Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Rumus Kimia Glukosa

Posted on

RumusRumus.com – pada kesempatan kali ini akan membahas tentang materi, pengertian, fungsi, dan rumus kimia glukosa serta nanti akan dijelaskan pula peran glukosa dalam metabolisme pada manusia.

Pengertian Glukosa

Glukosa adalah salah satu gula monosakarida dan salah satu karbohidrat penting yang biasa digunakan sebagai sumber tenaga bagi tumbuhan dan hewan. juga merupakan salah satu hasil utama fotosintesis. Glukosa sering disebut juga dengan dekstrosa , d-glukosa ataupun gula buah. Glukosa juga menjadi sumber tenaga yang terdapat di mana-mana dalam biologi. Kenapa glukosa? dan bukan monosakarida lain itu karena Glukosa dapat dibentuk dari formaldehida dalam keadaan abiotik, sehingga mudah tersedia di sistem biokimia primitif. Yang penting untuk organisme tingkat atas adalah glukosa bila dibandingkan dengan gula heksosa lainnya, yang tidak mudah bereaksi secara nonspesifik dengan gugus amino protein.

rumus kimia glukosa

Rumus Kimia Glukosa

Rumus Kimia Glukosa Adalah :

C6H12O6

 

Peran Glukosa Dalam Metabolisme

Glukosa atau glukul (dalam bahasa yunani) diserap ke dalam peredaran darah melalui saluran pencernaan.lalu Sebagian glukos amenjadi bahan bakar sel otak, dan yang lainnya menuju otot dan hati, dan menyimpannya sebagai glikogen/ pati hewan dan sel lemak, dan menyimpannya sebagai lemak. Glikogen juga merupakan salah satu sumber energi cadangan yang akan dikonversi menjadi glukosa saat dibutuhkan lebih banyak energi. akan tetapi lemak simpanan dapat juga menjadi sumber energi cadangan dan lemak tak pernah secara langsung dikonversi menjadi glukosa

Penamaan Glukosa

Yaitu gula dengan atom C asimetrik lebih dari 1, notasi D atau L yang ditentukan oleh atom C asimetrik terjauh dari gugus aldehida. Gula yang ditemui di alam adalah dalam bentuk isomer D.

Gula dalam bentuk D adalah bayangan cermin dari gula bentuk L. Kedua gula ternyata memiliki nama yang sama, misalnya D-glukosa & L-glukosa. Pada gula yang lebih panjang, bentuknya ditentukan dari atom karbon kiral yang jauh dari gugus karbonil.

Bentuk kiral yang berbeda darigula, disebut stereoisomer atau isomer optik

Fungsi Glukosa Pada Manusia

Ternyata tubuh kita membutuhkan glukosa karena glukosa bisa dijadikan sumber intermediet metabolisme dan juga berperan sebagai sumber energi. proses metabolisme pada tubuh agar lancar dan sempurna, glukosa ikut serta memegang peranan penting dikarenakan tubuh menggunakannya agar proses metabolisme berjalan dengan baik. Aliran glukos adalam darah dapat terseraplangsung ke dalam jaringan dan sel-sel tubuh sebagai sumber tenaga utama. Ada sebagian glukosa tak digunakan tubuh sebagai bahan sumber tenaga, dan glukosa yang tak digunakan itu alirannya akan melaju ke organ hati dan disimpan dalam bentuk lemak di bagian otot dan juga glikogen di dalam tubuh.

namun sebenarnya hal ini tidak pasti, dikarenakan ada beberapa orang yang tak ingin mengkonsumsi gula dan justru menghindarinya . Ada pula orang yang santai saja dan bisa mengonsumsi gula dengan tidak khawatir bahwa gula bisa mengganggu kesehatannya.

Untuk jumlah seberapa banyak gula olahan yang bisa dikonsumsi
AHA atau American Heart Association menyatakan

  • usia 1-3 tahun membutuhkan 25 gram atau sama dengan 5 sendok teh gula (maksimal)
  • usia 3-6 tahun membutuhkan 38 gram atau sama dengan 8 sendok teh gula (maksimal)
  • usia dewasa membutuhkan 90 gram , menurut rekomendasi British Nutrition Foundation (maksimal)

Nah itulah sebagian hal kecil tentang glukosa baik secara ilmu kimia maupun fungsi untuk tubuh manusia, semoga bermanfaat

Baca Juga :


Baca Juga :