Rumus Hambatan Listrik dan Contoh Soal Lengkap

Posted on

Rumus Hambatan Listrik dan Contoh Soalnya – Dipertemuan sebelumnya telah Penulis bahas tentang Rumus Daya Listrik dan Rumus Tegangan Listrik yang telah ditulis secara lebih detail karena sudah ada contoh soalnya. Maka sekarang tiba saatnya bagi Penulis secara bergantian akan menjelaskan tentang Rumus Menghitung Hambatan Listrik secara lebih detail pula karena tidak bisa dipungkiri bahwa Hambatan Listrik, Tegangan Listrik dan Daya Arus Listrik saling melengkapi dan saling membutuhkan satu sama lain.

rumus hambatan listrik dan contoh soalnya

Oleh karena itu Penulis akan menjelaskan tentang Cara Mencari Hambatan Listrik sebagai pelengkap dari pembahasan artikel Daya Listrik  dan Tegangan Listrik yang ditulis kemarin. Langsung saja didalam Pengertian Hambatan Listrik ialah suatu perbandingan antara Tegangan Listrik dari suatu Komponen Elektronik (Semisal Resistor) dengan Arus Listrik yang melewatinya. Dan Hambatan Listrik ini memiliki satuan fisika bernama Satuan Ohm yang merupakan Satuan SI (Impedansi Listrik) yang diambil dari nama Seorang Ilmuwan dan Fisikawan bernama Georg Simon Ohm berasal dari Jerman.

Rumus Hambatan Listrik Secara Umum

Kemudian didalam Cara Menghitung Hambatan Listrik yang mempunyai satuan Ohm ini secara umum dirumuskan seperti dibawah ini :

R = V / I

R adalah Hambatan Listrik daalm Satuan Ohm

V adalah Tegangan Listrik dalam Satuan Volt

I adalah Arus Listrik dalam Satuan Ampere

Contoh Soal Hambatan Listrik Secara Lengkap

Setelah kalian mengetahui tentang Rumus Mencari Hambatan Listrik, maka tiba saatnya bagi kalian untuk memahami dan belajar lebih dalam lagi tentang Hambatan Listrik ini dengan melihat Contoh – Contoh Soal Mencari Hambatan Listrik seperti dibawah ini :

” Terdapat sebuah Lampu Pijar yang memiliki Tegangan Listrik sebesar 40 Volt dengan kekuatan Arus Listrik sebesar 10 Ampere. Maka Hitunglah besaran Hambatan Listrik yang dihasilkan oleh Lampu Pijar tersebut ? ”.

Jawabannya :

R = V / I

R = 40 Volt / 10 Ampere

R = 4 Ohm

Jadi Hambatan Listrik yang dihasilkan oleh Lampu Pijar tersebut sebesar 4 Ohm.

Seperti itulah ulasan tentang Rumus Hambatan Listrik dan Contoh Soal secara lebih lengkap, semoga saja apa yang telah Penulis tuliskan disini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca di Laman Website Rumus – Rumus ini karena sekali lagi ulasan tentang Hambatan Listrik, Tegangan Listrik dan Kuat Arus Listrik ini sering sekali keluar di Soal – Soal Ujian Mata Pelajaran Fisika, baik di Soal Ujian Akhir Sekolah dan Soal Ujian Nasional.

Selain itu sebagai tambahan informasi saja kepada kalian bahwa salah stu Alat Ukur yang digunakan untuk mengukur Hambatan Listrik adalah Alat Ukur Jembatan Wheatstone yakni sebuah Alat Ukur yang dapat digunakan untuk mengukur Hambatan Listrik yang tidak diketahui, dan Alat Ukur Jembatan Wheatstone ini merupakan alat ukur yang ditemukan oleh Samuel Hunter Christie pada tahun 1833 silam, tetapi dipopulerkan oleh Sir Charles Wheatstone ditahun 1843 Silam sehingga sampai sekarang Alat Ukur menjadi terkenal untuk mengukur suatu Hambatan Listrik yang tidak bisa dihitung (tidak diketahui).


Baca Juga :