Potensi Diri

Posted on

Potensi Diri – Dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang yang tidak dikenali, tidak dilatih dan tidak digunakan.

Yaitu, potensi diri merupakan tentang kemampuan tersembunyi ketika dihadapkan dengan kemungkinan yang, jika tidak dioptimalkan, maka tidak berguna dan sia – sia.

Pendapat umum dalam masyarakat kita adalah bahwa setiap individu memiliki potensi. Kerja keras dan keberuntungan menentukan seberapa besar manfaat potensi ini.

Posting dalam artikel ini didedikasikan untuk mencari informasi tentang potensi diri dan contohnya seperti apa.

Pengertian Potensi Diri

potensi diri

Pengertian paling sederhana dari potensi pribadi, menurut saya, adalah kemampuan dan kapasitas individu yang masih tersimpan dalam diri mereka.

Dengan kata lain, itu menetap lagi dan belum diperbarui oleh perilaku, tindakan dan tindakan.Kemampuan dan kapasitas ini bisa di area mana saja dan bisa apa saja. Terlepas dari apakah positif atau negatif, potensi itu masih potensial.

Keuletan, kerja keras, keberuntungan dan bakat, ketika Anda perlu menentukan sejauh mana potensi dapat dieksploitasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), potensi diri adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya dieksploitasi. Definisi KBBI mirip dengan penjelasan versi saya.

Dari mana datangnya potensi? Jawaban umum sering datang dari bakat dan kerja keras. Beberapa orang dapat mengembangkan potensi mereka melalui belajar dan bekerja. Beberapa yang lain berbakat sejak lahir.

Misalnya, mengumpulkan tas di set membutuhkan keterampilan, latihan, dan pengalaman.

Pencurian adalah tindakan buruk bagi orang lain, tetapi orang – orang yang telah dilatih dalam pencurian dan memiliki kemampuan yang telah mampu mengembangkan potensi pencurian.

Contoh lain berbicara di depan umum atau di depan layar adalah keterampilan yang tidak dimiliki semua orang.

Beberapa orang memiliki potensi ini, yang lain tidak. Siapa pun yang memoles kemampuan berbicara di depan umum dapat mengenali potensi berbicara di depan umum.

Untuk lebih memahami potensi, kita perlu memeriksa tipenya. Seperti disebutkan di atas, potensi memiliki beragam bentuk.

Musik dan memasak adalah potensi yang berbeda. Koki dan musisi profesional adalah orang – orang yang telah berhasil menerapkan potensi mereka.

Jenis Potensi Diri

Penjelasan selanjutnya mengacu pada jenis-jenis potensi pribadi. Pada saat yang sama saya akan menjelaskan contoh – contoh untuk memudahkan pemahaman pembaca.

Jenis potensi pribadi dapat dipahami di sini adalah suatu kemampuan maupun kecerdasan seseorang yang muncul dari bakat, belajar juga. Apa jenis dari potensi diri?

Kemampuan Sosiologis

Ini adalah kemampuan seseorang untuk peka terhadap masalah sosial dalam lalu lintas.

Sensitivitas ini membuatnya berpikir kritis dan emansipatif. Simpati dan empati adalah bentuk kepekaan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki potensi untuk keterampilan berpikir sosiologis.

Kemampuan Naturalis

Ini adalah kemampuan seseorang untuk merasa peka terhadap lingkungan alam sekitarnya. Orang yang memiliki potensi kemampuan naturalistik akan merasakan sakit ketika alam dilukai.

Tidak hanya itu, potensi ini juga tercermin dalam kemampuan memahami kehidupan ekologis bumi.

Kemampuan Musikal

Artinya, kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam membuat atau menciptakan harmoni melalui suara. Suara umumnya dihasilkan dengan memainkan alat musik.

Kemampuan memainkan alat musik dan kecerdasan untuk mengalami ketegangan nada hanyalah beberapa contoh dari potensi yang hanya dimiliki sebagian orang.

Kemampuan Spasial

Ini adalah kecerdasan yang terkait dengan pemahaman ruang spasial. Ruang spasial sering dikaitkan dengan pemetaan. Pengemudi profesional biasanya mengembangkan potensi ini.

Jika dia melintasi jalan yang tidak dikenal di jalan sempit, misalnya, dia masih bisa meninggalkan jalan tanpa tersesat. Kemampuan ini adalah kemampuan spasial.

Kemampuan Visual

Ini adalah kecerdasan untuk menciptakan kreasi visual. Kreasi ini bisa dalam bentuk lukisan, lukisan atau film.

Tidak hanya itu, mereka yang memiliki potensi ini dapat memahami puzzle yang muncul secara visual, misalnya menerjemahkan makna sebuah lukisan.

Kemampuan Logis

Ini adalah kemampuan seseorang untuk berpikir secara logis dan matematis. Potensi ini terkait dengan kecerdasan dalam kepalanya untuk memahami berbagai hal secara numerik, termasuk perhitungan dan penyimpanan rumus matematika.

Keterampilan logis yang mungkin dapat diperoleh melalui bakat atau pembelajaran.

Kemampuan Linguistik

Itulah kemampuan individu dalam bahasa. Kemampuan ini memiliki tujuan luas, tidak hanya untuk memahami teks deskriptif, tetapi juga untuk berbicara, mengadakan konferensi dan melakukan diskusi.

Kemampuan ini masih ada kaitannya dengan kecerdasan yang di miliki seseorang ketika / atau untuk mengembangkan keterampilan verbal untuk realisasi diri.

Kemampuan Kinestetik

Ini adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuhnya. Tidak hanya untuk bergerak, tetapi juga untuk mengembangkan elastisitas atau fleksibilitas dan untuk menciptakan harmoni melalui gerakan fisik yang tepat dan menarik, seperti penari profesional.

Keterampilan Interpersonal

Itulah kemampuan seseorang untuk membangun hubungan sosial. Potensi kecerdasan seseorang yang pandai dalam hubungan interpersonal ditunjukkan oleh kemampuannya berkomunikasi, melobi, mewawancarai orang lain, atau sejenisnya.

Kemampuan ini adalah tentang membangun dan memelihara hubungan antara orang – orang.

Kemampuan Intrapersonal

Ini adalah kemampuan seseorang untuk memahami, mengelola, dan mengelola dirinya sendiri.

Orang – orang yang mampu mengembangkan potensi pribadi batiniah mereka dapat membuat keputusan, membuat visi dan menetapkan tujuan hidup.

Kemampuan intrapersonal bisa dilatih dengan adanya upaya pengendalian diri emosional. Orang sering mengalami kesulitan mengetahui apa potensi mereka karena terlalu tersembunyi.

Sekalipun masalahnya bukanlah potensi yang tersembunyi, tetapi kegigihannya untuk menyempurnakan kemampuannya sehingga potensi itu ada.

Beberapa orang memiliki bakat. Misalnya, seorang anak telah mempelajari Alquran dengan hati, bisa bermain piano dan sihir dengan baik.

Kami akan terkejut melihat dan mempertimbangkan di mana mereka memperoleh kemampuan ini selama pelatihan. Ini bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Potensi yang berasal dari talenta ini umumnya dianggap turun temurun. Ini berarti bahwa faktor genetik adalah penentu utama. Seperti halnya kondisi fisik, kita tidak dapat memilih dengan apa kita dilahirkan.

Hal terpenting dalam mengembangkan potensi adalah keuletan dan kerja keras yang terus-menerus dilakukan.

Jadi, apa potensi diri yang anda miliki??

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: