Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Penjelasannya

Posted on

Rumusrumus.com akan membahas tentang fakto-faktor apa saja yang mempengaruhi laju reaksi, serta akan menjelaskan juga tentang pengertian dari sebuah faktor laju reaksi tersebut dan penjelasannya beserta contohnya.

Reaksi kimia yang mempunyai karakter berbeda dalam hal kelajuan. Didalam proses reaksi kimia ada reaksi yang berlangsung dengan cepat dan bahkan ada pula reaksi kimia yang berlangsung dengan lambat. Cepat atau lambatnya , tergantung dari laju reaksi tersebut.

Pengertian Laju Reaksi

Laju reaksi yaitu merupakan besaran yang dipakai untuk menyatakan cepat atau lambatnya suatu reaksi yang sedang berlangsung. Besar laju reaksi menunjukkan bahwa perubahan konsentrasi setiap satuan waktu sampai terbentuk senyawa baru atau produk reaksi. Karena laju reaksi dipengaruhi oleh beberapa faktor , maka untuk memperoleh laju yang diinginkan harus mengkondisikan faktor tersebut yang sesuai dengan pengaruhnya apakah harus ditambah atau dikurangkan.

 

contoh gammbar laju reaksi
contoh gammbar laju reaksi

Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Berikut ini 5 faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi :

  1. Konsentrasi
  2. Luas permukaan
  3. Pengaruh Tekanan
  4. Pengaruh Suhu
  5. Katalis

Jadi jika ada pertanyaan yang mengarah tentang “faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi sebagai berikut kecuali” maka jawabannya adalah yang tidak ada dari 5 faktor diatas. Untuk lebih jelasnnya silahkan simak penjelasan lengkap tentang faktor yang mempengaruhi laju reaksi beserta contohnya dibawah ini :

  • Konsentrasi

Hal ini mewakili betapa banyaknya zat yang bereaksi, untuk suatu jumlah partikel atau zat pereaksi sangat mempengaruhi besar tumbukan didalam reaksi sehingga menjadi hal yang begitu sangat penting dalam menentukan terjadinya sebuah laju reaksi. Sebab semakin besar konsentrasi ,maka banyak zat yang bereaksi dan semakin besar terjadinya tumbukan.

dan apabila tumbukan antara partikel semakin besar, maka kemungkinan terjadinya reaksi juga akan semakin besar juga , dengan begitu kenaikan konsentrasi pereaksi memicu aktifnya tumbukan antar partikel dan menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Dan juga sebaliknya jika konsentrasi pereaksi semakin kecil, maka terjadinya tumbukan juga semakin kecil sehingga laju reaksi juga akan menurun.

  • Luas Permukaan

Luas permukaan termasuk salah satu syarat supaya reaksi dapat berlangsung zat-zat pereaksi harus saling bercampur dan saling bersentuhan. Pada campuran pereaksi yang heterogen, reaksi terjadi pada bidang batas campuran yang juga disebut bidang sentuh. Reaksi kimia berlangsung sangat cepat bila luas permukaan ataupun bidang sentuhnya lebih luas . Karena semakin luas permukaanya maka semakin cepat pula laju reaksinya, begitupun sebaliknya semakin kecil luas permukaan maka semakin kecil laju reaksinya.

  • Pengaruh Tekanan

Pengaruh tekanan bisa terlihat pada reaksi kimia yang apabila melibatkan pereaksi gas, peningkatan tekanan pada reaksi yang melibatkan berupa pereaksi gas akan meningkatkan laju reaksi, pengaruh nya tidak terlihat pada reaksi yang melibatkan zat cair dan padat

Pada intinya , pengaruh tekanan suatu laju reaksi sama dengan pengaruh konsentrasi kerena peningkatan tekanan biasanya itu dilakukan agar meningkatkan persentase gas yang bereaksi didalam kesetimbangan campuran, dengan begitu, peningkatan tekanan gas sama halnya dengan peningkatan pada kosentrasinya dan mempengaruhi suatu laju reaksi.

  • Pengaruh Suhu

Pada kondisi suhu yang tinggi, energi molekul akan bertambah sehingga suatu laju molekul juga akan semakin bertambah, meningkatnya laju molekul itu memungkinkan reaksinya berlangsung dengan secara cepat, jadi apabila semakin tinggi suhunya semakin besar juga laju reaksinya.

Energi minimum yang dibutuhkan agar berlangsungnya reaksi disebut energi aktivasi dengan secara umum apabila suhu ditambah 100 C, maka itu laju reaksi akan menjadi dua kali lebih besar. Dengan istilah lain setiap kenaikan suhu 100 C. Laju reaksinya akan menjadi dua kali lebih cepat dari biasanya.

  • Katalis

Dalam ilmu kimia dikenal dengan istilah dua Zat yang begitu sangat mempengaruhi laju reaksi yaitu katalis dan inhibitor, katalis juga merupakan zat yang mampu mempercepat suatu laju reaksi sedangkan inhibitor adalah zat yang bisa menghambat suatu laju reaksi. Reaksi kimia yang begitu lambat dapat dipercepat dengan cara menambahkan katalis, katalis akan ikut serta, akan tetapi dalam proses reaksi tidak mempengaruhi hasil reaksi melainkan hanya mempercepat lajunya saja. Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat dikarnakan akibat perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi.

Itu lah lima faktor yang mempengaruhi sebuah laju reaksi, semoga ilmu ini bermanfaat dan di manfaat kan oleh para pembaca…

Baca Juga :


Baca Juga :