitan didalamnya seperti tujuan, faktor, indikator, serta dampak yang dihasilkan dengan adanya pembangunan ekonomi tersebut. Maka untuk lebih jelasnya anda dapat membaca penjabaran serta penjelasan secara rinci dan jelas dibawah ini

pembangunan ekonomi

Pengertian

Suatu proses ekonomi dimana bertujuan untuk menaikkan atau meningkatkan pendapatan per kapita penduduk dalam sebuah negara dengan jangka waktu yang panjang disebut sebagai pembangunan ekonomi

Dimana hal itu diikuti dengan adanya pergeseran fundamenal terhadap struktur ekonomi dan juga pemerataan pendapatan untuk penduduk suatu negara yang berkaitan.

Pembangunan ekonomi atau kata lainnya ialah Economic development dilakukan karena bermanfaat terhadap adanya perubahan dalam masyarakat baik dalam bidang teknologi, mindset warga maupun kelembagaannya.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi

Tujuan

Didalam adanya pembangunan ekonomi, tentu memiliki tujuan tersendiri. Ialah sebagai berikut :

  • Menciptakan lapangan kerja yang semakin banyak, hal ini tentu akan mengurangi jumlah pengangguran di suatu Negara yang berkaitan sehingga akan menekan tingkat kemiskinan yang menurun.
  • Meningkatkan setara kualitas hidup semua lapisan warga negaranya dengan cara memudahkan akses kesehatan serta pendidikan.
  • Menyetarakan sekaligus meningkatkan taraf hidup penduduknya.
  • Menurunkan angka kesenjangan sosial dimana umum terjadi di lingkungan sekitar.
  • Meningkatkan maupun menaikkan kesejahteraan, keadina serta kemakmuran didalam bermasyarakat.

Faktor Yang Mempengaruhi

Untuk mencapai pembangunan ekonomi yang diinginkan, tentu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi untuk mencapainya. Ialah sebagai berikut :

1. Sumber Daya Alam (SDA)

SDA atau Sumber Daya Alam merupakan salah satu faktor terpenting terhadap pembangunan ekonomi. Pembangunan mustahil dilaksanakan jika tidak adanya SDA didalamnya karena keberadaan SDA yang begitu melimpah maupun cukup, maka akan mengurangi biaya pengeluaran produksi dari sebuah negara (jadi tidak perlu import ke negara lain).

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM atau Sumber Daya Manusia juga mempunyai peran sebagai penggerak atas segala aktivitas ekonomi yang terjadi. Karena dengan adanya SDM, maka pembangunan ekonomi dapat terlaksanakan dengan semestinya karena SDM memiliki potensi pada bidangnya masing – masing untuk mendukung pembangunan ekonominya.

3. Sistem Pemerintahan

Yang kita ketahui, dimana Indonesia adalah penganut paham demokrasi. Maka dapat disimpulkan jika sistem perekonomiannya memberikan kebebasan dimana disertai pengawasan dari berbagai pihak pemerintah.

Jadi dapat disimpulkan, jika sistem pemerintahan suatu negara baik maka akan mendorong sistem perekonomian yang baik juga.

4. Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Dengan adanya ilmu pengetahuan serta teknologi yang mumpuni, maka segala aktivitas pengelolaan yang berkaitan SDM akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Maka dengan adanya 2 hal itu, sangat berhubungan untuk mengatur SDA maupun SDM yang ada disuatu Negara. Jadi jika menghasilkan SDM yang berkualitas akan pengetahuan tentu ia akan tahu bagaimana menggunakan teknologi untuk mengelola dan mengatur SDA yang dibutuhkan ataupun dihasilkan sesuai dengan kondisi SDA yang berlimpah.

5. Sarana & Prasarana

Agar suatu pembangunan bisa berjalan semestinya tentu dibutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap serta mendukung adanya pembangunan tersebut. Karena, jika suatu negara tidak memiliki sarana dan prasarana yang mendukung, tentu segala pembangunan akan terhambat.

6. Kondisi Sosial & Budaya

Dengan adanya kondisi sosial dan budaya tentu dapat berpengaruh positif maupun negatif. Karena saat jiwa sosial warga negaranya tinggi, maka suatu pembangunan akan bisa berjalan dengan semestinya. Namun, jika jiwa sosial pada warga negaranya rendah, tentu suatu pembangunan tidak dapat berjalan dengan semestinya

7. Kondisi Politik

Dengan adanya kondisi politik yang baik serta stabil, maka perekonomiannya akan berjalan dengan baik pula, hal ini dikarenakan politik sendiri mampu untuk mempengaruhi kebijakan yang ada di pasar.

Indikator Keberhasilan

Agar mengetahui apakah pembangunan ekonomi yang terjadi di suatu Negara berhasil ataupun baik, terdapat beberapa indikator didalamnya. Ialah sebagai berikut :

1. Urbanisasi

Dengan adanya perpindahan penduduk yang terjadi dari desa menuju ke kota, maka akan menandakan jika kemakmuran dan kesejahteraan ada di kota – kota.

2. Pendapatan Perkapita

Dengan meningkatnya pendapatan perkapita yang semakin terus meningkat tinggi, maka hal ini membuat stabilitas ekonomi menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu, hidup masyarakat semakin terjamin di negara tersebut.

3. Pendidikan

Pembangunan ekonomi semakin maju, jika tingkat pendidikan di negara tersebut tinggi pula. Karena semakin tinggi pendidikan, tentu akan menghasilkan orang – orang cerdas didalam negaranya tersebut.

Dimana orang – orang cerdas tersebut ikut serta mendorong pembangunan ekonomi seperti : seorang wirausaha yang semakin terkenal restorannya mampu membuka cabang dimana – mana sehingga merekrut karyawan – karyawan untuk mendukung aktivitas restorannya. Tentu hal ini akan membantu negara mengurangi pengangguran karena terciptanya lapangan pekerjaan.

Baca Juga : Ekonomi Islam

4. Kesehatan

Jika akses pada bidang kesehatan semakin mudah, tentu akan menjamin taraf kehidupan masyarakat yang akan semakin meningkat tinggi.

5. Struktur Ekonomi

Jika di suatu negara mengalami peningkatan perkembangan ekonominya, tentu struktur ekonominya juga akan berkembang.

Dampak Positif & Negatif

Didalam pembangunan ekonomi, tentu terdapat dampak yang dihasilkan baik itu dampak positif maupun dampak negatif, ialah sebagai berikut :

1. Dampak Positif (+)

  • Mampu menciptakan lapangan kerja baru, dengan begitu akan menurunkan tingkat pengangguran di masyarakat.
  • Segala aktivitas perekonomian bisa berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat laju pertumbuhan ekonomi suatu negara.
  • Adanya lapangan kerja yang baru, dimana mempunyai efek langsung terhadap tingkat pendapatan nasional.
  • Semakin berkembang pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan, sehingga akan menuntut peningkatan kualitas SDM yang baik.
  • Dari berbagai negara sehingga meningkatkan keberagaman kegiatan ekonomi.

2. Dampak Negatif (-)

  1. Akan menimbulkan kerusakan lingkungan hidup, jika pembangunan ekonomi tersebut tidak direncanakan dengan baik dan matang.
  2. Tentu akan mempersempit lahan pertanian, karena banyaknya perusahaan industri yang dibangun.
  3. Dapat mengurangi maupun menghilangkan alam hayati maupun hewani.
Apakah perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi ?

Hal yang mendasar adanya perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi ialah kuantitas dan kualitas ekonomi. Dimana merupakan fakta yang saling berkaitan serta mendukung agar menyeimbangkan perkembangan diantara keduanya. Nah pada kuantitas menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi sedangkan kualitas menunjukkan adanya pembangunan ekonomi.

Berikan contoh pembangunan ekonomi !

Berikut beberapa contoh adanya pembangunan ekonomi :
1. Membenarkan maupun membangun kembali jalan yang rusak.
2. Menciptakan sarana maupun media peminjaman.
3. Meningkatkan sumber daya air yang bersih.
4. Menciptakan dan menyiapkan lapangan kerja baru sehingga mengurangi pengangguran.
5. Penyediaan sarana maupun fasilitas komunikasi yang semakin canggih.
6. Melaksanakan penyuluhan sumber daya manusia yang berkualitas.
7. Menyediakan alat untuk menciptakan lingkungan yang bersih serta penghijauan.
8. Menciptakan fasilitas layanan kesehatan yang berkualitas.

Pembangunan ekonomi disebut juga sebagai ?

Disebut juga sebagai economic development

Baca Juga : Pelaku Ekonomi

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: