Fauna Paleartik

Posted on

Fauna Paleartik – Daerah penyebaran sangat besar dan mencakup hampir seluruh benua Eropa, Uni Soviet, daerah dekat Kutub Utara hingga Himalaya, Kepulauan Inggris di Eropa Barat Jepang Selat Bering di pantai Pasifik dan benua Afrika paling utara.

Kondisi lingkungan di wilayah ini bervariasi, demikian pula perbedaan suhu, dan curah hujan juga permukaan tanah bervariasi, yang menyebabkan jenis fauna.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, alangkah baiknya jika perlu mengetahui apa itu fauna?? Berikut ini definisi fauna menurut para ahli.

Definisi Fauna Menurut Pendapat Ahli

1. Kamus Biologi

Fauna adalah istilah yang mengacu pada semua kehidupan hewan di area, waktu, atau keduanya. “Flora dan Fauna” di satu tempat adalah deskripsi dari semua kehidupan di suatu wilayah, termasuk organisme tumbuhan dan hewan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan pemahaman kita tentang hubungan antara organisme telah memaksa ilmu untuk memperkenalkan sistem taksonomi dan kladistik yang lebih deskriptif untuk menggambarkan hubungan antar organisme.

2. Kamus Cambridge

Fauna adalah binatang yang hidup di beberapa daerah di alam liar.

3. Merriam – Webster

Fauna adalah kehidupan binatang. Khususnya, hewan yang menjadi ciri wilayah, periode, atau lingkungan tertentu.

Oke, sekarang mari kita masuk ke dalam pembahasan artikel ini. Mari disimak dengan seksama gaes!!

Pengertian Fauna Paleartik

Paleartik adalah salah satu dari 6 area penyebaran fauna dalam biogeografi. Wilayah Palearic termasuk bagian dari belahan timur laut, yaitu Eropa dan Asia Utara, termasuk Asia Timur, Asia Tengah dan Iran.

Pembagian zona fauna ini dibuat oleh Alfred Russel Wallace dalam bukunya yang diterbitkan tahun 1876 “The Geographical Distribution of Animals”. Setiap daerah memiliki hewan uniknya sendiri. Paleartik adalah yang terbesar dari enam wilayah yang ada.

Contoh hewan di wilayah Palearic adalah serigala, rusa, panda, rubah, berang – berang, tupai, landak, dan musang.

Meskipun wilayah Paleartik di Eropa dan Siberia dicirikan oleh spesies tanaman dan hewan yang sama, ini mirip dengan daerah yang memiliki iklim sedang dan boreal di Ekoregion Neartik di wilayah Amerika Utara.

Peta Penyebaran Fauna Paleartik

peta penyebaran fauna paleartik

Beberapa Jenis Fauna Paleartik

  • Hewan endemik, yaitu : Panda (Ailuropoda melanoleuca) di China.
  • Hewan dengan penyebaran yang terbatas (spesies kutub) seperti rusa kutub (Rangifer tarandus), beruang kutub (Ursus maritimus), dan kucing kutub.
  • Hewan khas dari daerah ini adalah kelinci, spesies tikus (Rattus norvegicus), berbagai jenis anjing (Canis familiaris), tupai (Callosciurus notatus), kelelawar (Cyneptorus sp.), dan rusa (Muntiacus muntjak) telah menyebar di daerah lain.

Ciri – Firi Fauna Paleartik

  • Didominasi oleh mamalia bertubuh besar
  • Memiliki beberapa kesamaan dengan zona neartik karena pergeseran di Zaman Es.
  • Hewan yang ada mampu beradaptasi dengan iklim sedang dan iklim dingin.
  • Ini termasuk satwa di Eropa dan Asia Utara.

Demikianlah ulasan lengkap tentang apa itu Fauna Paleartik, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Related posts: