Sarana Dan Prasarana

Posted on

Sarana Dan Prasarana – Tahukah anda segala sesuatu aktivitas yang kamu lakukan baik di sekolah, di kantor, di universitas dan lainnya didukung dengan adanya sarana dan prasarana didalamnya. Dimana hal ini untuk mendukung segala bentuk kegiatan yang tengah terjadi di sebuah tempat tertentu. Nah namun sarana maupun prasarana tidaklah sama loh, karena mereka sangat jauh berbeda jika kalian pahami. Maka untuk lebih jelasnya simaklah penjabaran yang ada dibawah ini :

sarana dan prasarana

Pengertian

Sarana dan Prasarana merupakan segala alat dan bahan sesuatu yang bisa dipakai guna untuk mencapai ataupun menunjang tujuan dari sebuah proses produksi atau kegiatan lainnya. Seperti segala sesuatu berkaitan dengan alat : alat tulis, meja, pena dan lainnya.

Sedangkan prasarana merupakan segala bentuk yang merupakan pendorong utama terselenggaranya produksi atau sarana tersebut. Sebagai contoh : proyek, tanah lapang, bangunan dimana terjalinnya kegiatan tersebut, atau dapat dikatakan benda tidak bergerak

Pengertian Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian secara umum, berikut merupakan pengertian menurut beberapa para ahli ialah :

Baca Juga : Laporan Penelitian

1. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, jika Sarana merupakan segala sesuatu dimana bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai maksud maupun tujuan tertentu. Sedangkan Prasarana merupakan segala sesuatu dimana penunjang utama terselenggaranya suatu proses kegiatan sebuah usaha, pembangunan, maupun proyek.

2. Menurut Moenir (1992)

Menurut Moenir, Sarana dan Prasarana merupakan segala bentuk jenis peralatan, perlengkapan kerja serta fasilitas dimana memiliki fungsi sebagai alat utama maupun pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan serta hal – hal penting yang juga berhubungan dengan organisasi kerja.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup yang terjadi pada Sarana dan Prasarana ialah sesuai dengan penggunaannya dimana. Sebagai contoh Sarana dan Prasarana di Kantor, tentu Sarana dan Prasarana nya ialah : pena, pensil, meja, kursi, gedung kantor, lahan tanah, lahan parkir dan lainnya. Nah Sarana dan Prasarana yang ada di Kantor berbeda dengan di Sekolah dan lainnya.

Fungsi Utama

Sarana dan Prasarana memiliki fungsi utama didalamnya, dimana sesuai dengan ruang lingkup yang terjadi didalamnya seperti : di Kantor, ialah sebagai berikut ini :

  1. Bisa mempercepat adanya proses pelaksanaan pekerjaan di Kantor sehingga mampu menghemat waktu seefisien mungkin.
  2. Akan meningkatkan produktivitas baik barang maupun jasa.
  3. Hasil kerja akan lebih berkualitas dan terjamin.
  4. Bisa akan lebih sederhana maupun memudahkan dalam gerak para pengguna maupun pelaku didalam kegiatan tersebut.
  5. Adanya ketetapan susunan stabilitas pekerja yang akan lebih terjamin dan terinci.
  6. Bisa menimbulkan rasa kenyamanan dan rasa kepuasan terhadap orang – orang dimana berkepentingan maupun mempergunakan didaalamnya.

Beberapa Contoh

Terdapat beberapa contoh Sarana dan Prasarana dimana ada di sekitar lingkungan yang umum atau biasanya sering ada, ialah sebagai berikut :

1. Pada Kantor

Sarana dan Prasarana di Kantor tentu berbeda di tempat lainnya, berikut merupakan Sarana & Prasarana di kantor :

A. Seperangkat Peralatan Mesin

Membantu proses menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan menggunakan seperangkat alat, seperti alat tersebut bisa digunakan mulai dari : mencatat, merekam, serta mengolah data – data. Sebagai contohnya ialah : komputer, printer, mesin fotocopy, proyektor, scaner, mesin ketik, serta lainnya.

B. Semua Perabotan Kantor

Segala sesuatu untuk membantu dalam pelaksanaan proses pekerjaan di kantor seperti seluruh perabotan kantor, seperti : meja, kursi, serta papan tulis.

C. Peralatan / Perlengkapan Lainnya

Suatu bahan atau perlengkapan lainnya dimana bisa menghasilkan sesuatu dari proses pekerjaan yang dilaksanakan. Sebagai contoh ialah kertas, serta buku dimana digunakan untuk mencatat data – data.

2. Pada Sekolah

Didalam proses kegiatan belajar dan mengajar tentu memiliki sarana dan prasarana yang mendukung kegiatannya, ialah sebagai berikut :

A. Adanya Ruang Kelas

Adanya prasarana ruang kelas, tentu ini berfungsi agar proses kegiatan belajar dan mengajar yang terjadi didalamnya. Dimana juga berfungsi untuk menyimpan serta membaca, sarana seperti : buku materi mata pelajaran yang akan dipelajari di hari itu.

Baca Juga : Wawasan Nusantara

B. Terdapat Fasilitas Olahraga

Dimana dengan adanya fasilitas olahraga tentu berguna untuk berolahraga bagi siswa – siswi maupun bapak / ibu guru. Contoh sarana yang digunakan seperti : bola basket, bola voli, bola sepak, serta prasarana lapangan tempat berlangsungnya olahraga.

C. Terdapat Ruang Praktek

Ruang prasarana ini berfungsi bagi anggota siswa yang melaksanakan praktek materi pelajaran, seperti laboratorium kimia ataupun fisika, serta ruang komputer untuk praktek.

D. Adanya Ruang Musholla

Dengan adanya prasarana ruang ini tentu berfungsi untuk tempat beribadah bagi siswa – siswi serta seperangkat yang ada disekolah yang muslim.

Apa yang dimaksud sarana ?

Segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai alat dalam mencapai sebuah maksud maupun tujuan tertentu. Berarti dapat disimpulkan bahwa, sarana ini lebih menunjuk pada benda – benda maupun alat bergerak.

Sebagai contoh sarana pada sekolah, seperti : meja, kursi, komputer, rak, papan tulis, dokumen, dan sebagainya.

Bagaimana perbedaan antara sarana dan prasarana ?

Dalam sarana pada bentuk fasilitas maupun alat, kepemilikan dimiliki oleh individual, swasta maupun pemerintah, sarana ini berfungsi sebagai alat utama dalam satu kegiatan, namun pembiayaan dapat dilakukan secara individu ataupun peserta kegiatan. Sedangkan prasarana pada bentuk fasilitas umum, dimana kepemilikan dimiliki oleh pemerintah yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan secara umum, pembiayaan dapat dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan pelaku kegiatan.

Apa yang dimaksud prasarana ?

Segala sesuatu dimana menjadi penunjang utama terselenggaranya sebuah proses kegiatan. Dimana proses ini bisa berupa suatu pembangunan, usaha, maupun proyek, dimana hal ini tertuju pada benda – benda yang tidak bisa bergerak.

Sebagai contoh prasarana pada kantor, ialah : ruang belajar, ruang rapat, tanah lapang, gedung, lahan parkir, dan sebagainya.

Baca Juga : Konsep Ruang Dan Waktu

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Rate this post
Related posts: