Perbedaan Internet Dan Intranet

Posted on

Perbedaan Internet Dan Intranet – Di zaman yang semakin maju teknologinya, seperti sekarang ini tentu sudah begitu banyak orang yang mengetahui ataupun memakai yang namanya Internet. Namun, masih terdapat sebagian orang yang tidak mengetahui pengertian serta fungsi dari yang sebenarnya.

perbedaan internet dan intranet

Disamping internet ada juga yang namanya Intranet, dimana secara harfiah internet dan intranet mempunyai pengertian yang berbeda, tetapi internet dan intranet mempunyai satu kesamaan, ialah berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan lain. Nah maka itu agar lebih jelasnya berikut saya jabarkan secara rinci beserta perbedaan internet dan intranet agar kalian dapat membedakannya secara tepat.

Pengertian

Berikut masing-masing pengertian internet dan intranet, ialah :

1. Pengertian Internet

Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

2. Pengertian Intranet

Selain Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet merupakan jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya ialah Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga salah satu yang termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network), dimana hanya dapat mencakup wilayah kecil saja.

Fungsi

Berikut fungsi masing-masing internet dan intranet, ialah :

1. Fungsi Internet

  1. Memperpendek suatu jarak komunikasi menggunakan internet dengan user internet lainnya pada seantero dunia
  2. Memudahkan pengguna untuk mencari data apapun di internet
  3. Melakukan interaksi di dunia maya satu sama lain dengan mudah dan efisien
  4. Memberikan informasi atau pengetahuan pada pengguna tiada batas
  5. Mempermudah kegiatan belajar mengajar oleh seorang pengajar kepada siswanya
  6. Mempermudah penyimpanan file dan dokumen digital yang dapat di akses kapan saja dan di mana saja
  7. Mempermudah seseorang untuk melakukan kegiatan dan berkegiatan dengan cara berpromosi melalui internet
  8. Mempermudah mencari letak suatu lokasi yang diperlukan dengan fasilitas GPS atau google map.
  9. Dapat membeli/menjual barang dengan online.
  10. Sebagai media untuk mentransfer file.

Baca Juga : Kerjasama Adalah

2. Fungsi Intranet

  1. Membuat perusahaan tersebut semakin efisien, contohnya informasi-informasi seputar perusahaan tidak lagi dipublikasikan dengan kertas melainkan melalui web pages perusahaan, ini jelas akan menghemat pengeluaran untuk kertas.
  2. Meningkatkan efektifitas kinerja didalam perusahaan, intranet membuat aliran komunikasi didalam perusahaan menjadi lebih mudah dan lancar, ini akan membuat proyek-proyek perusahaan menjadi lebih cepat diselesaikan.
  3. Membentuk kerjasama tim yang handal, suatu pekerjaan bisa diselesaikan secara bersama-sama (tim), sehingga pekerjaan yang dilakukan akan lebih cepat diselesaikan dan juga membangun teamwork yang handal. 
  4. Menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder luar perusahaan, perusahaan dapat berkomunikasi dan juga mendapatkan feedback (masukan) dari orang-orang luar perusahaan seperti komunitas, konsumen, supplier, dan lainnya.
  5. Membangun perusahaan yang lebih kompetitif dan berdaya saing, intanet membuat perusahaan semakin efektif dan efisien, kerjasama tim menjadi handal, itu semua membuat perusahaan semakin kompetitif dan berdaya saing.

Perbedaan Internet Dengan Intranet

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut merupakan perbedaan internet dan intranet :

1. Pada Internet :

  • Jaringan yang sangat Luas (Internasional Bahkan Sedunia)
  • Memiliki Jaringan yang Kuat
  • Perkembangan yang Sangat Pesat
  • Bisa di akses kapan saja dan dimana saja

2. Pada Intranet:

  • Jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)
  • Perkembangannya yang lambat
  • Biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dll

Persamaam Internet Dengan Intranet

1.Kesamaan Konten (Audio / Visual)

Meski keduanya berbeda dari segi  cakupan wilayah, penggunaan konten dari keduanya ialah sama. Baik untuk konten Audio, Video, Grafik, Dokumen, dan Lain-lain. Keduanya tetap dapat menggunakan konten tersebut untuk berbagai keperluan distribusi data antar node. Distribusi berbagai sebuah konten tersebut dimungkinkan dengan adanya artikel Internet dan Intranet tersebut.

Baca Juga : Contoh Norma Adat

2. Aplikasi Yang Digunakan Sama

Selain kesamaan konten, kesaman dari keduanya  merupakan sisi penggunaan aplikasi (dalma hal ini aplikasi Client) baik Internet maupun Intranet, Sama-sama memanfaatkan jenis aplikasi yang sama. Aplikasi jenis Web Browser untuk membuka laman terdistribusi, aplikasi E-Mail client yang bisa Kita gunakan oleh korporasi dalam pemanfaatan media komunikasi antar staff dengan domain internal yang dimilki oleh perusahaan.

Aplikasi client untuk sharing konten menggunakan protokol FTP dan STP yang dibutuhkan oleh visi IT dalam troubleshooting aplikasi client yang terjadi di perusahaan tersebug, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

3. Menggunakan Protokol Jaringan Yang Sama

Baik Internet ataupun Intranet,Sama-sama menggunakan teknologi yang ada saat jni seperti HTTP, TCP/IP, SMTP, POP3, sehingga dimungkinkan pemanfaatan aplikasi yang sama diantara keduanya. Meski demikian, konfigurasi dan pemilihan aplikasi yang tepat yang akan digunakan tetap perlu dilakukan mengingat aplikasi yang ada saat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tentu rasanya agak mubazir menggunakan aplikasi E-Mail yang lengkap jika hanya digunakan untuk keperluan berbasis Intranet, sedangkan tidak semua fitur tersebut akan Kita gunakan.

4. Dapat Menghubungkan Antar Komputer

Selanjutnya baik Internet ataupun Intranet bisa menghubungkan antara node yang satu dengan node yang lain agar bisa saling berkomunikasi, mendistribusikan data, membagikan konten, dan lain sebagainya. Dalam hal ini node yang dimaksud merupakan Komputer.

Sehingga dikatakan bahwa dengan adanya kedua teknologi tersebut, berbagai konten bisa dilewatkan antar node melalui link yang ada hanya dalam waktu yang singkat. Hal ini ditunjang dengan perkembangan teknologi, arsitektur aplikasi, media fisik / cabling (fiber-optic) data dan masih banyak lagi.

5. Menggunakan Teknologi Keamanan Berbasis Firewall

Karena keduanya bekerja pada distribusi jaringan yang saling terhubung, maka sudah menjadi hal yang pasti dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi keamanan Jaringan. Keduanya, baik Internet maupun Intranet Sama-sama menggunakan teknologi keamanan baik berupa firewall untuk mengamankan jaringan yang ada, meskipun Enkripsi untuk pengkodean konten tertentu.

Hal ini agar hanya user tertentu saja yang bisa membuka konten tertentu yang dibagikan lewat jaringan, menggunakan security key yang diberikan oleh pengirim. Dengan demikian, keamanan jaringan keduanya pun terjamin berkat pengadaan sistem keamanan tersebut.

6. Lintas Platform Sistem Operasi

kedua teknologi jaringan tersebut merupakan sama sama bisa dijalankan pada lintas platform. Artinya baik internet ataupun Intranet dapat menggunakan Sistem Operasi yang berbeda seperti Windows ataupun Linux. Kedua platform tersebut Bisa saling berkomunikasi karena mennggunakan protokol yang sama yaitu HTTP dan protokol jaringan lainnya.

7. Adanya Client & Server

Keduanya mendukung adanya node yang difungsikan sebagai Server dan Node-node lain yang difungsikan sebagai Client. Server berperan menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan seperti file sharing, print sharing, keamanan firewall, dan lainnya. sedangkan Client-lah yang merequest permintaan pada server.

Baca Juga : Macam Macam Ideologi

Bagaimana ruang lingkup penggunaan internet ?

Ruang lingkup penggunaan internet bisa kapan saja dan dimana saja jadi lebih luas.

Bagaimana ruang lingkup penggunaan intranet ?

Ruang lingkup penggunaan intranet biasa hanya dapat digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dan lainnya.

Bagaimana sejarah adanya internet ?

Internet ialah sebuah jaringan komputer, dimana dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui sebuah proyek ARPA yang dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), bermula darimana mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, dapat melakukan sebuah komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon anda. 

Demikianlah pembahasan artikel perbedaan internet dan intranet, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Rate this post
Related posts: