Contoh Norma Kesusilaan

Posted on

Contoh Norma Kesusilaan – Tahukah anda tanpa di sadari setiap norma kesusilaan ternyata telah tertanam didalam diri manusia, atau lebih tepatnya berada didalam hati sanubari itu sendiri. Norma kesusilaan sendiri menjadi begitu penting karena nantinya akan berhubungan dengan aktivitas didalam kehidupan.

contoh norma kesusilaan

Nah untuk lebih memahaminya, marilah kita simak penjabaran dibawah ini :

Pengertian

Norma Kesusilaan merupakan aturan sosial dimana mengatur mengenai tentang cara manusia berperilaku yang secara umum bersumber dari hati nurani manusia ini sendiri.

Pada norma kesusilaan tidak tersirat sanksi yang tegas sebagaimana mestinya norma hukum. Disamping itu, mereka yang melanggar norma kesusilaan akan tetap mendapat sanksi dimana sifatnya individual, seperti rasa malu.

Nah norma kesusilaan sendiri terdiri atas dua kata, yaitu :

  1. Norma; sebuah aturan maupun pedoman untuk mengatur
  2. Kesusilaan; suatu sikap maupun peraturan hidup

Definisi norma kesusilaan bisa juga diartikan sebagai peraturan sosial dimana bersumber dari hati nurani manusia yang membentuk akhlak seseorang itu sendiri.

Karena bersumbernya berasal dari hati nurani sendiri, maka norma kesusilaan tidak tertulis serta pelaksaaannya dilaksanakan manusia berdasarkan hati nuraninya ini. Norma kesusilaan ini dikenal dengan sebutan sebagai norma moral, sehingga siapapun yang melanggar norma kesusilaan dijulukkan sebagai orang yang tidak bermoral ataupun asusila.

Baca Juga : Contoh Norma Hukum

Tujuan Norma Kesusilaan

Mengacu berdasarkan atas pengertian norma kesusilaan tersebut, tujuan norma ini ialah agar setiap individu mempunyai nilai-nilai kemanusiaan serta sifat kesusilaan dengan baik sehingga terciptanya keharmonisan suatu ikatan hubungan antar manusia bisa segera terwujud.

Manfaat Norma Kesusilaan

Disamping tujuannya tersebut tentunya akan terkandung banyak manfaat didalamnya, contohnya untuk membantu seseorang agar bisa membedakan mana hal yang bersifat buruk dan mana yang bersifat baik.

Tidak hanya itu, norma kesusilaan juga bisa menjadi petunjuk bagi manusia mengenai tentang bagaimana cara bersikap serta bertingkah laku didalam kehidupan bermasyarakat.

Ciri-Ciri Norma Kesusilaan

Berdasarkan suatu pengertian norma kesusilaan tersebut, berikut ini merupakan beberapa ciri norma kesusilaan yang dapat diketahui :

1. Lokal

Norma kesusilaan bersifat lokal atau tidak universal sama halnya dengan agama. Setiap wilayah serta masyarakatnya memiliki beberapa norma kesusilaan tersendiri didalamnya. Di Indonesia khususnya, yang dikenal sifat kesusilaannya yang tinggi, jika kita berteriak terhadap orang tua itu tidak baik. Tetapi sebaliknya, dimasyarakat luar negeri seperti Eropa yang dikenal lebih bebas, boleh saja atau tidak masalah berteriak kepada orang tua.

2. Hati Nurani

Norma kesusilaan ini bersumber dalam hati nurani manusia itu sendiri. Terkadang hati nurani terkalahkan oleh berbagai sebuah kepentingan. Sehingga didalam pelaksanaanya hati nurani tidak begitu diperhatikan. Norma susila seperti dihilangkan.

3. Tidak Abadi

Norma kesusilaan tidak bersifat abadi serta tidak universal, karena norma ini tergantung pada ruang serta waktu. Disamping sifatnya berbeda dalam tiap wilayah serta masyarakatnya, berbeda juga diikuti sesuai waktunya. Hari ini pakaian secara baik ialah yang menutup semua aurat, namun dahulu zaman purba orang tidak mengenakan sebuah pakaian. Waktu juga berperan dalam menentukan norma kesusilaan didalam berpakaian.

4. Rasa malu

Rasa malu merupakan sanksi pada diri sendiri maupun masyarakat ketika tidak melaksanakan sebuah norma kesusilaan. Seperti halnya malu jika salah kostum ataupun salah pakaian didalam suatu acara, malu berteriak-teriak diruangan saat sedang adanya rapat, serta sebagainya.

Baca Juga : Contoh Kata Kerja

5. Penyesalan

Penyesalan merupakan sanksi dimana dapat dirasakan oleh diri sendiri ini. Sebagian orang lain mungkin tidak mengetahui, jika dirinya melanggar norma kesusilaan tersebut. Penyesalan ialah salah satu menjadi dampaknya suatu saat nanti, tidak hanya itu bahkan penyesalan bisa menjadi sanksi yang dirasakan seumur hidup dirinya.

Contoh Norma Kesusilaan

Agar lebih memahaminya kita dapat melihat berbagai contoh pada kehidupan sehari-hari atau yang telah dijabarkan dibawah ini :

1. Bersikap Selalu Jujur

Didalam hal ini, jujur tidak hanya saat berbicara tetapi juga dalam bersikap serta bertingkah laku, salah satu contohnya ialah sikap kita saat menemukan maupun melihat barang milik orang lain yang terjatuh atau tertinggal disebuah tempat pada saat itu.

Orang yang jujur ditandai dengan akan menyerahkan barang tersebut ke pemilik ataupun melaporkan serta menyerahkannya kepihak yang berwajib ataupun petugas ditempat tersebut agar dapat dikembalikan kepada pemiliknya.

2. Ringan Dalam Meminta Maaf

Biasanya orang sadar telah melakukan kesalahan akan meminta maaf, hal ini adalah salah satu bentuk norma kesusilaan dimasyarakat tersebut.

Dengan bersikap meminta maaf, maka seseorang menyadari kesalahannya serta bersikap dewasa dalam bertindak meminta maaf. Orang yang berani meminta maaf adalah seseorang yang berpribadi bertanggungjawab serta dapat diandalkan.

3. Berpakaian Yang Sesuai

Didalam cara berpakaian juga merupakan salah satu bentuk norma kesusilaan ini, biasanya orang memilih untuk berpakaian yang sesuai pada tempat serta situasi.

Jika kita menghadiri sebuah acara bersifat resmi, tentunya kita harus memakai pakaian yang resmi pula, sebaliknya untuk kegiatan yang bersifat santai, kita dapat berpakaian yang kasual atau santai. Cara berpakaian pula bisa menunjukkan atau mencerminkan kepribadian seseorang tersebut.

4. Menghargai & Menghormati

Norma kesusilaan juga mengatur cara manusia didalam bergaul dengan sesama manusia tersebut. Secara umum, orang yang lebih tua wajib dihormati serta dihargai orang yang lebih muda.

Disamping itu, cara berbicara serta menyampaikan pendapat kepada orang lain juga harus dapat dijaga. Disesuaikan bagaimana cara berkomunikasi terhadap orang yang sebaya dengan orang yang lebih tua dari diri sendiri.

5. Berbicara Hal-Hal Baik

Bagi banyak orang, cara berbicara adalah hal yang mungkin dianggap sepele. Tetapi kenyataannya, cara kita berbicara serta topik yang dibicarakan bisa berdampak besar bagi orang lain dan khususnya bagi diri kita sendiri.

Menggosipkan atau membicarakan hal tentang orang lain akan berdampak juga pada diri sendiri, hal itu sebabnya perlu memperhatikan bagaimana cara berbicara karena hal itu akan berdampak pula pada diri sendiri.

6. Jangan Mengambil Hak Orang Lain

Manusia merupakan mahluk sosial dimana saling membutuhkan satu sama lain. Didalam kehidupan bersama, tentunya setiap individu harus menghargai serta menghormati hak orang lain.

Masing-masing individu tidak diperbolehkan mengambil hak milik orang lain ataupun merugikan pihak lain. Segala bentuk tindakan yang merugikan, seperti mengambil hak orang lain akan merusak keseimbangan masyarakat didalamnya sehingga menciptakan kesenjangan serta berpotensi mengakibatkan terjadinya chaos.

7. Terima Kasih

Persis halnya dengan meminta maaf, terima kasih adalah norma kesusilaan yang penting tetapi sering terabaikan karena harga diri serta kesombongan manusianya.

Padahal kedua hal ini jika dilakukan, maka akan banyak masalah yang secara mudah terselesaikan. Seluruh prasangka juga akan hilang karena dengan berterima kasih serta minta maaf, dapat diketahui semua masalah suatu perselisihan dan mungkin saja tidak perlu terjadi.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi

8. Tolong Menolong

Tolong menolong antar sesama manusia dan antar sesama makhluk hidup bagian atas norma kesusilaan. Setiap diri akan merasa terdorong agar menolong orang lain, terlaksananya maupun tidak tolong menolong akan dikalahkan oleh kepentingan lain didalamnya. Namun, penyesalan akan muncul bila seandainya seseorang yang harusnya dapat ditolong ternyata mendapatkan sesuatu yang lebih buruk dari itu.

9. Tidak Mencuri

Tidak mencuri merupakan salah satu bagian norma kesusilaan, norma agama, serta norma hukum.

10. Tidak Memfitnah

Memfitnah ialah kebalikan dari kejujuran, secara hati nurani maupun norma susila ini tidak boleh dilakukan atau dilaksanakan.

11. Tidak Berzina

Berzina merupakan perlakukan yang akan ditolak terhadap hati nurani, hal ini juga sesuai dengan norma agama. Semua agama memiliki aturan yang sama terhadap hal ini.

Sanksi Norma Kesusilaan

Didalam diri setiap manusia pasti terdapat ‘bisikan hati’ dimana akan mengarahkannya pada tindakan yang bersifat baik sesuai norma kesusilaan. Tetapi, kebanyakan sebagian manusia mengabaikannya malah melakukan hal-hal yang dianggap melanggar norma kesusilaan tersebut.

Saat seseorang melakukan pelanggaran, maka orang tersebut akan mendapatkan sanksi dimulai dari diri sendiri atau bahkan hukum yang bertindak.

Berikut beberapa bentuk sanksi norma kesusilaan ialah sebagai berikut :

  1. Perasaan malu.
  2. Perasaan menyesal.
  3. Pengucilan didalam masyarakat.
  4. Bahkan dapat dipenjara.
Bersumber dari manakah norma kesusilaan?

Norma kesusilaan bersumber atau berasal dari hati nurani manusia itu sendiri didalam kehidupan bermasyarakat,

Buatlah contoh dari norma kesusilaan!

Karena kita merupakan warga Indonesia yang baik, maka kita harus berpakaian secara baik, tidak dibaggy-baggy, tidak memunculkan hasrat kaum laki-laki agar tidak terjadinya pelecehan, dan lainnya. Namun berbeda jika diluar negeri yang mungkin sudah terbiasa dengan berpakaian seperti itu.

Apakah manfaat dari norma kesusilaan?

Salah satu manfaat adanya norma kesusilaan ialah sebagai petunjuk bagi manusia mengenai hal bagaimana cara kita bersikap serta bertingkah laku didalam kehidupan bermasyarakat.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung tentang contoh norma kesusilaan artikel dan lain lain, Maka makalah norma kesusilaan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel contoh norma kesusilaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Contoh Norma Kesusilaan Rating: 5 Diposkan Oleh: Author RumusRumus.com