Rumus Muatan Listrik dan Contoh Soal Paling Lengkap

advertisements

Rumus Muatan Listrik – Di Sekolah SMA pastinya kalian ada Materi tentang Muatan Listrik didalam Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA), dan jika kalian sebagai Pelajar SMA belum cukup memahami tentang Muatan Listrik yang sudah diterangkan dan diajarkan oleh Guru Fisika kalian maka disini kalian bisa mempelajari Materi Muatan Listrik Fisika secara lebih jelas dan detail karena disini Penulis Rumus Rumus telah membahas lengkap tentang Materi Muatan Listrik Fisika tersebut, seperti Apa Itu Muatan Listrik dan Rumus Menghitung Muatan Listrik Beserta Contoh Soalnya Lengkap.

rumus muatan listrik dan contoh soal lengkap

Dan langsung saja bahwa didalam Pengertian Muatan Listrik didalam Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas (Fisika SMA) adalah salah satu Sifat Muatan Dasar yg dibawa oleh suatu Partikel Dasar yang dapat menyebabkan Partikel Biasa tersebut mengalami Gaya Tolak Menolak dan Gaya Tarik Menarik. Perlu kalian ketahui bahwa Muatan Listrik dari Suatu Partikel Dasar tersebut dapat berjenis Positif dan Negatif, selain itu jika terdapat 2 Buah Benda yang mempunyai muatan yg sama maka akan saling tolak menolak, tetapi jika muatan dari kedua benda itu berbeda jenis maka kedua benda tersebut akan tarik menarik satu sama lain.

Jenis Muatan Listrik Dalam Fisika

Untuk Macam Macam Muatan Listrik di dalam ilmu Fisika ini mempunyai Dua Jenis Muatan Listrik yang antara lain [1] Muatan Listrik Elektron yg membawa Muatan Negatif dan [2] Muatan Listrik Proton yg membawa Muatan Positif. Dan didalam masing – masing Kedua Muatan (Muatan Positif dan Muatan Negatif) tersebut mempunyai Muatan 1 Elektron sama dengan – 1,6.10-19 coulomb dan + 1,6.10-19 coulomb.

advertisements

Kemudian didalam Muatan Listrik pada Suatu Benda itu ditentukan oleh Jumlah Proton dan Jumlah Elektron yg terkandung didalam benda tersebut, sebagai Contoh Muatan Listrik jika sebuah benda terdapat kelebihan elektron = kekurangan proton maka benda tersebut akan bermuatan Negatif. Dan Contoh Muatan Listrik lainnya ialah jika terdapat benda yang kekurangan elektron = kelebihan proton maka benda itu bermuatan Positif. Selain itu jika terdapat suatu Benda jika Jumlah Elektron = Jumlah ∑ Proton = ∑ Elektron maka benda itu tidak bermuatan atau dalam konteks ini bersifat Muatan Netral.

Sifat – Sifat Muatan Listrik Yang Ada

Lalu didalam Muatan Listrik sendiri mempunyai Sifat – Sifat yang bisa dikatakan seperti Sifat pada Manusia, dan Sifat – Sifat Muatan Listrik tersebut antara lain :

1.  Sifat Muatan Listrik pertama ialah Muatan Listrik yang sejenis akan saling tolak menolak dan muatan tidak sejenis akan saling tarik menarik satu sama lain, dan dalam hal ini sama seperti Sifat Manusia karena jika antara Laki – Laki dan Perempuan (Tidak Sejenis) maka akan timbul tarik menarik (ketertarikan).

2. Sifat Muatan Listrik kedua adalah Muatan Listrik sangat mirip dengan Massa karena Muatan Listrik mempunyai Hukum Kekekalan Muatan yang sama seperti Hukum Kekekalan Massa. Gaya yg ditimbulkan oleh 2 Muatan Listrik memiliki dan mempunyai karakter yg hampir sama seperti Gaya Gravitasi yg ditimbulkan oleh 2 buah benda dg massa yg tertentu, dan gaya antar muatan itu juga memiliki sifat terpusat dan konservatif.

3. Sifat Muatan Listrik yang ketiga adalah besaran pokok fisika yg dapat diukur dlm satuan coulomb (c). Dan perlu kalian ketahui bahwa nilai 1 coulomb itu sama dengan 6,24 x 1018 muatan proton (e) sehingga muatan yg dikandung oleh sebuah proton ialah 1,602 x 1019 coulomb. Selain itu nilai Elektron memiliki muatan yg sama dengan proton, hanya saja berbeda jenis sehingga nilai Elektron tersebut seperti ini (-)1,602 x 10-19 coulomb.

Rumus Muatan Listrik Dalam Fisika

Setelah kalian cukup memahami tentang Pengertian, Jenis dan Sifat – Sifat Muatan Listrik maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui dan memahami secara lebih dalam mengenai Rumus Muatan Listrik, dan Rumus Muatan Listrik ini bisa kalian lihat secara langsung dibawah ini :

rumus muatan listrik dan penjelasannya lengkap

Kemudian untuk penjelasan tentang Rumus Muatan Listrik diatas ialah merupakan Rumus Mencari Muatan Listrik dengan mematematiskan dari Hukum Coulumb, dan sebagai tambahan informasi saja bahwa Hukum Coulumb didalam ilmu Fisika merupakan Hukum yg ditemukan oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Perancis yang bernama Charles Augustin de Coulomb dan Hukum Coulumb ini ditemukan di Abad ke 18 silam.

Adapun didalam Bunyi Hukum Coulomb tersebut seperti ini : ” Gaya tarik menarik ataupun gaya tolak menolak antara 2 muatan listrik, itu sebanding dg muatan – muatan’nya dan berbanding terbalik dg kuadrat jarak yg memisahkan kedua muatan listrik tersebut ”. Seperti itu lah Bunyi Hukum Coulomb yang ditemukan oleh Ilmuwan Charles Augustin de Coulomb dan semoga saja bisa bermanfaat bagi kalian semua Pembaca dan Pelajar SMA.

Contoh Soal Muatan Listrik dan Jawabannya

Terdapat Suatu Benda yg mempunyai massa sebesar 40 gram dan bermuatan q1 = 1 µC yang digantungkan di seutas tali dengan massa yang telah diabaikan. Lalu disebelah kiri didalam benda tersebut telah diletakkan sebuah muatan q2 dg besaran muatan sebesar -2 µC yg dapat menyebabkan posisi benda tersebut dapat bergeser ke sebelah kiri. Jika Diketahui k = 9.109 Nm2/Cdan G = 10 ms-2 maka tentukan nilai dari tegangan yg dialami oleh tali tersebut ??.

contoh soal muatan listrik dan jawabannya

Demikianlah pembahasan tentang Rumus Muatan Listrik dan Penjelasannya secara lebih lengkap dan lebih dalam, semoga saja apa yg tlah dituliskan dan dijelaskan oleh Penulis disini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) karena tidak bisa dipungkiri bahwa selain Materi Gerak Parabola didalam Mata Pelajar Fisika SMA, Materi Muatan Listrik ini sering sekali keluar di Soal – Soal Ujian, baik itu Soal Ujian Sekolah dan Soal Ujian Nasional sehingga sangat baik sekali bagi kalian Para Pelajar untuk memahami tentang Rumus Muatan Listrik dan Penjelasan lainnya secara lebih dalam mengenai Muatan Listrik Fisika ini, setidaknya kalian menjadi lebih tau dan pintar akan Materi Muatan Listrik.

advertisements
Rumus Muatan Listrik dan Contoh Soal Paling Lengkap | rumus rumus | 4.5