Fungsi Tulang Pengumpil

Posted on

Fungsi Tulang Pengumpil – Tanpa disadari, kita bisa bergerak seperti  menari, menjinjing, bertepuk tangan karena adanya kerja suatu sistem tubuh yaitu sistem gerak. Sistem gerak merupakan kerjasama antar organ ataupun jaringan pada tubuh kita yaitu tulang, otot serta sendi. Ketiga organ ini membentuk sistem muskuloskeletal, yaitu sebagai konektor dari reseptor menuju ke otak lalu kembali ke efektor.

fungsi tulang pengumpil
fungsi tulang pengumpil

Tulang merupakan alat gerak pasif dimana bisa digerakkan oleh otot dan sistem persendian. Otot mampu mengubah energi kimia yang ditransmisikan oleh beberapa kelenjar serta hormon sehingga menjadi energi gerak yang dapat lihat secara visual. Tanpa adanya kerjasama dengan otot serta sendi tulang, kita tidak bisa melaksanakan fungsinya.

Pengertian Tulang Pengumpil

Tulang Pengumpil merupakan tulang batang yang mana dua ujung yang ukurannya lebih pendek dari pada tulang ulna yang terletak di sisi lateral di bagian lengan bawah. Tulang pengumpil dikenal juga dengan sebutan radius. Radius sendiri merupakan tulang yang menyusun bagian lengan bawah bersamaan dengan tulang hasta.

Tulang pengumpil yaitu sebagai alat penggerak dimana berada di bagian atas yang menghubungkan antara bagian siku terhadap bagian ibu jari atau sering dikenal dengan sebutan jempol. Seperti yang di jelaskan di atas bahwa tulang pengupil atau bahasa ilmiahnya ialah “Radius” ini adalah salah satu jenis tulang yang menyusun bagian lengan bawah.

Pada bagian dalam tulang pengumpil terdapat suatu sum sum tulang. Tulang pengumpil serta tulang hasta ialah berbentuk tulang pipa, dimana panjang serta bagian ujungnya besar dan juga ada rongganya. Pada bagian ujung tulang pengumpil menempel terdapat sebuah otot dimana berfungsi menggerakkan bagian lengan bawah.

Baca Juga : Fungsi Tulang Hasta

Fungsi Tulang Pengumpil

Disamping pengertian tulang pengumpil, disini terdapat beberapa fungsi didalamnya yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai tulang yang berperan untuk menggerakkan tubuh bagian atas.
  2. Sebagai tulang yang berfungsi untuk menghubungakan antara ruas siku serta ibu jari atau jempol
  3. Sebagai tulang yang berperan untuk menyusun lengan bagian bawah
  4. Tempat menempelnya suatu otot lengan
  5. Sejajar dengan adanya tulang hasta
  6. Mengatur sebuah pergerakan tangan bagian bawah
  7. Berperan untuk menggerakkan jari
  8. Pengontrol pergerakkan pada siku
  9. Penghubung antara jari dengan tulang lengan atas
  10. Terletak sum sum tulang
  11. Sebagai sebuah tumpuan penguat lengan

Karakteristik Tulang Pengumpil

gambar-tulang-pengumpil

Bentuk pada tulang ini panjang bagaikan pipa serta diujungnya  berbentuk rongga yang membesar. Bagian pada tulang tersusun atas sum sum tulang yang terkandung darah, pembuluh darah serta protein. Sumsum tulang terdiri atas sumsum tulang merah dan sumsum tulang kuning. Sumsum tulang merah ialah pembentuk sel darah merah sedangkan sumsum tulang kuning ialah membentuk sel darah putih.

Baca Juga : Fungsi Tulang Betis

Tulang Pengumpil merupakan penghubung antara siku serta ibu jari yang bisa digerakkan oleh sistem gerak seperti tulang, sendi serta otot. Kita sendiri tahu jika tulang merupakan pembentuk tubuh dan tidak dapat bergerak aktif tanpa kerjasama denga otot dan sendi.  Otot yang bisa menggerakkan tulang pengupil ialah otot lurik yang bentuknya seperti serabut-serabut panjang serta banyak mengandung inti sel dengan garis melintang antara terang dan gelap. Otot ini bergerak secara sadar berdasarkan perintah otak, yaitu memendek saat berkontraksi.

Proses Bekerja Tulang Pengumpil

Saat saraf pusat menghantarkan rangsangan yang biasa disebut dengan “potensial aksi”, lalu potensial aksi ini akan dihantarkan menuju ke sel saraf motorik. Kemudian sel saraf motorik mengeluarkan unsur kimia yang bernama asetilkolin, setelah itu berkaitan dengan reseptor melalui suatu permukaan otot, sehingga menghasilkan reaksi di setiap kerja otot.

Ketika asetilkolin berikatan dengan reseptor, terjadilah prosen kontraksi sehingga menyebabkan ion sodium memasuki membran ke dalam sitoplasma dimana terjadi pelepasan ion kalsium yang membuatnya berdifusi dalam serabut otot yang menjadikan ikatan protein pada sel-sel otot bisa berubah dan terjadilah proses kontraksi.

Saat impuls dari saraf pusat berhenti, reaksi kimia yang terjadi diotot juga berhenti sehingga menyebabkan otot kembali relaksasi.

Baca Juga : Fungsi Epidermis

Bagian-Bagian Pada Tulang Pengumpil

Tulang adalah jaringan ikat yang terdiri dari sel, serat serta matriks eltraseluler. Matriks tulang tersebut ialah bagian yang bertekstur keras serta letaknya berada dilapisan berluang tulang, serta matriks ini terjadi karena adanya pengendapan mineral pada tulang, sehingga tulang ini mengalami kalsifikasi maka terbentuklah matriks tulang tersebut.

Berikut ini merupakan otot yang melekat pada tulang pengumpil, sebagai penjabarannya :

  1. Otot Pronator Teres
  2. Otot Pronator Quadratus
  3. Otot Brachioradialis
  4. Otot Abductor Pollicis Longus
  5. Otot Extensor Pollicis Brevis
  6. Otot Flexor Digitorum Superficialis
  7. Otot Flexor Pollicis Longus
  8. Otot Biceps Brachii
  9. Otot Supinator

Saat anak masih berumur 4 tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang, kemudian umur 10 tahun, terjadi pertumbuhan di olecranon, lalu saat umur 16 tahun, bagian superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan pada bagian bawah terjadi saat usia memasuki kira-kira 20 tahun.

Apa nama ilmiah tulang pengumpil?

Nama ilmiah tulang pengumpil ialah radius.

Hubungan antara tulang pengumpil dengan tulang hasta termasuk kedalam sendi?

Termasuk kedalam sendi geser.

Gerakan apa yang dihasilkan dengan adanya tulang pengumpil?

Gerakan yang dihasilkan seperti saat siku ditekuk, melambai-lambaikan tangan, mengetik, memeras, menulis, memukul, menggosok, mengelus, serta aktifitas olahraga dimana melibatkan pergelangan tangan bawah tersebut.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya kelas 5 sd (sekolah dasar) yang masih binggung tentang fungsi tulang pengumpil artikel dan lain lain, Maka makalah tulang pengumpil ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel fungsi tulang pengumpil, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: