Contoh Asimilasi

Posted on

Contoh Asimilasi – Yang akan dibahas dalam artikel ini sering dikutip dalam pengajaran ilmu sosial. Asimilasi adalah kombinasi atau penggabungan elemen budaya yang berbeda dalam bentuk budaya baru.

Kadang – kadang orang bingung tentang apa asimilasi dan apa itu akulturasi itu. Kedua istilah ini memang sering digunakan secara bergantian.

Saya sarankan mengingat kata kunci tersebut agar dapat dibedakan. Asimilasi menghilangkan unsur – unsur budaya lama, namun akulturasi tidak. Inilah kunci perbedaan antara keduanya, yang sudah dikenal luas.

Mengikuti pendapat sosiolog terkenal Indonesia Soerjono Soekanto, asimilasi adalah proses sosial yang ditandai dengan upaya untuk mengurangi perbedaan yang ada antara individu atau kelompok orang, termasuk upaya untuk memperkuat kesatuan tindakan, sikap, dan proses mental, amati tujuan dan minat bersama.

Bagaimana integrasi atau upaya untuk mengurangi perbedaan dapat terjadi?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan memperkenalkan beberapa contoh asimilasi. Asimilasi dapat terjadi pada tingkat individu, kelompok atau budaya kelompok lain.

Contoh Asimilasi Dalam Sosiologi

contoh asimilasi

Pernikahan Campuran

Perkawinan etnik atau ras adalah contoh asimilasi. Anak-anak ras campuran biasanya menunjukkan campuran warna kulit dan penampilan pasangan mereka.

Sebagai contoh, orang Indonesia yang menikah dengan bule Amerika menghasilkan anak-anak Blesteran. Asimilasi itu sendiri menggarisbawahi proses tersebut.

Jadi kita dapat menyebutkan bahwa anak plesteran adalah produk asimilasi, sedangkan transisi adalah proses asimilasi.

Singlish

Dikenal sebagai Singaporean English, kata orang Singapura kontemporer. Jika Anda berpikir bahwa kebanyakan orang Singapura berbicara bahasa Inggris, kita dapat membayangkan bahwa aksen atau dialeknya aneh.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Singapura. Dialek Malaysia Singapura, yang menyatu dengan bahasa Inggris, menjadi Singlish.

Faktanya, tidak hanya orang Singapura, tetapi juga orang India yang berbicara bahasa Inggris senang dengan dialek India mereka. Bahasa Inggris Medok adalah contoh asimilasi linguistik.

Asian American

Orang Asia, yang merupakan etnis minoritas di Amerika Serikat, berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan mengadopsi norma-norma dan nilai-nilai yang berorientasi pada budaya Amerika.

Kulit kuningnya memudahkan orang lain untuk curiga bahwa dia orang Asia. Tetapi dia lebih suka mengidentifikasi dirinya sebagai orang Amerika-Asia.

Orang Asia-Amerika, sebagaimana istilah tersebut umumnya merupakan salah satu etnis minoritas yang telah berhasil melakukan proses asimilasi di Amerika Serikat.

Hari Minggu Sebagai Hari Libur

Festival paling umum di Indonesia adalah hari Minggu. Ketika kita mendengar akhir minggu, kita dapat berpikir tentang hari Sabtu dan Minggu.

Sabtu sebagai awal, Minggu sebagai puncak. Mengapa hari Minggu menjadi hari libur?

Jika kita berpikir kritis, pertama – tama kita harus menyadari bahwa liburan dihari Minggu punya cerita. Liburan hari Minggu adalah hasil kesepakatan.

Yaitu, tradisi perayaan hari Minggu berawal di Barat. Ya, saya ragu hari Minggu adalah budaya asli Indonesia. Free Sunday adalah contoh asimilasi.

Hari Valentine

Partisipasi pada Hari Valentine di Indonesia tidak jauh berbeda dari hari Minggu sebagai hari libur dan dapat dilihat sebagai proses asimilasi pada tingkat individu.

Ketika seseorang beremigrasi dari tanah Papua ke Eropa untuk merayakan Halloween, ia melakukan proses asimilasi dengan budaya masyarakat yang ada di sana.

Halloween itu sendiri bukan murni Eropa, yang berarti bahwa proses adaptasi budaya yang dilakukan oleh anak-anak Papua menunjukkan tahapan asimilasi berlapis-lapis.

Berpartisipasi dalam perayaan Halloween, Hari Valentine dan sejenisnya di mana pun orang Papua adalah contoh asimilasi individu.

Mirip dengan akulturasi, asimilasi sosiologis sering digunakan untuk menjelaskan fenomena kelompok minoritas yang beradaptasi dengan budaya, nilai-nilai dan norma-norma mayoritas.

Imigran adalah salah satu topik yang sering dimasukkan dalam penyelidikan proses asimilasi.

Namun, definisi asimilasi yang sederhana melampaui mengadaptasi imigran dengan budaya mayoritas lokal.

Seperti yang telah disebutkan, asimilasi adalah kombinasi, pencampuran dan penggabungan berbagai budaya dalam budaya baru.

Baca Juga :

Related posts: