Fauna Neotropik

Posted on

Fauna Neotropik – Ketika kita berbicara tentang binatang atau yang biasa disebut dengan fauna, kita tidak boleh melupakan lokasi geografis dan kondisi alam.

Fauna dan flora sama dengan orang yang hidup dan membutuhkan tempat tinggal dan bahkan sumber makanan.

Ketika manusia dilengkapi dengan akal, maka kehidupan di tempat yang berbeda dapat menggunakan benda – benda tertentu.

Namun, bagi flora dan fauna, ini tidak dapat dilakukan karena mereka hidup hanya dari makanan dan naluri saja.

Penyebaran Fauna Neotropik

Fauna dunia dibagi menjadi beberapa, karena banyak yang didasarkan pada penyebaran fauna dan terbagi oleh faktor iklim, faktor edafik atau tipikal tanah, faktor fisiografi atau juga kondisi biotik, yaitu aksi manusia dan tanaman.

Selain itu, menyangkut penyebaran fauna di bumi, ia dibagi lagi menjadi zona Australis, Antartika, Asiatis, Ethiopian, Neartica, Neotropikal, Paleartik, Oriental, dan Oceanis, berdasarkan zona mereka.

Dengan penetapan wilayah ini, manusia dapat lebih memahami dan mempelajari spesies hewan berdasarkan karakteristik dan wilayah distribusinya.

Zona Fauna Neotropik

Area yang dicakup dalam artikel ini berada di area yang unik di beberapa area. Dengan nama Neotropik, banyak orang tidak mengerti apa – apa dan bagian mana yang terkandung dalam fauna neotropik.

Selain itu, jika dilihat dari karakteristiknya, bagaimana cara mengenali karakteristik fauna neotropik.

Jika Anda melihat biogeografi, zona neotropis adalah salah satu dari delapan ecode terestrial di dunia.

Di mana zona ramah lingkungan ini mencapai Amerika Tengah dan Selatan, negara bagian Meksiko, kepulauan Karibia, dan bahkan Florida Amerika Selatan.

Selain itu, zona ini juga mencakup berbagai fauna dan flora, karena iklim di sini lebih tropis dan disebut juga sebagai neotropik.

Bagi Anda yang tidak mengetahuinya, beberapa informasi sering menggunakan sinonim untuk daerah tropis di Amerika Selatan, meskipun Cozona juga menyertakan iklim Amerika Selatan yang bukan hanya tropis.

Namun, area flora neotropis tidak termasuk bagian selatan Amerika Selatan, yang terletak persis di zona Antartika.

Wilayah neotropis tersebar luas dari Meksiko selatan ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Iklim di wilayah ini sebagian besar tropis dan wilayah selatan beriklim sedang.

Ciri Fauna Neotropik

Ada beberapa ciri yang dapat Anda kenali untuk fauna Neotropik, termasuk :

1. Ada Banyak Spesies Burung

Tropis terkenal dengan eksotismenya, di mana hutan, warna, dan bahkan hujan adalah ciri yang paling terlihat.

Karena alasan ini, fauna neotropis terdiri dari lebih banyak burung endemik. Ini berarti bahwa ada sejumlah spesies burung yang hanya dapat ditemukan di daerah neotropis fauna.

Selain burung, ada juga kelelawar penghisap darah, yang sering ditemukan di daerah liar Amerika Selatan.

2. Banyak Fauna Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)

Fauna vertebrata menjadi area ciri berikutnya atau wilayah fauna Neotropis, di mana fauna vertebrata dapat terdiri dari hewan apa pun, yang terdiri dari babi, kuda, monyet, burung, dan hewan berbentuk tulang belakang lainnya.

Ini akan menyangkal keberadaan banyak ular ketika Anda pergi ke daerah tropis. Untuk daerah dengan fauna neotropis, avertebrata atau tidak bertulang belakang tidak terlalu banyak.

3. Banyaknya Hewan Mamalia

Negara – negara yang memasuki zona neotropis adalah yang paling disorot karena keunikannya dan memiliki beragam mamalia atau hewan asuh. Misalnya orangutan dan juga siamang yang hidup dengan baik.

Contoh Fauna Neotropik

  • Armadillo
  • Kukang
  • Orangutan
  • Alpaka
  • Kelelawar penghisap darah
  • Kuda
  • Babi
  • Siamang
  • Ilama
  • Piranha
  • Monyet berhidung merah
  • Belut listrik
  • Trenggiling
  • Tapir (tidak seperti tapir Asia, terutama di bagian punggungnya).

Karena zona mereka, semua dipengaruhi oleh faktor alam, karena alam sering menghambat dan menghambat penyebaran fauna di dunia, termasuk zona neotropis ini. Ini menciptakan area khusus fauna dan flora.

Dengan hambatan yang memiliki kondisi fisik yang berbeda di permukaan bumi, mulai dari danau, sungai, laut, gunung dan bagian lain seperti ngarai, gurun, suhu baik di laut maupun di darat dan tekanan atmosfer.

Demikian pula, itu mempengaruhi daerah neutropik, menghasilkan distribusi yang tidak optimal dan akhirnya memisahkan beberapa hewan dan bahkan daerah secara berbeda.

Selain itu, bagian selatan Amerika Selatan memiliki iklim dan suhu yang lebih sejuk, meninggalkan beberapa hewan tropis dengan bulu tebal di daerah ini.

Itulah ulasan tentang apa itu Fauna Neotropik, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: