Kerjasama Adalah

Posted on

Kerjasama Adalah – Manusia sejatinya ialah makhluk sosial, dimana artinya manusia tidak dapat hidup sendiri, karena itu harus hidup berdampingan dengan manusia yang lain atau dikenal dengan makhluk sosial.

kerjasama adalah

Hal ini karena manusia setiap saat pasti membutuhkan bantuan dari orang lain demi menjalani kehidupannya. Dengan begitu. jika ingin menggapai suatu tujuan tertentu, maka manusia akan saling kerjasama demi mencapai tujuan yang ingin diraihnya tersebut. Kerjasama juga bisa dilakukan dengan orang yang berada di lingkungan kita atau di sekitarnya.

Pengertian Kerjasama

Kerjasama merupakan suatu pekerjaan yang di kerjakan oleh dua orang ataupun lebih untuk mencapai tujuan atau target yang sebelumnya telah direncanakan dan disepakati bersama.

Atau kerjasama bisa diartikan sebagai suatu tindakan-tindakan didalam pekerjaan, dimana dilakukan oleh dua orang maupun lebih agar mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama.

Pengertian Menurut Para Ahli

1. Moh. Jafar Hafsah

Ahli ini menyebut kerjasama dengan istilah kemitraan, dimana artinya ialah suatu strategi bisnis yang dilaksanakan oleh dua pihak maupun lebih dengan jangka waktu tertentu demi meraih keuntungan bersama dengan menumbuhkan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan.

2. H. Kusnadi

Mengartikan kerjasama sebagai dua orang atau lebih untuk melakukan aktifitas  bersama yang dilakukan secara terpadu yang diarahkan kepada suatu target atau tujuan tertentu.

3. Menurut Rosen

Kerjasama adalah sumber yang begitu efsien untuk kulitas pelayanan, dengan hal ini kerjasama dalam bentuk ekonomi pada bidang jual beli.

Baca Juga : Epistemologi Adalah

Tujuan Kerjasama

Berikut tujuan adanya kerjasama ialah :

  • Saling mengenal satu sama lain antar pribadi
  • Meningkatkan suatu persatuan bagi negara
  • Sebagai kesempatan untuk mengumukakan pendapat
  • Menambah sebuah peluang keberhasilan

Manfaat Kerjasama

Berikut beberapa manfaat terciptanya suatu kerjasama ialah :

1. Mempererat persaudaraan

Dengan berkolaborasi setiap pribadi dalam sesuatu kesebelasan kerja bakal saling berinteraksi serta saling menolong didalam memecahkan persoalan-persoalan demi menjangkau tujuannya, bahkan akan terjalin suatu komunikasi-komunikasi antar seluruh yang bekerjasama tersebut.

2. Menumbuhkan rasa motivasi

Kerjasama juga dapat menumbuhkan motivasi persatuan pada diri setiap pribadi, dimana tergabung pada kumpulan kerja maupun kesebelasan kerja. Supaya setiap pekerjaan dalam kerjasama dapat berlangsung baik maka mesti dapat menjunjung rasa kesatuan dan persatuan.

3. Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Dengan kerjasama masalah sesulit apapun bakal cepat terselesaikan sebab tidak melulu mengandalkan satu pribadi saja untuk menuntaskan pekerjaan namun dengan tidak sedikit individu yang bersatu dan saling menyokong satu sama lain, maka kegiatan akan lebih cepat teratasi.

Baca Juga : Urgensi adalah

4. Pekerjaan Akan Lebih Ringan

Sesulit apapun pekerjaan tersebut akan terasa lebih ringan dan lebih gampang terselesaikan dengan adanya kerjasama, sebab di laksanakan oleh tidak sedikit orang dimana saling menyokong satu sama lain.

Bentuk-Bentuk Kerjasama

Adapun bentuk-bentuk kerjasama yang umumnya sering ditemui, ialah sebagai berikut :

1. Tawar-menawar

Adalah format kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk ataupun jasa antara dua orang.

2. Koalisi

Adalah campuran dua lembaga organisasi ataupun lebih yang mempunyai tujuan sama, mereka berkolaborasi untuk menjangkau tujuan tersebut.

3. Joint venture

Adalah kerjasama untuk menggarap proyek-proyek tertentu agar cepat teratasi dan destinasi cepat tercapai. Misalnya proyek pertambangan minyak bumi, batu bara, membina perindustrian..

4. Cooptation

Adalah proses kerjasama penerimaan sekian banyak  unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, urusan ini bisa dijadikan teknik untuk menghindari terjadinya kecurangan ataupun hal-hal yang tidak diharapkan yang dapat terjadi pada organisasi.

5. Atas Dasar Kerukunan

Adalah kerjasama yang didasari sebab kerukunan sesama manusia, seringkali kerjasama atas dasar kerukunan ini tidak menginginkan imbalan maupun upah. Contohnya : adanya gotong-royong, maka akan membangun kemudahan agar terlaksananya pembangunan jembatan, kerja bakti membersihkan lingkungan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ibid adalah

Bagaimana fungsi kerjasama dalam sebuah pergaulan ?

1. Agar kita bisa saling membantu dan tanpa ada rasa paksaan dari pihak manapun
2. Agar kita bisa bersosialisasi tanpa ada rasa malu atau canggung
3. Supaya terciptanya rasa kebersamaan diantara pergaulan

Bagaimana contoh kerjasama dalam lingkungan masyarakat !

Kegiatan yang biasa dilakukan adalah bersih-bersih di desa selama untuk mencuci jalan yang ada, sehingga dapat menjadi lebih bersih dan rapi.
Mengingat lingkungan masyarakat ialah lingkungan anda juga, lingkungan lokasi kita tinggal, maka urgen untuk dapat ikut serta dalam sekian banyak  kegiatan aktif, entah tersebut harian, mingguan atau pekerjaan yang dilakukan setiap 1 bulan sekali walaupun yang anda dapat ialah rasa lelah.
Tetapi disamping itu kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin pun tidak kalah hebatnya. Kita bisa menambah tali silaturahmi antar warga, bahkan hubungan akan terjalin erat dan baik.

Mengapa kerjasama dapat memupuk persatuan dan kesatuan ?

Karena kerjasama ialah membutuhkan rasa kepercayaan terhadap orang lain, sehingga mau berbaur dengan orang lain serta saling berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu kerjasama bisa memupuk rasa persatuan dan kesatuan

Demikianlah pembahasan artikel ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: