Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia

Posted on

Manfaat Gas Alam Bagi Manusia – Bumi adalah salah satu planet di Tata Surya, sejauh ini, hanya bumi yang memiliki kehidupan.

Bumi memiliki permukaan yang tidak beraturan. Ini terjadi karena ada dua kekuatan atau energi yang membentuk bumi. Energi itu adalah energi endogen dan eksogen.

Energi Endogen dan Eksogen

1. Energi Endogen

Energi endogen adalah energi yang berasal dari bagian dalam bumi. Kekuatan ini berasal dari tekanan yang ada di bumi.

Tekanan berasal dari panas bumi dan menciptakan tekanan yang mendorong lapisan bumi. Akibat tekanan ini, permukaan bumi mengalami berbagai bentuk keretakan dan kerutan karena tekanan pada lapisan bumi.

Keretakan tersebut adalah bentuk permukaan bumi karena tekanan yang terjadi pada lapisan tanah keras dan terjadi sangat cepat.

Sedangkan lipatan mengambil bentuk permukaan bumi karena tekanan pada lapisan tanah lunak dan terjadi pada kecepatan lambat. Salah satu lapisan bumi, terdiri atas batuan.

Energi endogen terdiri dari tiga jenis, yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seismisme.

2. Energi Eksogen

Energi eksogen adalah energi dari luar bumi. Energi ini menggunakan angin, air, dan gletser sebagai kekuatan transportasi.

Energi eksogen memiliki tugas untuk mengubah bentuk bumi, yang dibentuk oleh energi endogen. Energi eksogen terdiri dari dua jenis, yaitu erosi dan sedimentasi.

Sebagai hasil dari dua kekuatan ini, permukaan bumi juga memiliki retakan. Retakan ini bermanfaat bagi manusia karena ada kantong di Bumi yang menyimpan cadangan gas dan minyak bumi.

Diasumsikan bahwa cabang – cabang ini memiliki cadangan gas dan minyak bumi berkualitas tinggi.

Minyak telah diketahui manfaatnya bagi manusia. Tetapi gas alam juga memiliki keunggulan bagi manusia.

Manfaat Gas Alam

manfaat gas alam

Gas alam adalah gas yang dilepaskan dari bumi. Gas alam ini biasanya bergabung dengan minyak.

Gas bumi dan gas alam adalah sumber data bumi yang tidak dapat diperbarui. Ini karena sumber daya ini membutuhkan waktu ratusan tahun untuk diselesaikan dalam proses pelatihan.

Minyak dikenal karena manfaatnya pada manusia. Namun gas alam juga memiliki banyak keunggulan.

Berikut adalah 16 manfaat gas alam untuk kehidupan manusia.

1. Sebagai Pembangkit Listrik

Gas alam adalah salah satu gas yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Selain itu, gas bumi juga dianggap sebagai energi alternatif untuk menggantikan air atau angin sebagai pembangkit listrik.

2. Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Gas alam dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk menggantikan bensin dan solar. Selain itu, gas alam dianggap sebagai energi lingkungan alternatif karena tidak menghasilkan emisi berbahaya.

Bahan bakar diesel diimpor di Indonesia. Kendaraan pertama yang menggunakan diesel di Indonesia adalah perusahaan yang berbasis di Jakarta.

Baca Juga : 14 Manfaat Batu Bara

3. Bahan Baku Industri Plastik

Gas alam tidak hanya sumber energi tetapi juga bahan baku dalam industri pengolahan plastik. Selain plastik, ada banyak industri lain yang menggunakan gas alam sebagai bahan baku. Antara lain, industri pengolahan baja dan industri mesin api.

4. LPG

LPG adalah salah satu peralatan rumah tangga yang selalu ada di hampir semua rumah tangga. LPG digunakan untuk memasak, di mana gas alam digunakan sebagai bahan bakar untuk menyalakan api di kompor.

5. Energi Alternatif

Gas alam dapat digunakan sebagai energi ekologis alternatif. Penggunaan energi hijau diharapkan dapat mengurangi dampak efek rumah kaca.

Ini karena gas alam tidak membebaskan limbah yang mencemari lingkungan. Ini hanya karena pemrosesan dalam bentuk gas lebih sulit daripada pengolahan minyak.

6. Sumber Energi Alternatif di Rumah

Gas alam dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk pemanasan dan pendinginan di rumah. Di beberapa negara 4 musim pendinginan dan pemanasan diperlukan. Dengan menggunakan gas alam sebagai energi, biaya listrik dapat dikurangi di rumah.

7. Pengolahan Kertas

Gas alam juga digunakan dalam pengolahan kertas dan tekstil. Namun, gas bumi tidak digunakan sebagai bahan bakar dalam pengolahan.

Tetapi sebagai sumber energi untuk menghidupkan mesin. Ini karena gas alam adalah bahan bakar ekologis dan karenanya digunakan sebagai energi alternatif untuk menggantikan minyak dan batubara.

8. Bahan Baku Industri Pupuk

Pupuk sintetis adalah pupuk yang dibuat dengan mencampurkan berbagai bahan kimia. Pupuk sintetis menggunakan gas alam sebagai bahan baku dalam proses produksi. Namun, jika digunakan terlalu sering, pupuk buatan merusak tanah dan mengurangi kesuburan tanah.

Baca Juga : Manfaat Minyak Bumi

9. Industri Rekayasa Hujan

Gas alam dianggap cocok untuk merekayasa hujan. Anda dapat melakukan ini dengan menyemprotkan karbon dioksida di awan untuk menarik awan hujan.

Ini berguna ketika suatu daerah dipengaruhi oleh musim kemarau yang panjang. Bahkan hujan teknis berguna di area yang terpapar kebakaran hutan.

10. PLTU

Pembangkit listrik tenaga uap adalah di sebelah pembangkit listrik tenaga air salah satu pembangkit listrik yang paling ramah lingkungan.

Gas alam digunakan karena gas alam dapat menjadi pembangkit listrik yang bersih dan lebih baik daripada minyak dan batubara.

11. Bahan Baku Komoditi

Gas alam adalah salah satu produk minyak bumi yang paling dicari selain minyak dan batubara. Selain itu, gas alam dan minyak adalah dua sumber daya alam yang dapat diperoleh di lokasi yang sama. Dengan demikian, penjualan gas alam dianggap sebagai aset yang menguntungkan.

12. Sumber Pendapatan Negara

Sumber daya alam yang tidak terbarukan seperti gas alam, minyak dan batubara adalah salah satu sumber pendapatan negara. Seperti di Indonesia, pajak gas bumi adalah sumber pendapatan bagi negara. Gas bumi adalah komoditas dengan nilai jual tinggi.

13. Sebagai Energi Ramah Lingkungan

Gas alam adalah salah satu energi ramah lingkungan. Gas alam menghasilkan energi sebanyak minyak dan batubara. Perbedaannya adalah gas alam tidak mengeluarkan limbah berbahaya.

Penggunaan gas alam juga dianggap cocok untuk membersihkan udara yang tercemar. Dengan mengurangi asap knalpot yang tercemar yang disebabkan oleh batubara dan minyak.

14. Membuka Peluang Kerja

Industri gas alam dapat memberikan peluang kerja bagi banyak orang. Ini karena ketika mengebor minyak dan gas bumi banyak orang dibutuhkan. Selain itu, banyak karyawan diminta untuk membersihkan dan mengemas.

15. Sebagai Dry Ice

Dry ice adalah es kering, yang sering digunakan sebagai pertunjukkan selama pameran. Akan tetapi dry ice juga sering digunakan sebagai pengawet makanan. Untuk produksi dry ice, gas alam diperlukan sebagai bahan baku, agar es mengering dan tidak mudah meleleh.

16. Sebagai Bahan Baku Produk Minuman

Minuman ringan adalah minuman yang menggunakan CO2 dari gas alam. Fungsi CO2 dalam minuman ringan adalah agar minuman tersebut muncul berbusa dan berkarborasi.

17. Sebagai Bahan Penelitian

Banyak sekali fungsi gas alam yang belum ditemukan. Oleh karena itu, gas alam masih diuji untuk kemajuan teknis dan pencarian energi alternatif yang ramah lingkungan dan bebas polusi.

Itulah deretan 17 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia. Bagaimanapun, gas alam adalah hasil dari pelapukan atmosfer yang bertahan jutaan tahun yang lalu.

Oleh karena itu gas alam adalah sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Penggunaan gas alam yang berlebihan menyebabkan kerusakan sumber daya alam yang ada di bumi. Oleh karenanya, penggunaan gas bumi harus lebih bijak lagi.

Baca Juga : Siklus Fosfor

Rate this post
Related posts: