Rangkuman Rumus Volume Bangun Ruang Matematika

Posted on

Apa sajakah Rumus Volume Bangun Ruang Matematika ? Setiap bangun ruang memiliki rumus masing-masing. Namun pada intinya, rumus dari bangun ruang adalah luas alas dikali dengan tinggi. Bangunan yang sama sisi-sisinya atau memiliki bentuk yang sebangun maka umumnya rumus volumnya sangat mudah. Seperti misalnya balok dan kubus. Untuk beberapa bangun seperti limas, sebenarnya pun sangat mudah dicari berapa volumnya asalkan mengerti seperti apa rumusnya.

Saat ini, mencari tahu apa saja rumus dari bangun ruang sangatlah mudah. Berbagai macam sumber bisa digunakan seperti misalnya dari buku rumus matematika, buku pelajaran matematika yang memiliki materi bab bangun ruang, buku kumpulan rumus, hingga sumber bacaan online seperti website yang memberikan kumpulan-kumpulan rumus. Dipostingan sebelumnya kami juga telah membahas tentang macam macam bangun ruang. Pada intinya, mencari tahu apa saja rumus dari bangun ruang terutama untuk mencari volumnya sangat mudah. Namun, di sini akan diberikan ulasan lengkapnya untuk Anda agar segera bisa mengetahui apa saja Rumus Volume Bangun Ruang Matematika.

Rumus Volume Bangun Ruang Matematika

Seperti yang telah dijelaskan tadi, masing-masing bangun ruang maka akan memiliki rumus sendiri untuk mengetahui berapa volumnya. Maka dari itu, di sini akan diberikan beberapa Rumus Volume Bangun Ruang Matematika. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasannya berikut ini:

  • Balok

rumus-balok

Volume Balok = P x L x T

Rumus volum balok sangatlah mudah yaitu luar alas dikali tinggi. Luas alasnya adalah lebar dikali panjang. Sehingga, untuk bisa mendapatkan volum balok rumusnya adalah panjang kali lebar kali tinggi.

  • Kubus

rumuskubus

Volume Kubus = rusuk x rusuk x rusuk (R³)

Secara garis besar, tidak ada perbedaan rumus mencari volum balok dan kubus. Keduanya sama-sama menggunakan rumus luas alas  dikali dengan tinggi. Namun pada bangun ruang kubus, alas dari bangunan kubus merupakan persegi yang rumus mencari luasnya adalah sisi kali sisi. Maka dari itu, untuk mencari volumnya adalah sisi kali sisi kali sisi atau dengan kata lain sisi pangkat 3. Perbedaan mencolok bangun ruang kubus dan balok berada pada alasnya. Namun ketika ingin menghitung volumnya, maka hanya tinggal mengkalikan semua sisi-sisinya yaitu lebar, panjang dan tinggi.

  • Prisma Tegak Segitiga

prisma tegak

Volume Prisma Tegak Segitiga = (1/2 x A x Tinggi Segitiga) x Tinggi Prisma

Prisma tegak segitiga juga merupakan bangun ruang yang bisa diketahui berapa volumenya dari rumus luas alas kali tinggi. Namun, pada alas prima merupakan bentuk bangun datar segitiga. Maka dari itu, volume primas tegak segitiga rumusnya adalah 1/2 kali alas kali tinggi segitiga kali tinggi prisma.

Baca Juga : Macam Macam Prisma Bangun Ruang

  • Limas segitiga

limas segitiga

Volume Limas Segitiga = 1/3 x (1/2 x a x Tinggi Segitiga) x Tinggi Limas

Untuk limas segitiga, rumus volumenya adalah 1/3 kali luas alas kali tinggi limas. Luas alasnya dapat dicari dengan rumus bangun datar segitiga.

  • Limas segiempat

limas segiempat

Volume Limas Segi Empat = 1/3 x (P x L) x Tinggi Limas

Untuk limas segiempat, pada intinya sama dengan limas segitigas yaitu 1/3 kali luas alas kali  tinggi limas. Namun, pada pencarian luas alasnya menggunakan rumus luas persegi yaitu panjang kali lebar.

  • Tabung

tabung

Volume Tabung = π x r² x t

Volume tabung juga dapat diketahui dengan mudah yaitu luas alas kali tinggi. Pada alas tabung yang merupakan bentuk bangun datar lingkaran, maka menggunakan rumus πr². Sehingga, untuk rumus volume tabung menjadi πr² kali  tinggi tabung.

  • Kerucut

kerucut

Volume Kerucut = 1/3 x π x r² x t

Untuk kerucut, rumus volumenya adalah sepertiga dari volume tabung. Sehingga rumusnya adalah 1/3 kali πr² kali  tinggi tabung.

Itulah tadi uraian lengkap tentang Rumus Volume Bangun Ruang Matematika. Rumus yang telah diberikan tadi sangatlah mudah dihafal dan sangat mudah dipraktikkan. Untuk bisa lebih lancar dalam menjawab soal, sebaiknya seringlah berlatih menjawab latihan soal tentang volume bangun ruang.


Baca Juga :