Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Posted on

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki – Kaki manusia adalah salah satu bagian dari anggota tubuh yang luar biasa begitu kompleks didalam sistem gerak manusia.

Kaki manusia mempunyai fungsi agar memudahkan kita dalam aktivitas berjalan, berlari serta membantu untuk berdiri secara dengan baik.

fungsi tulang pergelangan kaki
fungsi tulang pergelangan kaki

Tahukah anda dibalik kaki manusia ini, tersusun atas beberapa tulang dimana membentuk kaki dengan sempurna seperti tulang kering, tulang betis dan tulang kebanyakan lainnya, nah pada kesempatan kali ini yang akan dibahas ialah mengenai tulang pergelangan kaki.

Berikut penjelasan secara rinci mengenai tulang pergelangan kaki beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Pengertian

Tulang Pergelangan Kaki adalah sebuah tulang dimana terdiri dari ujung-ujung tulang kering serta tulang betis ataupun tumit.

Sendi dari pergelangan kaki ini sendiri terdiri dari bagian bawah tulang tibia, tulang fibula serta tulang talus dimana berbentuk bagaikan kubah, dikenal atau sering disebut sebagai Ankle Mortis.

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Setelah mengetahui apa itu pergelangan kaki, berikut merupakan fungsi tulang pergelangan kaki itu sendiri :

  1. Berfungsi untuk memungkinkan adanya gerakan naik turun kaki, karena terdapat adanya sebuah sendi engsel.
  2. Memudahkan manusia agar melangkah serta berjalan dengan cara yang begitu nyaman serta seefisien mungkin.
  3. Berfungsi sebagai penghubung antara tulang tungkai lengan bagian bawah terhadap telapak kaki.
  4. Dalam pergelangan kaki ini tanpa disadari terdapat sendi putar yang bisa membantu pergerakan dari telapak kaki agar dapat difungsikan lebih fleksibel.

Pada pergelangan kaki ini sebenarnya terdiri atas beberapa struktur yang begitu penting. Desain yang sangat unik dari pergelangan kaki inilah yang membuat pergerakan dari telapak kaki kita menjadi begitu stabil. Pergelangan kaki umumnya disebut dengan Ankle Mortis.

Baca Juga : Fungsi Tulang Kering

Didalam Ankle Mortis terdapat sebuah Talus dimana berfungsi sebagai sendi pegas, mempunyai sebuah korpus, kolum serta kaput dimana memiliki bentuk yang cembung, dan pada permukaan superiornya yang menyerupai sebuah pelana kuda.

Disamping persendian diatas, terdapat juga sendi yang berada di bagian bawah dari persendian pergelangan kaki itu sendiri ialah : sendi subtalar atau sendi talokalkaneal yang merupakan sebuah sendi aksis tunggal dimana berfungsi untuk menghubungkan tulang talus dan tulang kalkaneus.

Ligamen Yang Melekat

gambar tulang pergelangan kaki
gambar tulang pergelangan kaki

Disamping ada beberapa tulang penyusun pergelangan kaki, berikut ini merupakan ligamen yang melekat pada tulang pergelangan kaki :

1. Ligamen Kolateral

Didalam Pergelangan Kaki Manusia atau dikenal dengan Ankle, terdapat sebuah ligamen dimana berfungsi sebagai penyangga terkuat atas sendi pergelangan kaki yaitu ligamen kolateral yang terdapat dalam bagian lateral.

Dibawah ini terdapat ligamen kolateral yang terbagi atas tiga bagian, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Talofibular Anterior 
    Dimana ligamen ini berasal dari kolum Talus yang melekat pada ujung Fibula.
  2. Kalkaneofibular
    Ligamen ini berasal dari kalkaneus yang melekat pada ujung fibula.
  3. Talofibular Posterior
    Berasal dari korpus talus yang melekat pada ujung fibula tersebut.

2. Ligamen Deltoid

Tahukah anda apa penyangga terkuat bagian medial pergelangan kaki ini? Ya, penyangga terkuat itu dikenal dengan ligamen deltoid. Ligamen deltoid ialah yang menghubungkan maleous medialis dengan navikular, sustentakum tali dan bagian posterior talus.

Baca Juga : Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Ligamen Deltoid juga terbagi atas 4 bagian, yaitu sebagai berikut :

  1. Tibionavikular.
  2. Talotibial anterior.
  3. Calcaneotibial.
  4. Talotibial posterior.

3. Ligamen Corsal

Pada umumnya, ligamen corsal mempunyai sifat yang begitu tipis dimana berada pada bagian atas Arkus tersebut.

4. Ligamen Plantar

Plantar ini yang mempunyai sifat yang lebih tebal dibandingkan dengan Corsal. Ligamen ini berfungsi sebagai ‘tierods’ yang menyangga sebuah Arkus.

Secara umumnya, terdapat 2 bentuk jenis Ligamen Plantar yang begitu penting, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Kalkaneonavikular
    Pada ligamen ini mempunyai fungsi untuk membatasi gerakan talus ke bawah serta membantu menyangga bagian tertinggi pada arkus, ligamen ini bisa disebut juga sebagai ‘spring ligament’.    
  2. Plantar Panjang
    Ligamen plantar panjang ini berada terletak diantara kalkaneus, kuboid dan bagian lateral dari tiga tulang metatarsal.

5. Ligament Interoseus

Salah satu bentuk dari Ligamen Interoseus yang sangat penting ialah ligamen talokalkaneal yang berada disepanjang kanal tarsal dan pada bagian akhir fibula tersebut. Ligamen ini membentuk sebuah serabut fibrosa dimana menghubungkan dua tuberkel dan biasa disebut sebagai Ligamentum Cervicis.

Cedera Yang Terjadi

Umumnya sering terjadinya cedera pada kaki serta pergelangan kaki akibat benturan saat berolah raga, kegiatan rekreasi serta jatuh yang tidak disengaja. Namun cedera yang bersifat ringan seperti luka dan memar sembuh dengan sendirinya. Disamping itu, beberapa cedera tertentu dapat menyebabkan kondisi yang malah serius dan bisa dalam jangka panjang. Berikut beberapa cedera yang serius pada pergelangan kaki :

Baca Juga : Fungsi Tulang Telapak Tangan

1. Fraktur

Pada hal ini bisa terjadi pada pergelangan maupun tulang-tulang yang terdapat pada kaki. Fraktur pada kaki atau pergelangan kaki bisa meyebabkan kesulitan didalam menanggung beban serta dapat menyebabkan kita tidak dapat berjalan. Jika tulang berpindah dari posisi aslinya, maka kemungkinan perlu dilakukan adanya operasi.

Gejala-gejala yang biasa muncul pada cedera ini meliputi nyeri, terasa empuk ketika disentuh, bengkak, kelainan bentuk didaerah fraktur serta tidak dapat memberikan beban apapun pada kaki yang cedera.

2. Arthritis

Artritis merupakan suatu kondisi dimana peradangan terjadi pada satu maupun lebih sendi. Pada kaki serta pergelangan kaki, biasa terjadi osteoartritis dan artritis rematoid. Osteoartritis ialah kondisi dimana bantalan pelindung antar sendi (tulang rawan) bisa menjadi rusak akibat penuaan maupun aus. Bentuk faktor genetik ketidakstabilan sendi, serta cedera juga bisa berkontribusi bagi terjadinya suatu osteoartritis.

Secara umum, gejala yang timbul pada kaki serta daerah pergelangan kaki seperti nyeri, kekakuan, gerakan yang terbatas, bengkak, ataupun kesulitan berjalan.

Apa yang dimaksud tulang pergelangan kaki?

Tulang Pergelangan Kaki adalah sebuah tulang dimana terdiri dari ujung-ujung tulang kering, tulang betis maupun tumit.

Apa pergelangan kaki menurut bahasa ilmiah?

Ankle Mortis.

Sendi apa yang menghubungkan tulang talus dan tulang kalkaneus?

Sendi subtalar atau sendi talokalkaneal yang merupakan sebuah sendi aksis tunggal

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya kelas 5 sd (sekolah dasar) yang masih binggung tentang fungsi tulang pergelangan kaki artikel dan lain lain, Maka makalah tulang pergelangan kaki ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel fungsi tulang pergelangan kaki, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: