4 Macam dan Jenis Kapasitor Beserta Fungsinya Lengkap

Posted on

Macam dan Jenis Kapasitor – Setelah dipertemuan sebelumnya telah membahas mengenai Rumus Kapasitas Kapasitor secara lebih detail, maka sekarang tiba saatnya bagi Penulis Rumus Rumus untuk menjelaskan dan memberikan ulasan secara lebih dalam pula mengenai Jenis Jenis Kapasitor. Hal tersebut dikarenakan Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana baik itu Pembaca dan Pelajar SMA, pastinya belum banyak yang mengetahui tentang Jenis dan Macam Kapasitor sehingga dengan adanya ulasan ini maka diharapkan bisa bermanfaat dan berguna bagi Para Pembaca di laman Website Rumus Rumus ini.

Mungkin sebelum membahas mengenai Jenis – Jenis Kapasitor, ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca di Laman Rumus Rumus untuk mengenal terlebih dahulu tentang Apa itu Kapasitor, dan didalam Pengertian Kapasitor ini adalah Benda yang dapat menyimpan energi Muatan Listrik, dan Benda tersebut mempunyai Dua Buah Pelat Konduktor yang biasanya dalam bentuk Aluminium maupun Perak, dan Kedua Buah Pelat Konduktor ini dipasangkan saling berdekatan antara satu dengan yang lain, hanya saja Kedua Plat Konduktor ini tidak akan bersentuhan karena telah dipisahkan oleh suatu Medium Dielektrik.

Kemudian Cara Kerja Kapasitor itu bekerja di dlm Suatu Rangkaian Elektronika dg sistem cara mengalirkan suatu Elektron yang menuju ke Kapasitor. Setelah itu Kapasitor yang telah dipenuhi oleh Elektron, tegangannya akan mengalami suatu Perubahan dan Elektron tersebut yg tadinya ada didalam Kapasitor maka akan Keluar dan akan mengalir menuju ke Rangkaian ataupun Komponen yg membutuhkannya. Selain itu sebuah Kapasitor mempunyai berbagai jenis, bentuk dan ukuran karena dalam hal ini tergantung dari Tegangan Kerja, Kapasitas dan Faktor lain yg berpengaruh, untuk itu disini akan dibahas lengkap mengenai Macam dan Jenis Kapasitor ini.

4 Jenis Kapasitor Berdasarkan Bahan dan Fungsinya

jenis kapasitor dan fungsinya lengkap

Sekali lagi perlu ditekankan disini bahwa Macam – Macam Kapasitor itu mempunyai beberapa macam bentuk dan ukuran karena tergantung dari Kapasitas, Tegangan Kerja dan Faktor lainnya. Hanya saja dibawah ini Penulis akan memberikan informasi mengenai Jenis Jenis Kapasitor Menurut Bahan Pembuat dan Fungsi Kapasitornya, untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Kapasitor Keramik

Jenis Kapasitor Keramik ini merupakan sebuah Kapasitor yang mempunyai bahan Keramik dan Kapasitor Keramik ini banyak dipakai didalam Komponen Aplikasi Audio ke RF. Lalu Kapasitor Keramik juga paling banyak dan paling umum dipakai didalam Rangkaian Elektronik.

Untuk Cara Membaca Kapasitor Keramik sangatlah gampang karena bisa kalian lihat contohnya seperti ini : JIka kalian mempunyai sebuah Kapasitor dengan kode yang dimiliki 103 maka arti dari kode tersebut adalah 10 dan 3 angka dibelakang menjadi 10.000 pF yg jika didalam Satuan lebih besar menjadi 10 nF (Satuan Nano Farad).

2. Kapasitor Tantalum

Macam Kapasitor Yang Kedua adalah Kapasitor Tantalum. Kapasitor Tantanum ini lebih mirip dengan Kapasitor Elektrolit, hanya saja Kapasitor Tantalum ini mempunyai kapasitansi dan kepopuleran yg cukup tinggi. Hanya saja kelemahan dari Kapasitor Tantanum ini yang mesti kalian ketahui ialah sering meledak jika digunakan terus menerus di tekanan yg tinggi.

Adapun didalam Kelebihan Kapasitor Tantalum ini antara lain mempunyai bentuk Komponen yg kecil, tetapi kapasitansinya mempunyai nilai yg besar sehingga sangat efisien jika digunakan. Selain itu Kapasitor Tantalum ini bisa dipakai pada Range Frekuensi yg lebar dan Frekuensi yang tinggi. Kelebihan selanjutnya ialah dapat dipakai dan tahan terhadap Suhu dari -55C sampai +125C sehingga sangat cocok jka dipakai di rangkaian yg diharuskan mempunyai daya tahan yg tinggi.

3. Kapasitor Elektrolit

Kapasitor Elektrolit ini dpt dikatakan sebagai Kapasitor yg Terpolarisasi dan bisa memberikan hasil suatu Kapasitansi Tinggi sampai diatas 1 Mikrofarad. Perlu diketahui juga bahwa didalam Kapasitor Elektrolit ini banyak sekali dipakai untuk Aplikasi Pasokan Listrik Frekuensi Rendah dan dapat dipakai juga pada Aplikasi Kopling Audio.

Namun perlu diperhatikan kepada kalian bahwa pemasangan Kapasitor Elektrolit ini harus benar – benar berhati hati karena Kapasitor Elektrolit ini mempunyai Polaritas (+) dan (-), jika pemasangannya terbalik maka akan sangat berakibat fatal karena akibatnya Kapasitor Elektrolit ini akan meledak. Selain itu Nilai Kapasitas dari Kapasitor Elektrolit ini bisanya juga besar dengan tegangan yang tinggi juga.

4. Kapasitor Mika

Kemudian untuk Kapasitor Mika ini merupakan sebuah Kapasitor yang sudah jarang sekali dipakai, hal ini dikarenakan Kapasitor Mika sudah kalah populer dengan Kapasitor Tantalum dan Kapasitor Elektrolit. Padahal jika dilihat dari Stabilitasnya sendiri cukup bagus dan jika dilihat dari Kapasitansinya sendiri Kapasitor Mika ini mempunyai Kapasitansi yang cukup tinggi, hingga angka 1000 pikofarad.

Selain itu, pemakaian Kapasitor Mika ini biasanya digunakan di Rangkaian RF dengan Frekuensi yang tinggi dan hal ini dikarenakan Toleransi yg rendah dan ketahanan Kapasitor Mika terhadap suhu yg sangat baik. Sesuai dengan namanya, maka sudah jelas bahwa Bahan Kapasitor Mika ini telah dibuat dengan menggunakan Bahan Mika. Lalu untuk Fungsi Kapasitor Mika antara lain sebagai Osilator RF, Filter, dan Kopling.

Fungsi dan Kegunaan Kapasitor Yang Ada

Kemudian setelah kalian membaca dan mengetahui tentang Jenis Jenis Kapasitor menurut bahan dan bentuknya, maka Penulis telah menuliskan Fungsi – Fungsi Kapasitor yang ada dibawah ini :

1. Fungsi Kapasitor Yang Pertama ialah digunakan untuk menghemat daya listrik yang ada didalam Lampu Neon.

2. Manfaat Kapasitor Yang Kedua adalah sebagai pembangkit frekuensi yang biasanya digunakan didalam Rangkaian suatu Antena.

3. Kegunaan Kapasitor yang Ketiga adalah sebagai suatu penghubung (Kopling) Amplifier tingkat rendah ketingkat yg lebih tinggi.

4. Fungsi Kapasitor Yang Keempat adalah digunakan sebagai Penyaring (Filter) yang biasanya dipakai di Sistem Radio, Amplifier, TV dan lain lain. Sebagai contohnya jika didalam Radio, Kapasitor dipakai untuk menghambat (Menyaring) gangguan2 dari luar.

Mungkin hanya seperti itu saja penjelasan mengenai Macam Macam Kapasitor dan Fungsi lengkapnya yang bisa Penulis berikan kepada kalian Para Pembaca di Laman Rumus Rumus, dan semoga ulasan Materi Kapasitor ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Para Pembaca dan Pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) karena sekali lati Materi Kapasitor ini termasuk kedalam Materi Pelajaran Fisika SMA yang sering keluar di Soal – Soal Ujian, baik Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional.


Baca Juga :