Rumus Laju Reaksi Kimia, Pengertian, dan Contohnya

Posted on

Rumusrumus.com pada kesempatan kali ini akan membahas tentang ilmu kimia laju reaksi,  pengertian laju reaksi, rumus laju reaksi, pengaruh laju reaksi dan juga faktor laju reaksi

Pengertian Laju Reaksi

Laju reaksi ialah laju penurunan ( reaktan / pereaksi ) atau laju bertambahnya  ( hasil reaksi / produk ). Laju reaksi ini menggambarkan cepat atau lambatnya suatu reaksi kimia, sedangkan reaksi kimia merupakan sebuah proses mengubah zat (pereaksi) menjadi zat yang baru dan disebut sebagai produk.

Contoh Reaksi Kimia

Beberapa reaksi kimia ada yang berlangsung sangat cepat. Natrium yang dimasukkan ke air akan menunjukkan reaksi yang sangat cepat, misalnya dengan kembang api dan petasan yang disulut. Bensin akan mudah terbakar lebih cepat daripada minyak tanah.
tetapi, ada juga reaksi kimia yang berjalan lambat. misalnya : Proses pengaratan besi, membutuhkan waktu yang lama sehingga laju reaksinya disebut lambat. Cepat atau lambatnya sebuah proses reaksi kimia yang terjadi dinyatakan dengan laju reaksi.

Rumus Laju Reaksi

Laju reaksi kimia tak hanya sebuah teori, akan tetapi dapat dirumuskan secara matematis
Pada reaksi kimia : A → B, maka laju berubahnya adalah zat A menjadi zat B dan ditentukan dari hasil jumlah zat A yang bereaksi ataupun jumlah zat B yang terbentuk per satuan waktu
ketika pereaksi A berkurang, maka hasil reaksi B akan bertambah

rumus laju reaksi
rumus laju reaksi

Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Laju reaksi suatu reaksi kimia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya luas permukaan zat yang bereaksi, konsentrasi pereaksi, suhu pada saat reaksi kimia terjadi, dan ada tidaknya katalis. Seiring dengan proses terjadinya reaksi kimia, maka ada satu hal yang harus dipelajari untuk menentukan berjalan atau tidaknya sebuah reaksi kimia, yaitu tumbukan. Suatu reaksi kimia dapat terjadi apabila ada tumbukan antara molekul zat-zat yang bereaksi. Tumbukan yang menghasilkan reaksi kimia hanya tumbukan yang efektif. Tumbukan yang efektif harus memenuhi dua syarat, yaitu posisinya yang tepat dan energinya yang cukup.

Pengaruh  Terhadap Laju Reaksi

Pengaruh konsentrasi pada laju reaksi

Jika konsentrasi salah satu larutan makin besar, larutan tersebut akan mengandung jumlah partikel yang semakin banyak sehingga partikel-partikel tersebut akan tersusun menjadi lebih rapat dibandingkan larutan yang konsentrasinya yang lebih rendah. Susunan partikel yang rapat memungkinkan terjadinya tumbukan semakin banyak dan kemungkinan terjadinya reaksi yang lebih besar. Makin besar suatu konsentrasi zat, maka makin cepat laju reaksinya.

pengaruh luas permukaan pada laju reaksi

ketika zat-zat pereaksi dicampur, akan terjadi tumbukan antar partikel pereaksi di permukaan zat. Laju reaksi bisa diperbesar dengan cara memperluas permukaan bidang sentuh zat yang dilakukan dengan memperkecil ukuran zat pereaksi

Pengaruh suhu terhadap laju reaksi

Partikel dalam zat yang selalu bergerak. Jika suhu zat itu dinaikkan, maka energi kinetik partikel akan bertambah ,sehingga tumbukan antar partikel akan memiliki energi yang cukup untuk melampaui energi pengaktifan. Hal seperti ini dapat menyebabkan lebih banyak terjadi tumbukan yang efektif

Pengaruh katalis pada laju reaksi

laju Reaksi yang berjalan lambat bisa dipercepat dengan cara memberi zat lain tanpa menambah konsentrasi ataupun suhu reaksi. Zat itu disebut katalis. Katalis mampu mempercepat laju reaksi, namu tidak mengalami perubahan kimia sehingga pada akhir reaksi zat itu dapat diperoleh kembali.

Baca Juga :


Baca Juga :