Rumus Kimia Belerang (Sulfur), Sifat Belerang, Dan Fungsi Belerang

Posted on

Rumusrumus.com pada pembahasan kali ini akan membahas tentang belerang, termasuk rumus, pembuatan belerang, sifat sifat belerang serta fungsi belerang bagi kehidupan manusia. termasuk tabel periodik dan juga hal menarik tentang belerang atau yang biasa kita kenal dengan sulfur

Pengertian Belerang

Belerang atau dengan nama lain sulfur ialah unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang S dan dengan nomor atom 16. Belerang juga merupakan unsur non-logam yang tidak berasa. dalam bentuk aslinya ialah sebuah zat padat kristalin kuning.

Di alam, belerang bisa ditemukan sebagai unsur murni ataupun sebagai mineral sulfat dan sulfida . Belerang termasuk unsur penting bagi kehidupan dan ditemukan pada 2 asam amino. satu contoh penggunaan belerang biasanya dalam pupuk. Selain itu, belerang juga dipakai dalam bubuk mesiu, insektisida, korek api , dan fungisida.

Rumus Belerang

tabel periodik belerang
tabel periodik belerang

Pembuatan Sulfur

Belerang biasanya dihasilkan secara komersial pada sumber mata air sampai endapan garam yang melengkung sepanjang Lembah Gulf. air yang dipanaskan masuk ke sumber mata air untuk mencairkan belerang, dan kemudian terbawa ke permukaan.

Belerang pun terdapat pada minyak mentah dan gas alam, tetapi belerang harus dihilangkan dari keduanya. hal ini dilakukan secara kimiawi, yang akhinya harus membuang belerang. Namun saat ini, proses yang baru memungkinkan untuk mengambil balik belerang yang terbuang. Sebagian besar belerang diambil dari ladang gas Alberta.

Sifat Sifat Sulfur

Belerang atau dengan nama lain sulfur itu berwarna kuning pucat, padatan yang rapuh dan tidak larut didalam air akan tetapi mudah larut dalam CS2 atau yang di sebut karbon disulfida. Dalam berbagai bentuk, baik cair , gas , maupun padat, unsur belerang terjadi sebagai bentuk alotrop yang lebih dari satu atau banyak campuran. Dengan bentuk yang berbeda, akibatnya sifatnya pun berbeda dan keterkaitan antara sifat dan bentuk alotropnya belum dapat dipahami.

Isotop

Ada empat isotop stabil belerang atau yang sering dikenal sebagai sulfuR
meliputi sulfur 32, 33, 34, dan 36.
Mayoritas yang alami belerang ialah belerang 32.

gambar belerang
gambar belerang

Kegunaan Belerang

Belerang atau sulfur adalah komponen serbuk mesiu yang digunakan didalam proses vulkanisasi karet alam dan berperan juga sebagai fungisida. Belerang digunakan jumlah besar dalam pembuatan pupuk fosfat. Berton-ton belerang digunakan agar menghasilkan asa sulfat, bahan kimia yang sangat penting.

Belerang atau sulfur juga digunakan untuk membuat kertas sulfit dan jenis kertas lainnya, untuk membuat streril alat pengasap, dan juga untuk memutihkan buah kering. Belerang merupakan insultor yang amat baik.

Belerang atau sulfur begitu penting bagi kehidupan. Belerang menjadi penyusun lemak, mineral tulang dan cairan tubuh, dalam kadar yang sedikit.

Belerang atau sulfur juga dapat dengan cepat menghilangkan bau. namun Belerang dioksida termasuk zat berbahaya di atmosfer, sebagai pencemar udara.

Fakta Menarik tentang Sulfur

Planet Jupiter dengan salah satu satelitnya terlihat berwarna kuning itu dikarenakan terdapat banyak jumlah besar belerang atau sulfur di permukaannya. Belerang ini juga berasal dari banyak gunung berapi yang masih aktif di suatu planet.

Sumber utama hujan asam ialah saat sulfur dioksida masuk ke atmosfer dan diubah menjadi asam sulfat.

Siklus sulfur penting yang kerap terjadi di bumi itu mirip dengan siklus unsur lain seperti siklus karbon, nitrogen dan oksigen.

Amerika serikat , china, Kanada, dan Rusia adalah negara penghasil sulfur terbanyak di planet ini.

Baca Juga :


Baca Juga :