Kata Pengantar Karya Ilmiah

Posted on

Kata Pengantar Karya Ilmiah – Di sebuah laporan Karya Ilmiah terdapat beberapa jabaran pengantar sebagai kalimat pembuka dalam suatu laporan biasanya disebut Kata Pengantar. Pada suatu Kata pengantar ini terdapat kata ucapan syukur atas selesainya laporan sebuah karya ilmiah.

Kata Pengantar Karya Ilmiah

Disamping rasa ucapan syukur, terdapat beberapa ucapan terima kasih terhadap beberapa pembimbing atau pendamping seperti : Guru, Dosen, dan Pihak-pihak lain yang terkait membantu dalam penulisan tersebut.

Tidak hanya disitu saja, penulis lazimnya mengutarakan maksud atau tujuan atas karya tulis ilmiah yang dibuatnya itu, seperti : Untuk lomba tingkat Kabupaten atau Kota, Provinsi, Nasional atau hanya sekedar untuk menyelesaikan tugas seorang pelajar dari guru atau dosen.

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

1. Contoh Pertama

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia-Nya saya dapat menyelesaiakan karya ilmiah yang berjudul “Penyebab Kanker dan Cara Penanganannya”. Walaupun beberapa hambatan yang saya alami selama proses pengerjaannya, tapi saya berhasil menyelesaikan karya ilmiah ini tepat waktu.

Dan tidak luput saya sampaikan terimakasih kepada dosen pembimbing, yang telah ikut serta membantu dan membimbing saya dalam mengerjakan karya ilmiah. Saya ucapkan terimakasih juga terhadap teman-teman mahasiswa yang sudah ikut memberi kontribusi baik secara langsung ataupun tidak langsung dalam proses karya ilmiah ini.

Suatu hal yang ingin saya berikan kepada masyarakat atas hasil dari karya ilmiah ini. Karena itu saya berharap semoga karya ilmiah ini memberikan dampak baik dan berguna bagi kita semua.

Saya pun menyadari didalam penulisan karya ilmiah ini masih sangat jauh dari kata sempurna, maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat positif untuk mencapai sempurnanya karya ilmiah ini. Semoga karya ilmiah  ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca.

Bandar Lampung, Juli 2019

 

Penyusun

2. Contoh Kedua

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan Karunia -Nya sehingga penyusunan karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Perkembangan Ekonomi di Daerah Rowo Rejo” ini dapat selesai sesuai dengan yang diharapkan.

Penyusunan karya ilmiah ini diajukan sebagai syarat menyelesaikan pendidikan gelar Sarjana Ekonomi Program Studi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Makmur. Dalam proses penyusunan karya ilmiah ini penulis mendapat bimbingan dan arahan dari berbagai pihak terkait. Dengan itu, penulis ucapkan terimakasih terhadap Bapak/Ibu:

  1. Dr. dr. A.A. Dicky, M.S. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Makmur.
  2. Puspitasari,SE,M.S . Pembimbing I dengan rasa kesabaran yang penuh dan ketekunan memberikan arahan, perhatian, bimbingan, serta saran dalam proses pembuatan karya ilmiah dari mulai awal sampai penyelesaian akhir.
  3. Elfina Dhea ,SE, M.S.Ak Pembimbing II dengan banyak membantu atau memberikan kritikan serta masukan sehingga karya ilmiah ini terselesaikan.
  4. Fujina,M.Si Penguji utama yang telah banyak memberikan saran pada proses pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini.
  5. Suminah selaku Kepala Daerah di Rowo Rejo yang telah ringan tangan memberikan izin dan kesempatan peneliti dalam melaksanakan penelitian.
  6. Bapak, ibu, kakak serta adik dan seluruh keluargaku atas cinta, kasih sayang, dukungan dan doa yang dipanjatkan sehingga karya ilmiah ini selesai tepat waktunya.
  7. Teman -teman kelasku, atas perhatian dan dukungannya semoga kita tetap menjalin serta menjaga tali silaturahmi antara kita semua, aminn….
  8. Serta Rekan-rekan dan Pihak-pihak yang telah ikut serta dalam proses penelitian ini.

Kami selaku Penulis menyadari bahwa penyusunan karya ilmiah ini masih banyak kekurangan, maka saran dan kritik yang bersifat membangun demi jauh lebih sempurna dari sebelumnya diharapkan. Dan penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi kita semua khususnya si pembaca.

Surakarta , Maret 2015

 

Penulis

3. Contoh Ketiga

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, tak lupa juga shalawat beriring salam kita haturkan kepada baginda kita nabi Muhammad SAW, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Upaya Pencegahan Dampak Negatif terhadap Modernisasi” dengan yang diharapkan.

Dengan maksud penyelesaian karya tulis ini agar memenuhi tugas bahasa Indonesia. Terima kasih kami tidak haturkan kepada yang terhormat Ibu Drs. Deapina Lusiati selaku pembimbing materi pembuatan karya tulis tersebut, dan tak lupa untuk semua pihak yang mendukung didalam penyusunan karya tulis ini.

Harapan kami pun semoga karya tulis ini dapat bermanfaat, khususnya bagi si pembaca untuk menambah wawasan baru atau pengetahuan tentang judul karya ilmiah yang disebutkan diatas.

Kami menyadari karya tulis ini masih banyak kekurangan yang mungkin tidak disadari dan dengan keterbatasan yang kami miliki. Kritik dan saran dari pembaca akan diterima dengan tangan terbuka demi perbaikan dan kesempurnaan karya tulis ini.

Yogyakarta, 05 November 2018

 

Penulis

 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca sekalian.

Baca juga artikel lainnya :

Rate this post
Related posts: